Semerbak Warna-Warni Taman Bunga Nusantara

Diposting pada

Hiruk pikuk keramaian kota dan polutan yang semakin memuncak di tengah masyarakat yang sibuk berlalu lalang di kala beraktivitas membuat anda menjadi penat di setiap harinya. Sesekali cobalah anda berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, destinasi wisata alam yang penuh warna.

Warna-warni Taman Bunga Nusantara menyimpan banyak keelokan tersendiri bagi pengunjungnya, keanekaragaman flora yang cantik nan indah dikreasikan ke dalam bentuk karya seni yang sungguh istimewa. Membuat pandangan anda seakan terhipnotis ketika melihatnya.

Taman Bunga Nusantara

 

1. Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara didirikan pada tahun 1992 yang diprakasai oleh Ibu Dani Bustanil Arifin. Taman Bunga Nusantara ini merupakan taman display bunga pertama di Indonesia dengan luas 50.000 m2 yang mana koleksi semua jenis bunga terdapat di sini baik lokal maupun non lokal.

Tujuan utama pembangunan Yayasan Taman Bunga Nusantara ini untuk menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata berbasis Agro Nasional dengan skala Internasional.

 

2. Lokasi

Taman Bunga Nusantara terletak di kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat yaitu tepatnya di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi. Kabupaten Cianjur selain identik dengan berasnya juga identik dengan pemandangan bukit yang menjulang tinggi yang akan membuat anda semakin merasakan kesejukan yang tidak bisa anda dapatkan di kota metropolitan.

 

3. Akses

Akses untuk menuju Taman Bunga Nusantara hanya dapat dilalui dengan menggunakan jalur darat. Anda dapat mencapai lokasi ini menggunakan mobil pribadi, motor, atau pun moda transportasi umum. Akses yang kami rekomendasikan adalah melalui jalan raya Bogor – Cianjur yang merupakan jalan provinsi sehingga jalannya cukup baik untuk dilewati.

Bagi anda yang ingin ke sini menggunakan moda transportasi umum dari arah Jakarta, berikut kami berikan informasinya untuk anda:

  • Menggunakan bus jurusan Bogor – Cianjur/ bus jurusan Bogor – Jakarta yang melewati jalur Puncak, kemudian turun di pertigaan Hanjawar (Taman Bunga Nusantara).
  • Dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Cipanas – Loji dan turun di pasar GSP.
  • Dari pasar GSP naik angkot Cipanas – Mariwati dan turun langsung di Taman Bunga Nusantara.

 

4. Destinasi Wisata di Taman Bunga Nusantara

Banyak sekali keanekaragaman taman yang ada di Taman Bunga Nusantara, dekorasi antara perpaduan rangkaian bunga mampu menciptakan gaya dan kesan unik tersendiri bagi setiap taman.

Bagi anda yang senang berfoto-foto ria, tempat ini akan menjadi latar yang super keren untuk foto anda. Hanya di Taman Bunga Nusantara hasil foto yang anda jepret pasti tidak akan mengecewakan.

Nah, berikut ini daftar selengkapnya destinasi wisata di Taman Bunga Nusantara.

4.1 Taman Air

Taman Air Taman Bunga Nusantara

Taman air adalah sebuah kolam yang cukup besar dengan berbagai jenis tanaman di atasnya. Di taman ini ada berbagai jenis tanaman yang tumbuh vertikal maupun horizontal dan rata-rata tanaman yang dibudidayakan di taman ini berasal dari luar negeri.

Berbagai tanaman air yang ada di Taman Bunga Nusantara di antaranya adalah:

  1. Kana Air (Thalia dealbata), tanaman ini bukan berasal dari Indonesia, aslinya tanaman ini berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara yang tumbuh vertikal di taman ini.
  2. Lalu Lotus (Nelumbo nucifera), tanamanini tumbuh horizontal di tengah kolam, bunga ini berasal dari Asia Timur dan Australia bagian timur laut.
  3. Di samping itu ada juga tanaman Cyperus papirusdari Mesir yang bunganya cukup unik karena menyerupai rambut menjuntai.
  4. Dan tak kalah unik juga, ada Teratai Raksasa (Victoria amazonica)dan Giant Arum (Typonodorum lindleyanum) yang juga dibudidayakan di taman ini. Tanaman-tanaman tersebut berasal dari Amerika Selatan.

4.2 Taman Mawar

Taman Mawar Taman Bunga Nusantara

Anda pasti sudah dapat menebak, taman ini pasti dipenuhi oleh Bunga Mawar. Ya benar sekali, taman ini memang dikhususkan untuk jenis mawar saja tidak untuk  bunga lain. Cantiknya bunga mawar  mewarnai area taman. Bunga yang berasal dari Tiongkok ini memiliki keunikan dan aromanya yang khas.

Semerbak Warna-Warni Taman Bunga Nusantara
Rating: 4.8 from 10 vote[s]

Gambar Gravatar
Saya sangat tertarik pada dunia sastra, maka dari itu dengan saya mengikuti project ini saya ingin mengasah kemampuan kepenulisan saya dan menambah pengalaman untuk saya yang masih sangat pemula.