Pulau Derawan, Pesona Elok Kalimantan Timur

Pulau Derawan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur memiliki daya tarik tersendiri.

Pesona terumbu karangnya yang eksotis serta hamparan pantai pasir putihnya yang menawan dilengkapi dengan air lautnya nan biru, sungguh memanjakan seluruh mata yang memandang.

Pulau yang tak sepi pengunjung ini, selalu dihampiri para wisatawan lokal maupun internasional karena keelokkan dan keindahan pemandangan bawah lautnya. Tertarik berkunjung ke Pulau Derawan, mari ikuti ulasan menarik berikut ini.

 

Lokasi Pulau Derawan

Berlokasi di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini telah dicalonkan menjadi situs warisan dunia UNESCO semenjak tahun 2005 karena keindahan dan keelokkan pemandangan bawah lautnya. Luar biasa bukan?

Akses Menuju Pulau Derawan Nan Eksotis

Untuk menuju pulau eksotis ini, anda tidak perlu khawatir karena pulau ini dapat diakses dengan berbagai jalur, baik jalur darat, laut ataupun udara sesuai dengan budget dan keadaan Anda. Berikut adalah detail informasi untuk setiap akses menuju ke pulau idaman anda.

1. Jalur Darat

Jalur ini khusus digunakan oleh wisatawan lokal yang bermukim di Pulau Kalimantan, biasanya wisatawan dapat menggunakan bus atau mobil travel yang mereka sewa sendiri. Perjalanan akan dimulai dari Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Tanjung Radeb, Tanjung Batu dan terakhir tibalah di Pulau Derawan.

2. Jalur Udara

Bagi wisatawan yang berada di luar Pulau Kalimantan ataupun dari mancanegara, tentunya akan lebih mudah untuk menggunakan jalur udara jika ingin sampai ke destinasi tujuan, yaitu Pulau Derawan. Setelah mendarat di Balikpapan menggunakan pesawat, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan melalui Tarakan/ Berau lalu menyeberang menggunakan Speed Boat ke pulau tujuan.

 

Destinasi Wisata di Pulau Derawan

Foto Pulau Derawan dari Udara

Berikut adalah berbagai destinasi wisata di pulau cantik ini yang dapat anda singgahi.

1. Pesona Bawah Laut yang Menakjubkan

Pesona Bawah Laut Pulau Derawan

Wisata bawah laut adalah aktivitas wisata alam yang wajib dilakukan oleh para pengunjung pulau cantik ini karena kekayaan biodiversitas pulau ini menduduki urutan kedua setelah Kepulauan Raja Ampat. Wisatawan dapat melakukan Diving atau Snorkeling untuk melihat terumbu karang dan pemandangan cantik di bawah laut sekitar pulau tersebut.

2. Ikan Karang yang Tak Terhitung Jumlahnya

Ikan Karang yang Sangat Banyak

Dominasi spesies ikan Gobes, Wrasses, dan Damselfishes pastinya akan berhasil memanjakan mata wisatawan yang berkunjung ke pulau yang memiliki pesona bawah laut nan elok ini.

3. Wisata Konservasi Penyu dan Budidaya Tambak Warga

Pulau ini menjadi salah satu tempat persinggahan dari para penyu untuk bertelur maka dari itu untuk melestarikan penyu dari ancaman kepunahan warga setempat membuat konservasi penyu agar kelestariannya tetap terjaga.

Selain itu warga juga membuat budidaya tambak ikan sebagai mata pencaharian mereka, agar masyarakat tidak menangkap ikan di laut lepas sehingga tetap memberikan keuntungan secara finansial dan tentunya tetap melestarikan ekosistem terumbu karang.

4. Beberapa Tempat Menyelam yang Memukau

Old piezk adalah salah satu tempat yang biasanya digunakan untuk melihat ikan dasar laut yang unik. Jika anda tertarik melihat lebih jauh mengenai karang/ terumbu karang, anda dapat mengunjungi spot penyelaman yang bernama Coral Garden, selain itu sesekali anda juga bisa melihat Hiu di spot Shark Point. Blue Trigger Wall dan masih banyak lagi spot-spot menyelam terbaik di perairan pulau eksotik ini juga patut anda kunjungi.

5. Berkeliling di Pulau derawan dan Menikmati Sunrise di Sepanjang Pinggir Pulau Derawan

Sunset di Kepulauan Derawan

Karena pulau ini tak terlalu luas maka dari itu wisatawan dapat berkeliling di Pulau Derawan sambil menikmati indahnya sunrise, asyik bukan?

 

Fasilitas di Pulau Derawan

Kegiatan Snorkeling di Pulau Derawan

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau Derawan

  • Speed boat untuk mengunjungi pulau-pulau di sekitar Pulau Derawan serta sebagai transportasi keluar masuk Pulau Derawan
  • Resort yang eksotis
  • Permainan air seperti banana boat, perahu layar, dan kano
  • Alat untuk snorkling dan diving
  • Hotel dan penginapan yang sesuai dengan budget pengunjung
  • Sajian kuliner khas Pulau Derawan

 

Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

Setelah berjalan-jalan menikmati keindahan pulau ini pastinya anda lelah bukan? Dan ingin merebahkan badan sejenak sambil menghirup semilir angin sepoi-sepoi pulau yang cantik ini.

Anda tidak perlu khawatir, untuk tempat beristirahat banyak masyarakat setempat yang menyediakan tempat menginap yang nyaman dan aman, contohnya homestay yang disediakan masyarakat sekitar, Sari Cottage Derawan, Derawan Dive Resort, Fisheries Eco Villa, Derawan Dive Lodge, Mirroliz Pelangi Cottage, Derawan Beach CAFÉ & Cottage dan masih banyak lagi.

Untuk Homestay, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup 75.000 rupiah semalam anda dapat menikmati waktu istirahat yang menyenangkan.

Sedikit lebih mahal dari homestay, Cottage menawarkan kenyamanan yang lebih memuaskan, cukup dengan mengeluarkan kocek sebesar 250.000 rupiah per malam.

Selain itu, ada juga tempat penginapan lain favorit wisatawan yaitu resort yang dibandrol dengan harga mulai dari 1 juta rupiah per malamnya. Jika anda ingin penginapan yang lebih mahal, anda bisa menyewa villa yang dapat diisi beramai-ramai, villa ini bisa anda dapatkan dengan merogoh kocek sekitar 660.000 rupiah saja untuk waktu 1 malam.

Untuk anda yang tidak suka pusing dengan urusan tersebut, ada paket hemat yang menawarkan penginapan untuk beberapa hari minimal 2 orang dengan harga yang lebih murah dan terjangkau, selain itu jika anda pergi ke pulau ini dengan rombongan maka kocek yang akan anda rogoh tidak akan terlalu dalam, umumnya sekitar 1.500.000 – 2.000.000 per orang.

 

Wisata Kuliner di Pulau Derawan

Berwisata Kuliner

Dengan wisata bahari yang dimiliki Pulau Derawan, tak ayal banyak wisata kuliner khas perairan laut yang menjadi bahan santapan favorit para wisatawan yang mengunjungi pulau ini.

Berikut makanan khas Pulau Derawan yang wajib anda coba:

Kima-kima, merupakan kuliner khas Pulau Derawan yang terbuat dari kerang laut yang dikeringkan, makanan ini mirip seperti ikan asin. Anda dapat memperolehnya seharga 50.000 rupiah per kilonya. Pada saat memasaknya, anda dapat memberikan sedikit bumbu cabai supaya terasa pedas. Makanan ini sangat pas jika dihidangkan dengan nasi panas, hmm yummy….

Elai, salah satu jenis durian yang tumbuh di Kalimantan. Warnanya oren, berbentuk seperti durian namun teksturnya tak selembut durian, kalau disantap agak terasa lebih pulen dari durian. Tertarik mencobanya? Yuk mampir ke Pulau Derawan.

Sarang Semut, biasanya sarang semut terkenal ada di bagian indonesia Timur, namun di Pulau Derawan penganan ini menjadi kuliner khas yang tak kalah menarik. Cemilan ringan nan manis ini biasa disebut warga lokal sebagai “Kue Jah”. Kue jah ini terbuat dari gula merah yang dicampurkan ke adonan seperti bihun lalu di bentuk menyerupai silinder. Menarik bukan?

Tele-tele, camilan ini terbuat dari campuran ketan, kelapa, dan gula putih yang dimasak dalam kulit bulu babi. Bulu babi yang digunakan pun tidak sembarangan, hanya bulu babi yang tak beracunlah yang digunakan. Ketika menyantap tele-tele ini akan terasa gurih, manis, dan wangi pandan pun juga akan terasa, mirip seperti rasa ketupat namun dibungkus dengan bulu babi/ landak laut. Proses memasaknya pun memakan waktu lebih kurang 1 jam.

 

Objek Wisata di Sekitar Pulau Derawan

Pulau Maratua

Karena termasuk dalam Kepulauan Derawan maka tidak komplit rasanya kalau tidak mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Derawan. Pulau-pulau ini antara lain ada Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Untuk Pergi ke pulau tersebut, anda dapat menyewa Speed boat yang banyak disediakan di tepi pantai Pulau Derawan.

Speed boat dengan kapasitas 3-4 orang biasanya disewakan dengan harga mulai dari 1.500.00 sampai dengan 2.000.000 rupiah, sedangkan speed boat berukuran besar yaitu 6-12 orang disewakan dengan harga 8.000.000 rupiah sampai 10.000.000 rupiah.

 

Perkiraan budget ke Pulau Derawan

Untuk anda yang berencana mengunjungi Pulau Derawan, dari sekarang siapkan budget minimal 2.000.000 rupiah untuk keperluanmu di sana mulai dari tiket pesawat jika menggunakan jalur udara, lalu sewa speed boat, makan minum, penginapan dan wahana air serta biaya untuk menyewa alat snorkeling, sayangkan jika ke Pulau Derawan tapi tidak mencoba wahana diving dan snorkling.

 

Tips Berkunjung

Berikut adalah tips-tips dari kami sebelum anda berkunjung ke Pulau Derawan.

  • Cari tahu info tentang Pulau Derawan, mulai dari budget yang harus disiapkan, list tempat wisata, kuliner wajib yang mesti dicoba, serta tempat penting seperti rumah sakit / pelayanan kesehatan yang dapat diakses di sana.
  • Pilihlah waktu perjalanan ketika tiket pesawat murah atau sedang promo, biasaya saat low season.
  • Upayakan untuk mengisi perut sebelum berangkat agar anda siap dan fit untuk melakukan perjalanan ke Pulau Derawan.
  • Siapkan obat-obatan pribadi yang anda butuhkan, misalnya obat anti mabuk jika anda sering mabuk di perjalanan, apalagi di kapal.
  • Bergabung dengan rombongan atau mengajak keluarga agar perjalananmu dapat low budget.
  • Bawalah makanan dan minuman dari rumah jika anda ingin menghemat uang, misalnya roti atau makanan lainnya yang tahan lama.
  • Bawa pakaian seperlunya dan alat mandi.
  • Siapkan fisik yang kuat dan materil yang cukup agar liburan ke Pulau Derawan dapat terasa menyenangkan dan membuat anda Rileks.

Setelah kami memberikan tips sebelum berangkat ke Pulau Derawan, berikut adalah tips-tips dari kami untuk anda saat berkunjung di Pulau Derawan.

  • Untuk menghemat biaya lakukan negosiasi ketika akan menyewa moda transportasi, seperti speed boat, supaya budget anda dapat ditekan. Lumayankan untuk membeli oleh-oleh atau wisata kuliner hehee
  • Untuk melindungi kulitmu, gunakan sunblock. Hal itu akan membantu anda supaya terhindar dari cahaya matahari yang menyengat kulit.
  • Gunakan waktu di pagi atau sore hari untuk melakukan snorkling agar tidak terlalu panas dan air laut pun juga sedang surut biasanya.
  • Keluarlah pada malam hari jika ingin melihat penyu-penyu bertelur.
  • Jaga kelestarian alam disana dan jangan merusak.
  • Beristirahatlah saat lelah.
  • Jangan lupa minum agar tidak dehidrasi selama berwisata.

 

Itulah hal-hal yang dapat kita ketahui mengenai keelokkan Pulau Derawan yang terkenal dengan pantainya yang eksotis, Pemandangan bawah lautnya yang memukau, makanan khas-nya yang tak kalah menarik untuk dicicipi, keanekaragaman hayati bawah lautnya yang bagus layaknya di perairan Raja Ampat dan prestasi keindahan bahari Pulau Derawan yang menjadikannya masuk sebagai calon situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 2005.

Jika Anda berniat untuk menjadikan Pulau Derawan sebagai destinasi wisata anda berikutnya, jangan lupa siapkan fisik yang kuat dan dana yang cukup agar liburanmu dapat terasa menyenangkan. Enjoy your Trip!

Referensi:

Jelajah Indonesiaku. 2013. Panduan Hemat menuju  Kepulauan Derawan [http://www.marijelajahindonesiaku.com/2013/01/panduan-hemat-menuju-kepulauan-derawan.html] diakses 23 Juni 2018.

Wikipedia. 2018. Pulau Derawan [https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Derawan] diakses 23 Juni 2018.

Piknik Asik. ___. Pulau Derawan: Surga Tersembunyi di Ujung Timur Pulau Kalimantan [http://piknikasik.com/pulau-derawan-surga-tersembunyi-di-ujung-timur-pulau-kalimantan] diakses 23 Juni 2018.

Phinemo. ___. Hal Penting yang Harus Diketahui sebelum ke Pulau Derawan [https://phinemo.com/panduan-lengkap-wisata-pulau-derawan/] diakses 23 Juni 2018.

Yuk Travel. ___. 4 Makanan Pulau Derawan yang Wajib Dicoba [https://www.yuktravel.com/trip-ideas-di-indonesia/4-makanan-pulau-derawan-yang-wajib-dicoba-?id=1006622] diakses 23 Juni 2018.

Jefri Huta Gulung. 2014. Tips Backpacker menuju Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur [https://jefrihutagalung.wordpress.com/tag/tips-backpacker-menuju-derawan/] diakses 23 Juni 2018.

Tempat Wisata Unik. ___. Pantai Derawan Kalimantan Timur [https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/kalimantan-timur/pantai-derawan] diakses 23 Juni 2018.

Pulau Derawan, Pesona Elok Kalimantan Timur
Rating: 4.4 from 10 votes

Tinggalkan komentar