Semerbak Warna-Warni Taman Bunga Nusantara

Hiruk pikuk keramaian kota dan polutan yang semakin memuncak di tengah masyarakat yang sibuk berlalu lalang di kala beraktivitas membuat anda menjadi penat di setiap harinya. Sesekali cobalah anda berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, destinasi wisata alam yang penuh warna.

Warna-warni Taman Bunga Nusantara menyimpan banyak keelokan tersendiri bagi pengunjungnya, keanekaragaman flora yang cantik nan indah dikreasikan ke dalam bentuk karya seni yang sungguh istimewa. Membuat pandangan anda seakan terhipnotis ketika melihatnya.

Taman Bunga Nusantara

 

1. Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara didirikan pada tahun 1992 yang diprakasai oleh Ibu Dani Bustanil Arifin. Taman Bunga Nusantara ini merupakan taman display bunga pertama di Indonesia dengan luas 50.000 m2 yang mana koleksi semua jenis bunga terdapat di sini baik lokal maupun non lokal.

Tujuan utama pembangunan Yayasan Taman Bunga Nusantara ini untuk menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata berbasis Agro Nasional dengan skala Internasional.

 

2. Lokasi

Taman Bunga Nusantara terletak di kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat yaitu tepatnya di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi. Kabupaten Cianjur selain identik dengan berasnya juga identik dengan pemandangan bukit yang menjulang tinggi yang akan membuat anda semakin merasakan kesejukan yang tidak bisa anda dapatkan di kota metropolitan.

 

3. Akses

Akses untuk menuju Taman Bunga Nusantara hanya dapat dilalui dengan menggunakan jalur darat. Anda dapat mencapai lokasi ini menggunakan mobil pribadi, motor, atau pun moda transportasi umum. Akses yang kami rekomendasikan adalah melalui jalan raya Bogor – Cianjur yang merupakan jalan provinsi sehingga jalannya cukup baik untuk dilewati.

Bagi anda yang ingin ke sini menggunakan moda transportasi umum dari arah Jakarta, berikut kami berikan informasinya untuk anda:

  • Menggunakan bus jurusan Bogor – Cianjur/ bus jurusan Bogor – Jakarta yang melewati jalur Puncak, kemudian turun di pertigaan Hanjawar (Taman Bunga Nusantara).
  • Dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Cipanas – Loji dan turun di pasar GSP.
  • Dari pasar GSP naik angkot Cipanas – Mariwati dan turun langsung di Taman Bunga Nusantara.

 

4. Destinasi Wisata di Taman Bunga Nusantara

Banyak sekali keanekaragaman taman yang ada di Taman Bunga Nusantara, dekorasi antara perpaduan rangkaian bunga mampu menciptakan gaya dan kesan unik tersendiri bagi setiap taman.

Bagi anda yang senang berfoto-foto ria, tempat ini akan menjadi latar yang super keren untuk foto anda. Hanya di Taman Bunga Nusantara hasil foto yang anda jepret pasti tidak akan mengecewakan.

Nah, berikut ini daftar selengkapnya destinasi wisata di Taman Bunga Nusantara.

4.1 Taman Air

Taman Air Taman Bunga Nusantara

Taman air adalah sebuah kolam yang cukup besar dengan berbagai jenis tanaman di atasnya. Di taman ini ada berbagai jenis tanaman yang tumbuh vertikal maupun horizontal dan rata-rata tanaman yang dibudidayakan di taman ini berasal dari luar negeri.

Berbagai tanaman air yang ada di Taman Bunga Nusantara di antaranya adalah:

  1. Kana Air (Thalia dealbata), tanaman ini bukan berasal dari Indonesia, aslinya tanaman ini berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara yang tumbuh vertikal di taman ini.
  2. Lalu Lotus (Nelumbo nucifera), tanamanini tumbuh horizontal di tengah kolam, bunga ini berasal dari Asia Timur dan Australia bagian timur laut.
  3. Di samping itu ada juga tanaman Cyperus papirusdari Mesir yang bunganya cukup unik karena menyerupai rambut menjuntai.
  4. Dan tak kalah unik juga, ada Teratai Raksasa (Victoria amazonica)dan Giant Arum (Typonodorum lindleyanum) yang juga dibudidayakan di taman ini. Tanaman-tanaman tersebut berasal dari Amerika Selatan.

4.2 Taman Mawar

Taman Mawar Taman Bunga Nusantara

Anda pasti sudah dapat menebak, taman ini pasti dipenuhi oleh Bunga Mawar. Ya benar sekali, taman ini memang dikhususkan untuk jenis mawar saja tidak untuk  bunga lain. Cantiknya bunga mawar  mewarnai area taman. Bunga yang berasal dari Tiongkok ini memiliki keunikan dan aromanya yang khas.

4.3 Taman Perancis

Taman Perancis di Taman Bunga Nusantara

Suasana di taman ini bernuansa ala Perancis, taman ini mengutamakan keselarasan pada setiap bentuk kreasi yang dibuat, di antaranya tanaman Perdu Taiwan Beauty yang ditata rapi membentuk suatu pola dengan bunga warna-warni tepat di tengahnya. Berpose lah di sini agar membuat hari anda terasa penuh warna.

4.4 Taman Rahasia (Labyrinth)

Taman Rahasia di Taman Bunga Nusantara

Taman labirin ini sangat lucu dan unik serta cukup luas untuk dijelajahi. Namun, anda tak perlu khawatir tersesat karena tersedia peta yang akan membantu anda. Jadi santai aja, hehehe.

Pastinya mengasyikkan dan membuat anda penasaran untuk menuju sampai pintu keluar. Untuk masuk ke taman ini anda hanya perlu mengeluarkan uang seribu rupiah saja, sangat murah meriah kan?

4.5 Taman Bali

Taman Bali di Taman Bunga Nusantara

Tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali untuk berlibur, di Taman Bunga Nusantara juga ada! Yap, di Taman Bali ini tampilan ekstreriornya persis dengan suasana di Pulau Bali. Sungguh menawan motif bangunan gapura yang berdiri kokoh di bagian pintu masuk, bale kulkul dan juga bale bengong pun tidak kalah megahnya.

Tumbuhan yang terdapat di sini seperti kamboja, bunga sepatu, berbagai jenis heliconia, dan tumbuhan tropis lainnya.

4.6 Taman Palem

Taman Palem di Taman Bunga Nusantara

Di sini terdapat banyak sekali jenis pohon palem, salah satunya palem kipas meksiko, palem botol, palem raksasa (cubal royal palm), palem  unik dari madagaskar (screw pine), dan masih banyak lagi.

Bagaimana tidak, di sini terdapat 100 jenis Palem yang ditata sedemikian rupa. Ukurannya pun ada yang besar maupun kecil, pastinya sangat nyaman jika anda  berada di taman palem ini karena daunnya yang lebat membuat suasana di sini sangat sejuk.

4.7 Taman Mediterania

Taman Mediterania ini merupakan taman dengan tanaman yang banyak tumbuh di daerah gurun pasir. Contohnya seperti kaktus (Cactaceae) dan Yucca (Liliceace) yang di mana tanaman tersebut kuat akan kondisi kering. Jenis tanaman kaktus yang berkembang di sini seperti Cephalocereus senilis, Notocactus magnificus, Opuntia rufida, serta Cereus hexagonus.

4.8 Taman Gaya Jepang

Taman Gaya Jepang di Taman Bunga Nusantara

Taman ini bertemakan ala Jepang yang di mana arsitektur dan tatanannya dibuat sangat luar biasa mulai dari unsur utamanya seperti kayu, bebatuan, tanaman bonsai, serta desain yang sederhana namun menarik tentu saja mampu memikat pandangan kita serta sangat nyaman dan tenteram bila anda sudah berada di sini.

4.9 Green House/ Rumah Kaca

Rumah Kaca Taman Bunga Nusantara

Tanaman yang tumbuh di sini adalah tanaman yang perlu perlakuan khusus mulai dari suhu, kelembaban, dan cahaya yang ditata sedemikian rupa karena jenis tanaman ini tidak tahan terhadap iklim tropis seperti di Indonesia ini.

Perlakuan khusus ini diperlukan karena aslinya tanaman ini berasal dari negara yang memiliki empat musim.

4.10 Menara Pandang

Menara Pandang di Taman Bunga Nusantara

Menara pandang ini adalah salah satu spot yang paling difavoritkan banyak orang karena seluruh pemandangan Taman Bunga Nusantara akan sangat terlihat melalui puncak Menara Pandang. Anda akan merasa sangat puas dan takjub melihat hamparan tanaman bunga yang berwarna-warni di Taman Bunga Nusantara.

4.11 Wahana Alam Imajinasi

Wahana ini memiliki arena bermain seperti ATV, tempat bermain anak, dan lain-lain. Lokasi ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Selain berlibur di Taman Bunga Nusantara, anda juga dapat mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) yang penuh dengan destinasi wisata alam yang menakjubkan khas daerah pegunungan dan tentunya jaraknya tidak jauh dari sini. Untuk mengetahui berbagai informasi mengenai TNGGP silakan simak artikel “Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP): Wisata, Lokasi, Luas, Pendakian, Sejarah, dan Biodiversitas”

 

5. Fasilitas

5.1 Garden Tram

Garden Tram adalah moda transportasi berupa miniatur tram yang mengitari berbagai area di Taman Bunga Nusantara. Garden Tram ini beroperasi setiap hari. Dengan biaya 50 ribu rupiah saja, anda dapat mengitari kawasan Taman Bunga Nusantara tanpa harus lelah berjalan kaki.

5.2 Dotto Train/ Kereta Dotto

Hampir mirip dengan Garden Tram namun kendaraan ini berbentuk miniatur kereta. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menaiki moda transportasi ini pun sama yaitu sebesar 50 ribu rupiah saja.

5.3 Mobil Wara-Wiri

Anda pasti heran mengapa mobil ini disebut Mobil Wara-Wiri? Yap, karena mobil ini mengaplikasikan informasi panduan berupa rekaman suara ataupun kaset sehingga para pengunjung dapat mengetahui berbagai informasi mengenai taman-taman yang dikunjungi.

5.4 Poliklinik

Jika anda tiba-tiba merasa sakit, anda tak perlu khawatir karena di sini terdapat fasilitas kesehatan yang akan sangat membantu anda. Peralatan medis di sini cukup memadai dan tersedia persediaan obat yang cukup komplit.

5.5 Nany‘s Galleria

Taman Bunga Nusantara juga menjual cinderamata yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung. Lokasi penjualan cinderamata ini ada di Nany’s Galleria, pastikan anda membawa oleh-oleh untuk orang-orang tercinta yah sebelum meninggalkan tempat ini.

5.6 Bursa Bunga

Bagi anda yang suka mengoleksi bunga maupun tanaman, di Taman Bunga Nusantara tersedia berbagai jenis bunga yang dapat anda bawa pulang, tetapi pastinya bunga-bunga tersebut harus dibeli yah.

5.7 Gedung Serbaguna Saung Aki

Fasilitas ini tersedia untuk anda yang ingin melakukan meeting bersama rekan-rekan kantor atau menggelar resepsi pernikahan di Taman Bunga Nusantara.

5.8 Wisma dan Camping Ground Saung Nini

Taman Bunga Nusantara tentunya memiliki tempat penginapan untuk para pengunjungnya, wisma-wisma telah dibangun di sini untuk hal tersebut.

Bagi anda yang suka hal-hal yang berbau alam dan petualangan tentunya camping ground menjadi salah satu opsi untuk menginap. Namun tentunya anda harus menyiapkan berbagai hal untuk keperluan camping.

5.9 Tenda, Panggung, serta Seperangkat Meja dan Kursi

Fasilitas lainnya yang disediakan oleh pihak pengelola Taman Bunga Nusantara adalah tenda, panggung, serta seperangkat meja dan kursi. Benda-benda tersebut bisa anda sewa untuk menggelar acara di Taman Bunga Nusantara.

5.10 Lokasi Piknik

Terdapat 8 lokasi piknik yang bisa anda gunakan untuk bersantai dan menggelar tikar. Lokasi ini sangat sesuai apabila anda membutuhkan tempat untuk makan bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

5.11 Gazebo

Gazebo yang ada di Taman Bunga Nusantara tersebar di beberapa titik. Gazebo ini dapat anda gunakan untuk melepas lelah ketika sudah berjalan-jalan mengitari berbagai taman di Taman Bunga Nusantara.

5.12 Amphiteather

Fasilitas ini dikhususkan bagi anda yang ingin melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan ruangan khusus seperti amfiteater.

 

6. Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

Anda bisa menginap di wisma atau di camping ground Saung Nini di area Taman Bunga Nusantara. Wisma yang ada di sini menyediakan kamar bisnis dan standar dengan rentang biaya sewa sebesar 325.000 rupiah s.d. 400.000 rupiah per malamnya. Selain itu terdapat camping ground untuk paket keluarga, sekolah, maupun perusahaan.

 

7. Perkiraan Budget

Berikut adalah referensi harga-harga di Taman Bunga Nusantara untuk menentukan kebutuhan budget kunjungan anda.

Fasilitas                Tarif Sewa
Tiket Dotto TrainRp 50.000 ,-
Tiket Garden TramRp 50.000 ,-
Tiket Wara-WiriRp 5.000,-
Tiket Rumah KacaRp 2.000,-
Peta LabyrinthRp 2.000,-
Tenda EleganRp 400.000,-
Panggung KecilRp 1.000.000,-
Panggung SedangRp 1.750.000 ,-
Panggung BesarRp 3.000.000,-
Alas Duduk TerpalRp 25.000,-
Kursi PelastikRp 3.000,-
Kursi LipatRp 5.000,-
MejaRp 10.000,-
Alat PermainanRp 200.000,-

 

8. Tips Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara

Tips Berkunjung

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati hamparan bunga di taman ini, Anda hanya cukup membayar Rp 30.000/per orang. Ditambah lagi Rp 50.000 bila anda ingin keliling tempat wisata ini dengan naik Dotto Train atau Garden Tram.

Kemudian kami sarankan memakai tiket yang sudah termasuk transportasi di dalam taman karena lokasi taman cukup luas dan berjauhan.

 

Bagaimana, anda tertarik untuk mengujunginya? Sudah tak perlu memikirkan panjang lebar lagi, ajak keluarga, teman-teman, dan orang yang terkasih untuk menikmati wisata yang satu ini dijamin tidak akan mengecewakan. Kapan lagi anda merasakan sejuta keindahan dan warna-warni bunga  yang berterbaran di Taman Bunga Nusantara ini.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga bunga-bunga dan fasilitas yang ada di Taman Bunga Nusantara agar keindahannya tetap terjaga. Kami sarankan juga untuk membawa alat makan dan minum dari rumah agar mengurangi sampah pelastik yang dapat merusak lingkungan.

Selamat berlibur yaa

 

Referensi:

Forester Act. 2018. Pantai Losari, Ikon Wisata Kota Makassar [internet] dapat diakses di https://foresteract.com/pantai-losari-ikon-wisata-kota-makassar/

Penginapan (dot) Net. Tarif Sewa Fasilitas dan Harga Tiket Taman Bunga Nusantara [internet] dapat diakses di https://penginapan.net/tarif-sewa-fasilitas-dan-harga-tiket-taman-bunga-nusantara-di-cianjur/

Share Tempat Wisata. 2018. Taman Bunga Nusantara [internet] dapat diakses di https://www.sharetempatwisata.com/taman-bunga-nusantara/

Taman Bunga Nusantara. 2018. Taman Bunga Nusantara [internet] dapat diakses di https://www.tamanbunga-nusantara.com/en/en/serba-serbi/sejarah

Semerbak Warna-Warni Taman Bunga Nusantara
Rating: 4.8 from 10 votes

Recommended For You

About the Author: Amelia Qurota Aini

Saya sangat tertarik pada dunia sastra, maka dari itu dengan saya mengikuti project ini saya ingin mengasah kemampuan kepenulisan saya dan menambah pengalaman untuk saya yang masih sangat pemula.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *