Sanghyang Heuleut, Surga di Bandung yang Masih Suci

Diposting pada

Hallo apa kabar? Semoga sedang dalam keadaan baik yah. Kalau Anda sedang ada masalah dan mumet dengan aktivitas sehari-hari, sepertinya Anda membutuhkan suatu tempat untuk pelarian sesaat. Forester Act kali ini akan memberi Anda informasi mengenai rekomendasi tempat penghilang stres yang ada di Bandung dan ternyata masih sedikit orang yang tahu akan tempat wisata ini.

Seperti kata Pidi Baiq yang terkenal dari novelnya yang bertajuk Dilan, “Bandung bukan hanya tentang geografisnya saja, tetapi juga melibatkan perasaan di dalamnya.” Yuk kita kunjungi Sanghyang Heuleut yang akan membawa perasaan Anda jauh terjerumus ke dalam indahnya Bandung.

Keindahan Sanghyang Heuleut

Berfoto manis di bebatuan
Berfoto manis di bebatuan

Buat Anda orang Bandung tentunya wajib sekali berkunjung ke sini. Sanghyang Heuleut terletak di Cipatat, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Sanghyang berarti tempat suci dan heuleut adalah selang antara dua waktu. Sehingga arti dari Sanghyang Heuleut sendiri adalah tempat suci yang sering dikunjungi bidadari dari kahyangan yang memiliki perbedaan waktu antara dunia magis dan dunia nyata (dunia manusia).

Sanghyang Heuleut sejatinya adalah danau kecil yang dikelilingi oleh bukit bebatuan. Wisata alam yang berada di kawasan Waduk Saguling ini baru dikenal masyarakat beberapa tahun lalu setelah ada yang mengunggah fotonya di instagram.

Alasan sosial juga merupakan salah satu alasan lambat terkenalnya spot wisata keren ini. Masyarakat di sana dulunya menganggap tempat ini sebagai tempat keramat sehingga jarang orang yang berkunjung ke sana. Namun, kini masyarakat di sana sudah mulai terbuka dan menjadikan Sanghyang Heuleut lokasi wisata andalan untuk membangun ekonomi mereka.

Kondisi alam di spot wisata air eksotis ini masih sangat terjaga, warna air yang jernih dengan bebatuan tinggi yang mengelilinginya menjadikan tempat wisata ini semakin unik. Ada juga air terjun kecil sebagai sumber air bagi danau ini.

Akses

Suasana Danau Sanghyang Heuleut
Suasana Danau Sanghyang Heuleut

Meskipun tempat ini baru dikenal sekarang ini, tetapi tempat ini bisa diakses dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Patokannya jaraknya adalah dari PLTA Saguling hanya 5 kilometer saja.

Apabila Anda membawa kendaraan untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat memarkir kendaraan di sekitar PLTA Saguling dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Di perjalanan Anda akan menemukan gunung kecil dan di dalamnya terdapat Gua Sanghyang Poek. Dari Sanghyang Poek, Anda mesti berjalan lagi menuju hulu sungai untuk menuju Sanghyang Heuleut. Namun jangan khawatir, perjalanan Anda tidak akan membosankan karena pemandangan di sepanjang jalan cocok juga untuk bersua foto ria.

Semua rasa lelah Anda akan terbayar lunas setelah melihat keindahan danau biru yang jernih. Pastinya Anda juga akan merasa bersyukur karena di Bandung ada tempat wisata yang sekeren dan seindah itu. Anda juga dapat berenang di sini untuk menikmati keindahan alamnya.

Tips Berkunjung

Sekadar berendam untuk menghilangkan penat
Sekadar berendam untuk menghilangkan penat

Apabila Anda sudah membulatkan tekad untuk berkunjung ke sini. Kami sarankan untuk jangan berkunjung ke sini pada musim hujan. Biasanya pada musim hujan akses untuk menuju lokasi ini akan tertutup air karena debit air yang cukup besar.

Air di danau Sanghyang Heuleut pun biasanya tidak terlalu jernih apabila pada saat musim hujan.

Jangan lupa juga untuk membawa minuman dan makanan yang cukup agar tidak kelaparan dan kehausan ketika berkunjung ke sini.

Sanghyang Heuleut, Surga di Bandung yang Masih Suci
Rating: 5 from 14 vote[s]