Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP): Wisata, Lokasi, Luas, Pendakian, Sejarah, dan Biodiversitas

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia bersama dengan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur dan 3 taman nasional lainnya.

Taman nasional ini menyimpan banyak kekayaan biodiversitas dan memiliki lansekap yang sangat indah untuk dinikmati.

Gunung Gede maupun Gunung Pangrango merupakan destinasi pendakian yang menantang bagi para pendaki, khususnya bagi para pendaki yang berada di Jabodetabek, Cianjur, dan Sukabumi.

Berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda!

Simak artikel ini sampai selesai ya!

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

1. Letak Geografis Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) secara geografis terletak antara 6° 41’ – 6° 51’ Lintang Selatan dan 106° 51’ – 107° 2’ Bujur Timur. Kawasan hutan konservasi ini secara administratif berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Sukabumi.

  • Kabupaten Bogor (25%) terdiri atas 4 kecamatan dan 17 desa dengan luas sekitar 4.514 ha
  • Kabupaten Sukabumi (30%) terdiri atas 6 kecamatan dan 26 desa dengan luas sekitar 6.781,98 ha
  • Kabupaten Cianjur (45%) terdiri atas 3 kecamatan dan 18 desa dengan luas sekitar 3.899,29 ha

Di sebelah barat merupakan wilayah milik kabupaten Cianjur dan Bogor yang meliputi kawasan hutan produksi yang dikelola oleh Perum Perhutani, perkebunan teh, dan tanah milik masyarakat. Di sebelah barat terdapat wilayah kabupaten Sukabumi dan kabupaten Bogor, kawasan ini meliputi hutan produksi yang dikelola oleh Perum Perhutani, perkebunan teh, dan tanah milik masyarakat. Di sebelah timur terdapat wilayah kabupaten Cianjur yang meliputi kawasan perkebunan teh dan tanah milik masyarakat.

2. Luas Kawasan

Luas kawasan konservasi yang berada di Jawa Barat ini adalah 15.196 ha yang mana taman nasional ini meliputi Cagar Alam Cibodas, Cagar Alam Cimungkat, Cagar Alam Gunung-Gede Pangrango, Taman Wisata Alam Situ Gunung, dan areal hutan di lereng Gunung Gede Pangrango.

KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA