Kutub utara dan kutub selatan merupakan kawasan yang ditutupi dengan es yang abadi. Banyak flora dan fauna unik yang tumbuh dan berkembang di wilayah ini. Sebut saja pinguin, beruang kutub, singa laut, dan masih banyak lagi jenis-jenis makhluk hidup unik yang hidup di sini.

Manusia pun ternyata ada yang meninggali wilayah ini, seperti suku Eskimo dengan kebudayaannya yang sangat orisinil.

Tapi tahukah anda sebenarnya ada beberapa hal yang mendasar yang membedakan keduanya? Berikut Forester Act membahas 7 perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang dikutip dari Situs Lingkungan Hidup Mongabay.

Aurora di Kutub Utara

1. Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang pertama adalah kawasan yang ditutupi es di kutub utara sebenarnya adalah lautan beku yang dikelilingi oleh daratan (sering disebut dengan Arctic Circle) dengan luas 5,4 juta mil persegi. Berbeda dengan kutub selatan, sebenarnya kutub selatan merupakan daratan yang dengan luas 6 juta mil persegi yang bergunung dan danau yang ditutupi es, serta dikelilingi oleh lautan.

 

Keadaan Permukaan Es di Kutub Utara dan Kutub Selatan

2. Ketebalan es di kutub utara bervariasi antara beberapa cm saja hingga mencapai 2 meter sehingga seringkali terlihat retakan-retakan es, terutama pada saat musim panas. Hal yang sangat mengagumkan terjadi di kutub selatan, di mana hampir seluruhnya bongkahan es di kutub selatan memiliki ketebalan hingga 4,7 km. Benua kutub selatan ini merupakan tempat disimpannya 85% es abadi di bumi. Jika es tersebut dicairkan maka akan cukup memenuhi 3/4 kebutuhan air minum di dunia.

 

Beruang Kutub di Kutub Utara

3. Kutub Utara merupakan habitat alami dari Beruang Kutub, sedangkan Kutub Selatan merupakan habitat dimana penguin ditemukan secara alami. Kedua satwa ini menjadi raja rantai makanan di daerahnya sendiri dan kedunya juga merupakan pemakan ikan.

 

Negara-Negara di Kutub Utara

4. Kutub Selatan merupakan satu-satunya tempat di bumi yang tidak dimiliki oleh siapapun atau negara manapun. Kutub Selatan tidak pernah memiliki sejarah memiliki penduduk asli dan berdasarkan Perjanjian Antartika, wilayah ini hanya bisa dipakai untuk tujuan perdamaian dan ilmiah. Berbeda dengan Kutub Utara, wilayah ini dihuni oleh sekitar 4 juta jiwa yang berada di beberapa kota kecil maupun kota besar, seperti Barrow (Alaska, Amerika Serikat), Tromso (Norwegia), serta Muramansk dan Salekhaard (Rusia).

 

Suhu Udara di Kutub Utara dan Kutub Selatan

5. Rata-rata suhu di kutub utara adalah -40 derajat celcius pada musim dingin dan 0 derajat celcius pada musim panas. Suhu yang sangat ekstrem terjadi di Kutub Selatan, yaitu rata-rata suhu pada musim dingin adalah -60 derajat celcius dan pada musim panas mencapai 28,2 derajat celcius. Suhu terendah di muka bumi yang pernah dicatat adalah -89,6 derajat celcius yang terjadi pada 21 Juli 1983 di Stasiun Vostok yang terkenal dekat dengan Geomagnetic Kutub Selatan.

 

Pengeboran Minyak di Kutub Utara

Tautan terkait
..

6. Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang keenam adalah tentang cadangan minyak bumi. Menurut United States Geological Survey (USGS) Kutub Utara menyimpan seperempat cadangan minyak yang belum digali di seluruh dunia. Sehingga Rusia telah mengklaim dan menandai kawasan besar di Kutub Utara dengan harapan dapat mengeksplorasi minyak bumi tersebut. Belum lagi cadangan minyak yang berada di bawah laut yang melimpah (diperkirakan sebesar 10 miliar ton) sehingga Rusia ingin memiliki kawasan-kawasan di Kutub Utara.

 

Camp Penelitian di Kutub Selatan

7. Terdapat lebih dari 60 pusat penelitian di Kutub Selatan yang didirikan oleh 27 negara di dunia. Di musim panas saja lebih dari 4000 peneliti datang ke Kutub Selatan untuk mengadakan penelitian, sedangkan pada musim dingin terdapat lebih dari 1000 peneliti yang bertahan di Kutub Selatan. Stasiun McMurdo yang merupakan stasiun penelitian milik Amerika Serikat saja dapat menampung sekitar 1000 orang ilmuwan, turis, dan pengunjung. Sedangkan di Kutub Utara para peneliti cenderung lebih sering berada di atas kapal pemecah es atau mendirikan tenda di atas permukaan air laut yang membeku.

 

Itulah perbedaan antara Kutub Utara dan Kutub Selatan yang semoga dapat menambah wawasan anda. Jangan lupa untuk subscribe situs ini untuk mendapatkan informasi yang menarik mengenai lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia dan dunia.

 

Referensi:

Mongabay. 2017. Jangan Bingung! Ini 7 Perbedaan Mendasar Kutub Utara dan Kutub Selatan. [http://www.mongabay.co.id/2016/03/01/jangan-bingung-ini-7-perbedaan-mendasar-kutub-utara-dan-kutub-selatan/] diakses 28 November 2017.

Silakan Baca Juga Artikel Terkait Kami
Ini Dia 7 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan
Rating: 4.6 from 14 votes