Labuan Bajo, Spot Wisata Eksotis di Nusa Tenggara Timur

Diposting pada

Indonesia memiliki berbagai keindahan alam yang sangat tidak ternilai harganya dari Sabang sampai Merauke serta tidak sedikit yang menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, hingga Pulau Papua menyimpan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu lokasi yang memiliki sejumlah destinasi wisata adalah Labuan Bajo di Nusa Tenggara.

Kota Labuan Bajo yang berada di paling ujung barat pulau flores ini menjadi gerbang dari berbagai destinasi wisata menarik di Indonesia. Meskipun spot wisata ini hanyalah sebuah tempat untuk menangkap ikan, namun banyak wisatawan datang untuk melihat keajaiban di tempat ini. Untuk Anda yang suka berpetualang, Labuan Bajo bisa menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya!

1. Sekilas tentang Labuan Bajo

Labuan Bajo
Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah nama dari salah satu desa dan kelurahan yang berada di Nusa Tenggara. Meskipun tempat ini merupakan tempat untuk menangkap ikan, namun tempat ini menyimpan banyak keindahan alam yang menjadi destinasi wisata para wisatawan. Spot wisata epik ini memiliki lansekap yang menarik dengan garis pantai yang istimewa dan panorama yang tidak bisa diduakan.

Mayoritas penduduk di Labuan Bajo berprofesi di atas laut. Hal tersebut dapat dilihat pada kepadatan dan kesibukan teluk yang dengan bergantian keluar masuk kapal. Sebagian besar pelancong dan orang barat yang berbisnis ke sana mengatakan bahwa Labuan Bajo merupakan kota yang romantis.

Labuan Bajo memiliki daya tarik yang tinggi untuk menarik para wisatawan datang ke sana, yaitu pulau Komodo. Komodo (Varanus komodensis) atau yang biasa dikenal dengan sebutan ora merupakan satwa liar langka yang berhabitat asli di Pulau Komodo yang berada di sekitar Labuan Bajo. Tidak banyak destinasi wisata alam di dunia yang menampilkan satwa liar pada kesehariannya, seperti bagaimana cara mereka hidup, berburu, berinteraksi dengan lingkungannya, dan sebagainya.

Labuan Bajo memiliki sejumlah destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan pulau yang menjadi habitat asli satwa langka ini. Pulau-pulau kecil sekitar Labuan Bajo memiliki keindahan dan keajaibannya sendiri. Oleh karena itu, spot wisata ini sering dikenal dengan pintu masuk menuju surga wisata alam di Indonesia.

2. Lokasi

Labuan Bajo berlokasi di Nusa Tenggara tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Lokasi ini terletak di ujung barat Pulau Flores.

3. Akses

Perjalanan menuju Destinasi Wisata
Perjalanan menuju Destinasi Wisata

Akses menuju Labuan Bajo dapat ditempuh melalui beberapa jalur, yaitu jalur darat, jalur udara, dan jalur laut.

3.1 Jalur Udara menuju Labuan Bajo

Jalur udara dapat ditempuh menggunakan pesawat, tapi hanya dengan pesawat tertentu. Maskapai penerbangan Transnusa Airlines dan Wings Air secara langsung menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa tempat di Indonesia. Tempat-tempat tersebut merupakan kota-kota di Indonesia yang berada tidak jauh sehingga masih bisa menjangkau dan mendarat di Labuan Bajo.

Maskapai tersebut menghubungkan Labuan Bajo dengan Denpasar, Kupang, Ende, dan Mataram. Melalui penerbangan penghubung juga dapat diakses dari Kalabahi di Alor. Tempat ini juga terhubung dengan Manggarai, Sikka, Bajawa, dan Larantuka melalui Maumere, Ruteng, Ende, Kupang, dan Tambolaka.

3.2 Perjalanan Laut

Perjalanan Laut menuju Labuan Bajo
Perjalanan Laut menuju Labuan Bajo

Perjalanan laut tidak kalah menyenangkannya daripada perjalanan udara. Anda bisa bergabung terlebih dahulu dengan salah satu liveboards yang melayani ke Pulau Komodo dan Flores. Tilongkabila dan PELNI adalah nama kapal yang berlayar dari Lembar, Beno, dan Bima. Kapal tersebut berlayar setiap dua minggu sekali.

Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam memilih tipe perjalanan. Pastikan juga kondisi cuaca cocok sehingga tidak mengganggu perjalanan Anda. Banyak pelancong yang merasa puas ketika memilih tipe perjalanan yang cocok dengan kondisi cuaca yang sedang cerah.