Geopark Ciletuh: Lokasi Eksotik Primadona Wisata Baru Jawa Barat

Diposting pada

Geopark Ciletuh merupakan kawasan wisata tanah alam batuan tua di Sukabumi. Tempat wisata alam ini terbentuk dari laut purba yang terangkat dan membentuk teluk. Hal ini diakibatkan karena perubahan alam berjuta-juta tahun lamanya.

Kata Ciletuh sendiri berasal dari kata “Ci” yang berarti air dan “Letuh” yang berarti keruh, jika disambung menjadi “Air Keruh”. Air yang keruh ini berasal dari hulu yang nantinya akan bermuara di teluk munuju laut. Geopark Ciletuh yang berada di Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat ini mendapatkan sertifikat sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia, UNESCO, dan Kementerian ESDM karena telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk sebuah taman bumi atau geopark.

Geopark Ciletuh telah memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai suatu geopark. Persyaratan tersebut di antaranya adalah memiliki keragaman fenomena geologi, memiliki keragaman hayati yang tinggi, dan keragaman budaya. Pengukuhan Ciletuh sebagai geopark dilakukan berdasarkan standar geopark yang diterbitkan oleh UNESCO. Hasilnya, Ciletuh pun layak ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada pertengahan November 2015 lalu.

Berikut adalah ringkasan informasi yang kamu cari:
1. Lokasi
2. Akses Geopark Ciletuh
3. Fasilitas
4. Hotel dan Penginapan
5. Wisata Kuliner
6. Destinasi Wisata di Geopark Ciletuh
7. Tips Berkunjung

 

1. Lokasi

Geopark Ciletuh atau kawasan wisata taman alam batuan tua Ciletuh di kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat berada di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi Geopark Ciletuh ini dikelilingi hamparan tanah alluvial dengan batuan unik dan dibalut dengan pemandangan yang indah.

 

2. Akses Geopark Ciletuh

Akses perjalanan menuju Geopark Ciletuh dari Jakarta memakan waktu sekitar 7-8 jam non stop. Walau Geopark Ciletuh sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia, UNESCO, dan Kementerian ESDM karena telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk sebuah taman bumi ataupun geopark, akses menuju kawasan ini masih jauh dari kata mulus. Pembangunan infrastruktur juga masih dapat dibilang belum cukup memadai. Ada baiknya apabila anda ingin berwisata di sini, gunakanlah kendaraan pribadi yang cukup tahan banting.

 

3. Fasilitas

Geopark Ciletuh Sukabumi

Kawasan Ciletuh-Pelabuhan Ratu mempunyai keunikan dan eksotika tersendiri. Hal ini tidak terlepas dari fasilitas alamnya yang menjadi suguhan utama bagi para wisatawan. Terdapat sebanyak 7 titik lokasi wisata unggulan dari 24 lokasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan di kawasan tersebut.

Kawasan Ciletuh ini terbentuk dari laut purba yang terangkut baik melalui media angin, air, es maupun proses alam lain seperti retakan akibat gempa dan akhirnya membentuk teluk, proses ini sendiri terjadi selama jutaan tahun lamanya. Kawasan ini mempunyai bentang alam semacam bukit yang ambruk, dari situlah aliran sungainya patah sehingga menjadi air terjun.

Berbagai fasilitas seperti masjid, tempat pengisian BBM, tempat peristirahatan, serta hotel dan penginapan sudah ada di kawasan wisata alam ini. Khusus untuk hotel dan penginapan dibahas di bawah yah.

 

4. Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

Fasilitas penginapan, wisma, maupun hotel untuk wilayah Pelabuhan Ratu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Di sana terdapat banyak berdiri wisma, vila, maupun resor untuk menampung para wisatan.  Sedangkan untuk penginapan di sekitar Geopark Ciletuh, terdapat 3 penginapan utama yang murah dan sangat kami rekomendasikan. Sebagai tambahan selain ketiga penginapan tersebut, di sana juga terdapat banyak rumah warga sekitar yang dapat difungsikan sebagai vila maupun homestay.

 

5. Wisata Kuliner

Berwisata Kuliner

Geopark Ciletuh yang baru-baru ini menjadi wisata sorotan di kalangan traveller juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung yang membuat para wisatawan semakin merasa nyaman saat berkunjung.

Di sana terdapat banyak kafe yang menyediakan tempat-tempat yang sangat dicintai para pemburu sunset maupun sunrise. Lokasi kafe-kafe ini sangat strategis karena pemandangan bentang alamnya yang leluasa dan mampu membuat kesan mendalam bagi para wisatawan. Harga yang ditawarkan untuk berwisata kuliner di sana juga cukup ramah jadi tidak perlu khawatir kantong kebobolan.

 

6. Destinasi Wisata di Geopark Ciletuh

Objek wisata yang ada di kawasan Geopark Ciletuh di antaranya adalah pantai, curug, puncak bukit, dan tebing yang menjulang. Terdapat 7 Destinasi wisata alam di Geopark Ciletuh yang populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut adalah 7 destinasi wisata alam tersebut!

Gambar Gravatar
dedicated, upbeat, outgoing, multi-tasker memiliki ketertarikan yang kuat dalam konservasi lingkungan, iklim, dan analisis dampak lingkungan.