Menikmati Keindahan Alam di Kebun Raya Cibodas

Diposting pada

Daerah Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata alam. Jika anda berkunjung ke Cianjur jangan lewatkan untuk datang ke Kebun Raya Cibodas.

Tempat yang didirikan pada tahun 1982 ini menyimpan beragam keindahan yang siap memanjakan mata. Keindahan Kebun Raya Cibodas digambarkan oleh seorang ahli fisiologi tumbuhan, Dr. FW Went sebagai salah satu surga dunia.

Pada mula didirikan oleh Johannes Ellias Teijsmann, seorang botanis dari Belanda, tempat ini bernama Bergtuin te Tjibodas yang kemudian berkembang dan berubah menjadi Kebun Raya Cibodas. Tujuan didirikannya Kebun Raya Cibodas waktu itu adalah untuk perkebunan kina. Namun karena struktur tanahnya tidak cocok maka Kebun Raya Cibodas dikhususkan untuk koleksi vegetasi khas dataran tinggi basah.

Kebun Raya Cibodas

 

Lokasi dan Akses Menuju Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Secara geografis, Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan kaki gunung Gede Pangrango dan berada beberapa kilometer saja setelah Puncak Bogor dari arah Jakarta.

Kebun Raya Cibodas berada pada ketinggian 1275 meter di atas permukaan laut (m dpl) dan masih termasuk dalam kesatuan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat wisata ini sangat sejuk juga segar karena memiliki suhu sekitar 17 – 27 derajat celcius.

Akses menuju Kebun Raya Cibodas tidaklah sulit bahkan bisa dibilang cukup mudah dijangkau. Bagi kamu yang dari arah Jakarta, kamu bisa menempuh perjalanan dengan melewati perkebunan teh dan Puncak Pass sampai ke Persimpangan Cimacan. Jaraknya sekitar 85 km dari Jakarta atau 1 sampai 2 jam perjalanan tergantung dengan kondisi lalu lintas. Bagi kamu yang dari arah Bandung, Cianjur, atau Sukabumi, kamu harus menempuh perjalanan ke arah Istana Cipanas sampai bertemu dengan Rumah Sakit Cipanas lalu Persimpangan Cimacan. Dari Persimpangan Cimacan kamu harus menempuh jarak sekitar 4 km lagi untuk sampai ke Kebun Raya Cibodas.

 

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Fasilitas yang terdapat di Kebun Raya Cibodas dapat terbilang sangat lengkap sehingga membuat setiap pengunjungnya akan merasa betah dan ingin kembali lagi. Terdapat dua area lahan parkir, di luar dan di dalam kebun raya.

Area parkir di luar kebun raya mampu menampung ratusan bus. Area parkir di dalam kebun raya dikhususkan untuk kendaraan roda dua dan empat ketika hari kerja. Namun ketika hari libur dan tanggal merah, semua jenis kendaraan menggunakan area parkir di luar kebun raya.

Fasilitas umum lain yang terdapat di Kebun Raya Cibodas antara lain, loket tiket, pusat informasi, toilet, gazebo yang tersebar di beberapa titik, mushola, pendopo, penunjuk arah, peta kawasan, stand jajanan, teater alam terbuka, serta camping ground seluas tiga hektar yang mampu menampung 200 tenda.

Terdapat fasilitas baru yang dapat dinikmati pengunjung Kebun Raya Cibodas, yaitu wara-wiri. Wara-wiri merupakan kendaraan mini bus yang disediakan untuk para pengunjung sebagai penunjang untuk menjelajahi kawasan Kebun Raya Cibodas. Biaya yang diperlukan untuk menaiki Wara-Wiri cukup terjangkau yaitu sebesar Rp.10.000,00 per orang untuk satu kali putaran.

Tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas. Harganya cukup terjangkau dan sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja Putra. Berikut rinciannya:

  • Pengunjung : Rp.16.500,- /orang
  • Kendaraan roda dua : Rp.5.000,-
  • Kendaraan roda empat : Rp.16.000,-

Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di Kebun Raya Cibodas.

Menikmati Keindahan Alam di Kebun Raya Cibodas
Rating: 4.3 from 6 vote[s]