Pulau Derawan, Pesona Elok Kalimantan Timur

Diposting pada

Pulau Derawan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur memiliki daya tarik tersendiri.

Pesona terumbu karangnya yang eksotis serta hamparan pantai pasir putihnya yang menawan dilengkapi dengan air lautnya nan biru, sungguh memanjakan seluruh mata yang memandang.

Pulau yang tak sepi pengunjung ini, selalu dihampiri para wisatawan lokal maupun internasional karena keelokkan dan keindahan pemandangan bawah lautnya. Tertarik berkunjung ke Pulau Derawan, mari ikuti ulasan menarik berikut ini.

 

Lokasi Pulau Derawan

Berlokasi di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini telah dicalonkan menjadi situs warisan dunia UNESCO semenjak tahun 2005 karena keindahan dan keelokkan pemandangan bawah lautnya. Luar biasa bukan?

Akses Menuju Pulau Derawan Nan Eksotis

Untuk menuju pulau eksotis ini, anda tidak perlu khawatir karena pulau ini dapat diakses dengan berbagai jalur, baik jalur darat, laut ataupun udara sesuai dengan budget dan keadaan Anda. Berikut adalah detail informasi untuk setiap akses menuju ke pulau idaman anda.

1. Jalur Darat

Jalur ini khusus digunakan oleh wisatawan lokal yang bermukim di Pulau Kalimantan, biasanya wisatawan dapat menggunakan bus atau mobil travel yang mereka sewa sendiri. Perjalanan akan dimulai dari Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Tanjung Radeb, Tanjung Batu dan terakhir tibalah di Pulau Derawan.

2. Jalur Udara

Bagi wisatawan yang berada di luar Pulau Kalimantan ataupun dari mancanegara, tentunya akan lebih mudah untuk menggunakan jalur udara jika ingin sampai ke destinasi tujuan, yaitu Pulau Derawan. Setelah mendarat di Balikpapan menggunakan pesawat, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan melalui Tarakan/ Berau lalu menyeberang menggunakan Speed Boat ke pulau tujuan.

 

Destinasi Wisata di Pulau Derawan

Foto Pulau Derawan dari Udara

Berikut adalah berbagai destinasi wisata di pulau cantik ini yang dapat anda singgahi.

1. Pesona Bawah Laut yang Menakjubkan

Pesona Bawah Laut Pulau Derawan

Wisata bawah laut adalah aktivitas wisata alam yang wajib dilakukan oleh para pengunjung pulau cantik ini karena kekayaan biodiversitas pulau ini menduduki urutan kedua setelah Kepulauan Raja Ampat. Wisatawan dapat melakukan Diving atau Snorkeling untuk melihat terumbu karang dan pemandangan cantik di bawah laut sekitar pulau tersebut.

2. Ikan Karang yang Tak Terhitung Jumlahnya

Ikan Karang yang Sangat Banyak

Dominasi spesies ikan Gobes, Wrasses, dan Damselfishes pastinya akan berhasil memanjakan mata wisatawan yang berkunjung ke pulau yang memiliki pesona bawah laut nan elok ini.

3. Wisata Konservasi Penyu dan Budidaya Tambak Warga

Pulau ini menjadi salah satu tempat persinggahan dari para penyu untuk bertelur maka dari itu untuk melestarikan penyu dari ancaman kepunahan warga setempat membuat konservasi penyu agar kelestariannya tetap terjaga.

Selain itu warga juga membuat budidaya tambak ikan sebagai mata pencaharian mereka, agar masyarakat tidak menangkap ikan di laut lepas sehingga tetap memberikan keuntungan secara finansial dan tentunya tetap melestarikan ekosistem terumbu karang.

4. Beberapa Tempat Menyelam yang Memukau

Old piezk adalah salah satu tempat yang biasanya digunakan untuk melihat ikan dasar laut yang unik. Jika anda tertarik melihat lebih jauh mengenai karang/ terumbu karang, anda dapat mengunjungi spot penyelaman yang bernama Coral Garden, selain itu sesekali anda juga bisa melihat Hiu di spot Shark Point. Blue Trigger Wall dan masih banyak lagi spot-spot menyelam terbaik di perairan pulau eksotik ini juga patut anda kunjungi.

5. Berkeliling di Pulau derawan dan Menikmati Sunrise di Sepanjang Pinggir Pulau Derawan

Sunset di Kepulauan Derawan

Karena pulau ini tak terlalu luas maka dari itu wisatawan dapat berkeliling di Pulau Derawan sambil menikmati indahnya sunrise, asyik bukan?

 

Fasilitas di Pulau Derawan

Kegiatan Snorkeling di Pulau Derawan

Pulau Derawan, Pesona Elok Kalimantan Timur
Rating: 4.4 from 10 vote[s]