Biosfer: Pengertian, Karakteristik, Penyusun, dan Cagar Biosfer

Diposting pada

Salah satu planet yang merupakan bagian dari sistem tata surya adalah bumi. Planet bumi merupakan planet paling istimewa dibandingkan dengan planet-planet lainnya. Mengapa demikian? Karena planet ini dapat menjadi hunian ternyaman bagi makhluk hidup. Apakah Anda tahu bahwa bumi terdiri atas lapisan-lapisan? Lapisan tersebut tentu memiliki fungsi tertentu dan menjaga kita di bumi tercinta ini. Lapisan-lapisan tersebut dibagi menjadi tiga yaitu litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Ketiga lapisan tersebut merupakan bagian dari biosfer.

Lansekap di Biosfer Kutub Utara
Lansekap di Biosfer Kutub Utara

1. Pengertian

Biosfer berasal dari dua kata yaitu bios yang berarti hidup dan shpeira yang berarti lapisan. Secara etimologis, pengertian biosfer adalah lapisan yang ditempati oleh makhluk hidup atau seluruh ruang yang dihuni oleh makhluk hidup.

Menurut Mc Knight (1984;253), biosfer merupakan “The biosphere consists of the incredibly numerous and diverse array of individual organism – plant and animal – that populate our planet” dalam bahasa Indonesia berarti biosfer terdiri atas individu organisme – tanaman dan hewan – dan jumlahnya di planet ini yang sangat banyak dan beragam.

Bumi merupakan tempat hidup seluruh makhluk hidup meliputi manusia, flora dan fauna. Salah satu makhluk yang paling unik adalah manusia karena manusia lebih memegang peran dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Manusia dapat mengendalikan kehidupan dirinya sendiri bahkan makhluk lain. Namun, kajian biosfer pada artikel ini hanya mencakup flora dan fauna saja.

2. Karakteristik Biosfer

Kajian biosfer hanya berfokus pada flora dan fauna karena karakteristik biosfer berkaitan dengan persebaran flora dan fauna.

Terdapat 18 karakteristik biosfer di antaranya fauna di padang rumput, fauna di tengah gurun, fauna di daerah tundra, fauna di daerah hutan tropis, fauna di daerah taiga, fauna di daerah kutub, fauna di daerah perairan, hutan hujan tropika, hutan musim tropika, hutan hujan iklim sedang, hutan gugur, hutan taiga, steva, sabana, tundra, gurun, terumbu karang, dan padang lamun.

Advertisement nature photography

2.1 Karakteristik Fauna

Berikut adalah berbagai karakteristik fauna dari berbagai ekosistem yang ada dalam sistem biosfer:

  1. Fauna padang rumput biasanya didominasi oleh herbivora karena tempat ini cukup air dan rumput-rumput segar yang merupakan makanan bagi hewan herbivora.
  2. Fauna di daerah gurun biasanya merupakan hewan kecil seperti semut, kalajengking dan terdapat juga hewan besar yaitu unta yang memiliki punduk yang berfungsi untuk menjaga ketersediaan air. Padang gurun merupakan daerah panas dengan ketersediaan air yang sedikit.
  3. Fauna di daerah tundra adalah fauna yang berdarah hangat dan mempunyai bulu yang tebal seperti beruang kutub. Daerah tundra merupakan daerah yang dingin karena daratannya dilapisi oleh es atau salju. Fauna yang habitatnya di daerah ini lebih sedikit dibandingkan dengan gurun.
  4. Fauna di daerah hutan tropis biasanya didominasi oleh herbivora hutan tropis. Daerah hutan tropis merupakan tempat yang paling nyaman dan bersahabat yang sepanjang tahun disinari matahari dan memiliki curah hujan yang tinggi.
  5. Fauna di daerah taiga biasanya termasuk jenis burung yang sedang bermigrasi karena habitatnya  mengalami musim gugur.
  6. Fauna yang habitatnya di daerah kutub memiliki ciri-ciri yang sama dengan daerah tundra, tetapi daerah kutub lebih ekstrem dibandingkan dengan tundra.

2.2 Karakteristik Hutan (Flora)

Berikut adalah karakteristik dari berbagai flora di habitat-habitat tertentu:

  1. Hutan hujan tropis memiliki ciri curah hujan yang tinggi dan sinar matahari sepanjang tahun.
  2. Hutan musim tropika merupakan hutan musim dengan ciri pohon yang menggugurkan daunnya.
  3. Hutan hujan iklim sedang memiliki vegetasi yang berukuran tinggi namun populasinya kurang dari hutan tropis.
  4. Hutan gugur memiliki vegetasi dengan pohon yang kuat, tinggi, serta berdaun lebar.
  5. Hutan taiga merupakan hutan dengan suhu rendah biasanya dekat dengan daerah kutub.
  6. Stepa merupakan istilah lain dari padang rumput.
  7. Sabana merupakan salah satu bentuk padang rumput yang mempunyai pohon kerdil dan pohon-pohon tersebut tumbuh secara bergerombol.
  8. Tundra merupakan daerah kutub, biasanya hanya ditumbuhi oleh lumut.
  9. Gurun merupakan daerah berpasir yang mempunyai ketersediaan air yang sangat sedikit.
  10. Terumbu karang merupakan flora yang berasal di laut.
  11. Padang lamun merupakan pohon yang berbunga dan tumbuh di air.

3. Penyusun Biosfer

Atmosfer sebagai Bagian Biosfer
Atmosfer sebagai Bagian Biosfer
Gambar Gravatar
Mahasiswi semester 6 yang berasal dari Tasikmalaya, mengambil jurusan Manajemen hutan di IPB