Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu

Diposting pada
  • Pulau Jukung, Pulau Panjang, Pulau Macan, Pulau Genteng, Pulau Semut, Pulau Kelor, dan Pulau Petondan dengan terumbu karang yang masih sangat terawat merupakan destinasi yang bagus untuk melakukan snorkeling ataupun ber-diving
  • Pulau Jukung, Pulau Petondan, dan Pulau Belanda merupakan pulau-pulau yang cocok untuk memancing.
  • Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Kayangan merupakan tempat bersejarah di mana terdapat bangunan berupa benteng sisa zaman pendudukan Belanda.
  • Pulau Damar Kecil merupakan pulau yang terdapat sisa-sisa bangunan istana kepresidenan.

 

9. Mitra Pengelola Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dalam menjalankan pengelolaannya bermitra dengan berbagai instansi dan organisasi. Mitra yang pernah menjalin kerja sama dengan TNLKS ini di antaranya adalah Yayasan Indonesia Hijau, Yayasan WWF Indonesia, Yayasan Laut Lestari Indonesia, Japan Bekko Association, BirdLife International-Indonesia Programme, PT. Trans Intra Asia/Euroconsult BV, PT. Geode Pataka Alam, dan Puslitbang Biologi-LIPI.

 

10. Akses

Dermaga di Pulau Bidadari

Taman nasional ini dapat dicapai melalui pelabuhan-pelabuhan dari Teluk Jakarta seperti Tanjung Priok, Marina, Ancol, Marunda, dan Muara Karang dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Dari Ancol ke Pulau Bidadari yang sejauh 9 mil perjalanan laut dapat ditempuh dengan menggunakan perahu motor yang memakan waktu 30 menit. Jadwal transportasi dua kali per hari dan empat kali sehari pada saat weekend.
  • Dari Donggala (Tanjung Priok) ke Pulau Panggang dengan menggunakan sarana transportasi laut. Jadwal transportasi laut ini adalah dua kali dalam seminggu dengan lama perjalanan sekitar 5-7 jam. Dari Tanjung Priok sendiri setiap hari Sabtu diselenggarakan perjalanan laut dengan Jet Foil yang akan memakan waktu selama 55 menit.
  • Terdapat jadwal perjalanan kapal harian dari Marina Ancol menuju obyek wisata atau pulau-pulau tertentu dan menuju kompleks wisata Pulau Seribu di Pulau Putri. Angkutan ke obyek wisata dapat dilayani setiap hari Sabtu dan Minggu dengan lama perjalanan sekitar 3-4 jam dapat juga dengan menggunakan perahu (boat) sewaan yang berangkat setiap saat dari Marina dengan lama perjalanan selama 2-2,5 jam.
  • Pesawat udara dapat mendarat di Pulau Panjang sedangkan pesawat Cessna dan Navaholight Air Craft dapat melayani penerbangan reguler ke lokasi setiap hari Senin-Kamis (1 kali sehari) dan pada saat weekend 2 kali dalam sehari. Lama perjalanan dengan menggunakan jalur udara sekitar 25 menit saja.

 

11. Fasilitas Taman Nasional

Fasiltas yang ada di TNLKS di antaranya adalah

  • Di Pulau Laku, Pulau Putri, Pulau Ayer, Pulau Pelangi, Pulau Kotok, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan Pulau Bidadari terdapat fasilitas penginapan seperti hotel, atraksi, dan akomodasi lainnya.
  • Pusat Informasi Konservasi Kelautan yang berada di Pulau Pramuka.
  • Pulau-pulau lain di zona inti dapat ditempuh dari Pulau Pramuka dengan menggunakan perahu sewaan atau perahu dari pihak taman nasional.
  • Di Pulau Panjang terdapat air strip (landasan udara perintis) untuk mengantar turis yang akan berwisata ke Pulau Pari.
  • Di beberapa pulau telah terdapat tempat yang dapat dicapai oleh pesawat pribadi yang biasa datang dari Jakarta.

Fasilitas lainnya yang ada di taman nasional ini antara lain, Kantor Balai Besar Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, pusat pengunjung, pos jaga, dermaga, cottage, ruang pertemuan, bungalow, tempat berkemah, bar, restoran, helipad, toko, perahu motor, perahu karet, pelampung, dan peralatan selam.

 

12. Foto-Foto Keindahan Alam Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu

View Kota Jakarta dari Pulau Bidadari