Labuan Bajo, Spot Wisata Eksotis di Nusa Tenggara Timur

Diposting pada

5. Fasilitas

Snorkeling di Laut Labuan Bajo
Snorkeling di Laut Labuan Bajo

Fasilitas di tempat wisata yang lebih indah dari pulau dewata ini masih terbilang cukup lengkap dibanding dengan tempat wisata lainnya. Bagi Anda yang berasal dari tempat yang jauh, Anda dapat memesan penginapan maupun hotel yang terdapat di Labuan Bajo.

Hotel atau penginapan yang bisa Anda gunakan antara lain L Bajo Hotel, Plataran Komodo Beach Resort, Golo Hilltop Hotel, Bayview Gardens Hotel, dan CF Komodo Hotel. Harga yang ditawarkan penginapan dan hotel di sana beragam tergantung dari fasilitas yang ada.

Kota Labuan Bajo yang cukup kecil dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang tidak ingin kelelahan, Anda dapat menemukan ojek dan bemo yang lewat setiap lima menit untuk mengelilingi Labuan Bajo. Bagi anda yang ingin tinggal untuk beberapa hari di sana, Anda dapat menyewa motor dengan harga Rp 75.000 per hari, tetapi pemakaian terbatas di kota dan hanya ada beberapa motor yang tersedia.

Sejak dulu spot wisata alam ini merupakan tempat yang digunakan untuk berlabuhnya para pedagang. Pemerintah membangung Dermaga Ferry, Pelabuhan PELNI, dan Bandar Udara Komodo untuk memudahkan akses masuk untuk berdagang. Pedagang yang datang biasanya berasal dari Makassar.

6. Wisata Kuliner

Jalan utama Labuan Bajo memiliki berbagai restoran yang menyediakan makanan dari Cina dan Barat. Tidak perlu khawatir, di sana juga terdapat makanan nusantara yang dijajakan seperti masakan padang yang layak untuk dicoba. Coto Makassar yang berada di seberang kantor Trans Nusa juga dapat menjadi pilihan untuk menyantap hidangan nusantara.

7. Tips Berkunjung ke Labuan Bajo

Mengunjungi Kediaman Komodo
Mengunjungi Kediaman Komodo

Sebelum mengunjungi spot wisata keren ini, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal agar liburan terasa nyaman dan lancar. Berikut tips dan trik yang bisa Anda gunakan ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

Pertama, sebelum berangkat pastikan Anda membawa uang yang cukup. Menikmati pemandangan dan memakai fasilitas yang ada sudah pasti akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak murah. Perkirakan biaya yang akan dikeluarkan dari transportasi, tiket masuk, aktivitas di dalamnya, hingga penginapan jika menginap.

Kedua, berhemat dengan cara menawar. Jika Anda ingin menggunakan kapal atau perahu, sebaiknya lakukanlah terlebih dahulu penawaran harga. Tidak jarang para penyewa akan menawarkan harga yang lebih tinggi dari biasanya. Menawar dapat Anda lakukan juga ketika membeli oleh-oleh.

Ketiga, rencanakan tujuan wisata di sana. Destinasi wisata yang banyak akan membuat Anda bingung ketika sampai di sana. Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda sudah merencanakan kegiatan berlibur di sana. Bagi Anda yang tidak ingin repot mengurusnya, Anda bisa menggunakan agen perjalanan.

Keempat, jaga stamina. Beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sana akan membuat tenaga Anda terkuras. Ketika sudah lelah, Anda dapat beristirahat terlebih dahulu di penginapan atau hotel untuk melanjutkan aktivitas lainnya di esok hari.

 

Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam dan menyimpan keindahan di dalamnya, Labuan Bajo salah satunya. Tugas kita adalah tetap menjaganya hadir agar dapat dinikmati dan dilihat generasi berikutnya. Selama berlibur di Labuan Bajo, jangan tinggalkan sampah ataupun merusak keindahan yang ada yah.

 

Referensi lainnya mengenai spot wisata keren ini dapat Anda akses di wikipedia.