Daerah Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata alam. Jika anda berkunjung ke Cianjur jangan lewatkan untuk datang ke Kebun Raya Cibodas.

Tempat yang didirikan pada tahun 1982 ini menyimpan beragam keindahan yang siap memanjakan mata. Keindahan Kebun Raya Cibodas digambarkan oleh seorang ahli fisiologi tumbuhan, Dr. FW Went sebagai salah satu surga dunia.

Pada mula didirikan oleh Johannes Ellias Teijsmann, seorang botanis dari Belanda, tempat ini bernama Bergtuin te Tjibodas yang kemudian berkembang dan berubah menjadi Kebun Raya Cibodas. Tujuan didirikannya Kebun Raya Cibodas waktu itu adalah untuk perkebunan kina. Namun karena struktur tanahnya tidak cocok maka Kebun Raya Cibodas dikhususkan untuk koleksi vegetasi khas dataran tinggi basah.

Kebun Raya Cibodas

 

Lokasi dan Akses Menuju Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Secara geografis, Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan kaki gunung Gede Pangrango dan berada beberapa kilometer saja setelah Puncak Bogor dari arah Jakarta.

Kebun Raya Cibodas berada pada ketinggian 1275 meter di atas permukaan laut (m dpl) dan masih termasuk dalam kesatuan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat wisata ini sangat sejuk juga segar karena memiliki suhu sekitar 17 – 27 derajat celcius.

Akses menuju Kebun Raya Cibodas tidaklah sulit bahkan bisa dibilang cukup mudah dijangkau. Bagi kamu yang dari arah Jakarta, kamu bisa menempuh perjalanan dengan melewati perkebunan teh dan Puncak Pass sampai ke Persimpangan Cimacan. Jaraknya sekitar 85 km dari Jakarta atau 1 sampai 2 jam perjalanan tergantung dengan kondisi lalu lintas. Bagi kamu yang dari arah Bandung, Cianjur, atau Sukabumi, kamu harus menempuh perjalanan ke arah Istana Cipanas sampai bertemu dengan Rumah Sakit Cipanas lalu Persimpangan Cimacan. Dari Persimpangan Cimacan kamu harus menempuh jarak sekitar 4 km lagi untuk sampai ke Kebun Raya Cibodas.

 

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Fasilitas yang terdapat di Kebun Raya Cibodas dapat terbilang sangat lengkap sehingga membuat setiap pengunjungnya akan merasa betah dan ingin kembali lagi. Terdapat dua area lahan parkir, di luar dan di dalam kebun raya.

Area parkir di luar kebun raya mampu menampung ratusan bus. Area parkir di dalam kebun raya dikhususkan untuk kendaraan roda dua dan empat ketika hari kerja. Namun ketika hari libur dan tanggal merah, semua jenis kendaraan menggunakan area parkir di luar kebun raya.

Fasilitas umum lain yang terdapat di Kebun Raya Cibodas antara lain, loket tiket, pusat informasi, toilet, gazebo yang tersebar di beberapa titik, mushola, pendopo, penunjuk arah, peta kawasan, stand jajanan, teater alam terbuka, serta camping ground seluas tiga hektar yang mampu menampung 200 tenda.

Terdapat fasilitas baru yang dapat dinikmati pengunjung Kebun Raya Cibodas, yaitu wara-wiri. Wara-wiri merupakan kendaraan mini bus yang disediakan untuk para pengunjung sebagai penunjang untuk menjelajahi kawasan Kebun Raya Cibodas. Biaya yang diperlukan untuk menaiki Wara-Wiri cukup terjangkau yaitu sebesar Rp.10.000,00 per orang untuk satu kali putaran.

Tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas. Harganya cukup terjangkau dan sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja Putra. Berikut rinciannya:

  • Pengunjung : Rp.16.500,- /orang
  • Kendaraan roda dua : Rp.5.000,-
  • Kendaraan roda empat : Rp.16.000,-

Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di Kebun Raya Cibodas.

 

Destinasi Wisata

Kebun Raya Cibodas memiliki luas sekitar 80 hektar dan menyimpan berbagai objek yang dapat dinikmati dan dikunjungi.

Taman Sakura

Taman Sakura di Kebun Raya CIbodas

Taman Sakura yang terletak sejauh 100 meter dari pintu masuk merupakan objek paling favorit para pengunjung. Seperti halnya di Jepang, pohon Sakura ini bisa tumbuh dengan baik di Kebun Raya Cibodas. Hal itu disebabkan kontur tanah, iklim, serta ketinggian tempatnya hampir sama dengan habitat aslinya.

Bagi kamu yang ingin melihat Bunga Sakura bermekaran tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang. Dalam setahun, Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas bisa mekar sebanyak dua kali dan masing-masing waktu mekar selama empat hari sedangkan waktu mekarnya sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Curug Cibogo dan Curug Ciismun

Curug Kecil di Kebun Raya Cibodas

Tidak hanya Taman Sakura saja yang menarik untuk dikunjungi, di Kebun Raya Cibodas ini juga terdapat dua air terjun yaitu Curug Cibogo dan Curug Ciismun. Di lokasi air terjun kita dapat mandi atau hanya sekedar merendamkan kaki di genangan bawahnya. Pemandangannya juga tidak kalah menarik. Air yang jatuh akan membuat suasana kembali ceria dan kembali merefleksikan pikiran kita.

Rumah Kaca

Kebun Raya Cibodas juga memiliki rumah kaca atau green house yang menyimpan berbagai koleksi tanaman. Rumah kaca dibuat untuk mempertahankan suhu yang diperlukan oleh tanaman di dalamnya sebagaimana di habitat aslinya. Selain itu ada juga rumah kaca yang berfungsi memperbanyak koleksi tanaman kebun raya. Terdapat tiga jenis tumbuhan yang ada di rumah kaca, yaitu Anggrek, Kaktus, dan tanaman sukulen. Bagi kamu yang hobi untuk mengoleksi kaktus dan tanaman sukulen, kamu bisa membelinya di sini.

Sejumlah lokasi lain yang bisa dikunjungi adalah danau di tengah kebun raya, sungai yang jernih, taman lumut, koleksi tanaman obat, koleksi paku-pakuan, air mancur yang terletak di dekat pintu masuk 3, jalan Araucaria, serta Taman Rhododendron. Sama halnya seperti Kebun Raya Bogor, di sini juga ada Bunga Bangkai Raksasa langka yang mekar pada waktu-waktu tertentu saja. Bunga Bangkai tersebut terletak di sebelah utara rumah kaca.

 

Koleksi Tumbuhan

Koleksi tumbuhan yang ada di kebun raya yang khas dengan tumbuhan tropis dataran tinggi ini juga beragam. Ada sekitar 4 000 contoh tanaman dari 98 jenis Kaktus, 262 jenis Anggrek, dan 71 jenis koleksi sukulen.

Di Taman Sakura terdapat 7 jenis pohon Sakura dengan jumlah 435 pohon baik yang koleksi maupun non-koleksi.

Di Taman Lumut terdapat 134 jenis lumut yang sebagian besar koleksinya berasal dari sekitar Kebun Raya Cibodas.

Rhododendron yang terdapat di Kebun Raya Cibodas berjumlah 3 jenis, yaitu Rhododendron javanicum (Jawa), Rhododendron macgregoriae (Papua), dan Rhododendron mucronatum (Jepang).

Kebun Raya Cibodas juga mengoleksi 74 jenis paku-pakuan dan kurang lebih terdapat 164 jenis tanaman obat.

Dengan banyaknya koleksi tanaman di kebun raya, pengunjung yang datang tidak hanya berekreasi tapi juga menambah wawasan tentang berbagai jenis tanaman di Indonesia bahkan mancanegara.

 

Jasa Lingkungan

Visi Kebun Raya Cibodas yaitu menjadi salah satu kebun raya terbaik di dunia dalam bidang konservasi tumbuhan tropika khususnya tumbuhan tropika dataran tinggi basah, penelitian, pelayanan pendidikan lingkungan, pariwisata, dan jasa lingkungan.

Demi mewujudkan visi tersebut, pihak pengelola Kebun Raya Cibodas sangat memperhatikan segala aspek tidak terkecuali fungsi jasa lingkungan. Beberapa kajiannya antara lain estimasi stok karbon dan biomassa di Cagar Biosfer Cibodas, dan keterkaitan stok karbon dan keanekaragaman tumbuhan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebagai area inti Cagar Biosfer Cibodas.

Upaya lain sebagai bentuk jasa lingkungan dalam Kebun Raya Cibodas adalah strategi restorasi dan rehabilitasi pada lahan terdegradasi dan rawan longsor di ekosistem Daerah Aliran Sungai Citarum dan Cisadane sebagai upaya mitigasi perubahan iklim, serta seleksi dan evaluasi jenis-jenis pohon lokal yang berpotensi tinggi dalam sekuestrasi karbon.

 

Penginapan di Kebun Raya Cibodas

Penginapan dan Hotel

Bagi kamu yang menempuh perjalanan jauh menuju Kebun Raya Cibodas atau hanya sekedar ingin menikmati pesona keindahan dengan kesunyian malam yang sejuk dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, kamu bisa menyewa wisma tamu atau guest house yang telah disediakan pihak pengelola. Terdapat dua macam guest house dengan fasilitas berbeda yang bisa kamu sewa yaitu Guest House Sakura dan Guest House Medinilla.

Berikut adalah perbedaan fasilitas antara kedua guest house.

Fasilitas Guest House Sakura Guest House Medinilla
Jumlah kamar tidur 5 kamar 9 kamar
Ruang tamu Ada Ada
Ruang rapat Ada Tidak ada
Ruang keluarga Ada Ada
Ruang makan Ada Tidak ada
Dapur Ada Tidak ada

 

Untuk biaya yang dikenakan tergantung dari hari penyewaan. Jika menyewa pada hari Senin sampai Kamis maka biaya dihitung menyewa per kamar. Harga sewa kamar pada kedua macam guest house sama, yaitu Rp.400.000,- per kamar per malam. Jika menyewa pada hari Jumat sampai Minggu maka pengunjung harus menyewa sejumlah kamar yang ada. Biaya sewa Guest House Sakura pada hari Jumat sampai Minggu sebesar Rp.2.000.000,- per malam sedangkan biaya sewa Guest House Medinilla sebesar Rp.3.600.000,- per malam. Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke kawasan Kebun Raya Cibodas.

 

Objek Wisata di Sekitar Kebun Raya Cibodas

Rasanya tidak puas jika hanya mengunjungi kebun raya ini saja, bukan ide yang buruk ketika kamu memutuskan untuk melihat-lihat sekitar kebun raya. Terdapat beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di sekitar Kebun Raya Cibodas.

Rabbit Village

Rabbit Village

Dari namanya saja pasti kamu bisa menebaknya. Tampat yang berada sejauh 1.6 km dari Kebun Raya Cibodas ini cocok bagi kamu yang suka dengan kelinci. Meskipun areanya tidak terlalu besar tapi cocok untuk bermain-main dengan kelinci lucu.

Bagi kamu yang mau mengunjungi tempat ini tidak perlu khawatir dengan biaya karena tidak ada biaya masuk alias gratis. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Sindanglaya No. 180 di dalam Novus Giri Hotel, Puncak.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

Tempat ini terletak sejauh 2.3 km dari Kebun Raya Cibodas dan menyimpan berbagai pesona alam di dalamnya. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di Taman Nasional ini. Objek wisata yang terdapat di dalamnya antara lain Bumi Perkemahan Mandalawangi, Canopy Trail, Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Air Panas, Kawah Gunung Gede, dan Alun-alun Suryakencana. Untuk menikmati berbagai objek tersebut, kamu harus menyiapkan kakimu untuk mendaki medan yang tidak mulus.

 

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung

Pertama, lakukan survei terlebih dahulu. Sebelum berkunjung ke tempat berlibur, tidak hanya ke Kebun Raya Cibodas, pastikan kamu survei terlebih dahulu. Jangan sampai ketika sampai di tempat wisata malah kecewa dan tidak bisa menikmati sepenuhnya.

Jika kamu mempunyai banyak waktu luang, kamu bisa langsung survei ke tempat. Jika kamu sibuk dengan banyak hal, survei melalui internet cukup untuk mendapatkan informasi. Tentukanlah objek wisata apa saja yang ingin kamu kunjungi disertai waktu berkunjungnya.

Kedua, berangkat pagi dari rumah. Kamu juga harus mengestimasikan waktu perjalanan menuju tempat wisata juga perkirakan kondisi lalu lintas yang akan kamu lewati. Estimasi waktu dari Jakarta menuju Kebun Raya Cibodas sekitar 2 sampai 3 jam.

Jika kamu berangkat siang dan kondisi lalu lintas tidak sesuai yang diharapkan maka waktu berlibur kamu akan terbuang percuma di perjalanan. Usahakan juga pergi mengunjungi Kebun Raya Cibodas jangan pada musim liburan sebab kondisi lalu lintas akan macet dan di dalam kebun raya pastinya penuh sesak.

Ketiga, bawa perlengkapan pribadi. Sangat penting untuk diperhatikan ketika anda berlibur ke Kebun Raya Cibodas membawa perlengkapan pribadi seperti baju hangat, makanan, dan minuman. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi karena di dalam Kebun Raya Cibodas tidak ada apotik untuk membeli obat. Pengunjung juga dianjurkan untuk memakai sepatu untuk keamanan dan kenyamanan berkunjung.

Keempat, bawa uang tunai. Kebun Raya Cibodas berada di kawasan pegunungan, jadi jarang sekali ditemukan mesin ATM. Bawa uang tunai adalah solusi yang tepat ketika berkunjung, tentunya bawa uang tunai secukupnya saja. Membeli oleh-oleh adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Kebun Raya Cibodas maka uang tunai akan mempermudah proses transaksi.

Kelima, jika anda berencana untuk menginap maka dianjurkan untuk booking terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu nyaman dengan memanfaatkan layanan yang telah ada. Kamu juga tidak perlu mengantri panjang untuk mencari tempat menginap. Terlebih lagi jika berkunjung pada musim liburan, penginapan pasti banyak dicari oleh para pengunjung.

 

Bagaimana? Pasti kamu sudah semakin penasaran dengan Kebun Raya Cibodas dan semakin ingin berkunjung ke sana. Tenang saja, musim liburan sebentar lagi akan tiba dan kamu bisa me-recharge lagi semangat kamu dengan melihat alam. Tentu saja jika berkunjung ke tempat wisata alam jangan sampai merusak alam ya. Selamat berlibur!

 

Referensi:

Dokumentasi penulis

Menikmati Keindahan Alam di Kebun Raya Cibodas
Rating: 4.3 from 6 votes