Pulau Harapan, Wisata Harapan Para Wisatawan

Pulau Harapan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu selain Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari. Meskipun terletak paling jauh dari Jakarta, Pulau Harapan dikenal sebagai lokasi snorkeling paling eksotis di Kepulauan Seribu.

Selain snorkeling, kamu juga dapat berkunjung ke pulau-pulau kecil yang terletak di sekitar Pulau Harapan. Pulau yang dulunya dikenal dengan nama “Pulau Pelemparan” ini memiliki lebih dari 24 pulau-pulau kecil di sekitarnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Beberapa pulau tidak berpenghuni di sekitar wisata ini pun memiliki keindahan alami yang masih terawat serta sangat mempesona.

Potensi pariwisata di pulau wisata ini sendiri masih relatif baru di Kepulauan Seribu, bahkan informasi mengenai potensi wisata Pulau Harapan baru mulai ramai sejak tahun 2012.

Penasaran dengan keindahan Pulau Harapan? Berikut kami sajikan informasi mengenai pulau yang menjadi destinasi wisata harapan para wisatawan.

Jangan lupa berfoto di tulisan selamat datang ini

Apa yang kamu cari tentang Pulau Harapan ada di sini:
1. Lokasi
2. Akses Menuju Pulau Harapan
3. Destinasi Wisata di Pulau Harapan
4. Fasilitas di Pulau Harapan
5. Penginapan
6. Wisata Kuliner
7. Tips Berkunjung ke Pulau Harapan
8. Foto-Foto Keindahan Pulau Harapan

 

1. Lokasi

Pulau Harapan merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis Pulau Harapan terletak pada 050 39’ 10” LS dan 1060 34’ 41” BT.

Pulau ini memiliki luas kurang lebih 6,7 hektare dan berada di Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki lebih dari 24 pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Berdasarkan peruntukannya, pulau-pulau di sekitar pulau wisata ini dibagi ke dalam 4 peruntukan yaitu pulau pemukiman, pulau wisata, pulau cagar alam, dan pulau zona inti perlindungan.

Pulau ini dihuni oleh penduduk dengan jumlah 2.205 jiwa yang terdiri atas berbagai macam suku, seperti Suku Bugis, Suku Mandar, Suku Betawi, dan Suku Jawa. Mayoritas penduduk di pulau wisata bahari ini beragama Islam dan bermata pencaharian sebagai nelayan.

 

2. Akses Menuju Pulau Harapan

Jalur laut merupakan satu-satunya akses yang dapat ditempuh untuk menuju Pulau Harapan.

Penyebrangan menuju pulau wisata ini dapat dilakukan dengan menggunakan Kapal Ferry maupun kapal tongkang konvensional dari Pelabuhan Kaliadem yang terletak di belakang Pasar Ikan Muara Angke.

Kamu  bisa naik bus dari Slipi, Monas, Stasiun Grogol, Kebon Jeruk, dan Stasiun Kalideres untuk sampai di Pelabuhan Kaliadem. Selain bus, kamu juga bisa naik angkot atau ojek daring menuju Pelabuhan Kaliadem. Pastikan kamu sudah berada di lokasi pada pagi hari, kalau tidak siap saja tertinggal rombongan karena kapal yang akan kamu tumpangi berangkat sekitar pukul 7 sampai 9 pagi.

Penyebrangan menuju Pulau Harapan dari pelabuhan ini memerlukan waktu sekitar 3-4 jam. Ongkos kapal tongkang tradisional dari Pelabuhan Kaliadem ke Pulau Harapan sebesar Rp 50.000 per orang dan bersifat fluktuatif harganya.

Perjalanan ke Pulau Harapan juga bisa kamu tempuh dengan menggunakan speedboat dari Dermaga Marina, Ancol. Waktu penyebrangan ke Pulau Harapan dari dermaga ini memang lebih singkat dari pada melalui Pelabuhan Kaliadem yaitu hanya sekitar 1-2 jam saja. Namun, ongkos yang harus dikeluarkan lebih mahal mulai dari Rp 220.000 per orang hingga Rp 270.000 per orang saat hari libur. Ongkos ini belum termasuk tiket masuk Kepulauan Seribu dan tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol. Tiket speedboat juga harus dipesan terlebih dahulu sebelum hari keberangkatan.

 

3. Destinasi Wisata di Pulau Harapan

3.1 Snorkeling dan Scuba Diving

Pulau Harapan memang sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati surga bawah laut. Di sekitar Pulau Harapan tersebar beberapa spot yang sangat cocok untuk snorkeling. Selain keindahan terumbu karang dan biota lautnya, air laut yang sangat bersih dan jernih sangat mendukung kegiatan snorkeling. Namun, kamu perlu waspada terhadap beberapa biota laut yang beracun seperti ikan batu dan bulu babi.

Scuba Diving juga dapat dilakukan di beberapa tempat, namun tidak sebanyak spot untuk melakukan snorkeling. Spot untuk melakukan scuba diving ini misalnya di Pulau Bira Besar, Pulau Sepa, Pulau Putri dan pulau lainnya.

3.2 Jelajah Pulau

Pulau Harapan dikelilingi oleh lebih dari 24 pulau-pulau kecil yang bisa kamu jelajahi untuk hunting foto atau sekedar menikmati keindahan pulau-pulau tersebut.

Dalam perjalanan menuju pulau-pulau ini kamu dapat menikmati keindahan harmoni warna biru laut mulai dari warna hijau kebiruan, biru muda, hingga biru tua. Harmoni warna biru laut ini dijamin akan memanjakan mata kamu.

Berikut ini beberapa pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Harapan yang dapat kamu jelajahi:

Pulau Renggit Pulau Opak
Pulau Kayu Angin Pulau Magaran
Pulau Hantu atau Pantara Pulau Bulat
Pulau Sebaru Besar Pulau Bira Kecil
Pulau Penjaliran Barat Pulau Belanda
Pulau Penjaliran Timur Pulau Bira Besar
Pulau Jagung Pulau Tondan Barat
Pulau Sebira Pulau Tondan Timur
Pulau Dua Timur Pulau Putri Timur
Pulau Sepa Timur Peteloran
Pulau Sepa Barat Pulau Gosong Perang
Pulau Perak Pulau Genteng

3.3 Hutan Mangrove

Keindahan hutan mangrove juga dapat kamu nikmati jika berkunjung di Pulau Harapan. Di ujung Pulau Harapan yang mengarah ke Pulau Kelapa kamu dapat menjumpai hamparan tanaman mangrove yang berjajar di sepanjang sisi pantainya. Lokasi ini sangat cocok untuk berfoto terutama saat sunset di sore hari.

3.4 Berburu Sunrise dan Sunset

Keindahan Pulau Harapan juga dapat kamu nikmati dengan menyaksikan sunrise di pagi hari maupun sunset di sore hari. Jangan takut tidak mendapatkan lokasi yang cocok untuk melihat sunrise maupun sunset karena tour guide kamu pasti tahu lokasi yang paling cocok untuk menikmati keduanya.

3.5 Taman Biota Laut

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu merupakan lokasi bertelurnya penyu sisik dan penyu hijau sehingga di beberpa pulau di Kepulauan Seribu dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu.

Di Pulau Harapan sendiri terdapat Taman Biota Laut yang dikelola oleh Balai Konservasi Laut Kepulauan Seribu. Salah satu tujuan adanya Taman Biota Laut ini adalah melindungi penyu hijau. Keistimewaan Taman Biota Laut ini adalah panangkaran yang dibuat langsung di laut dan diberi pagar berupa jaring-jaring sebagi sekat dengan laut lepas.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Taman Biota Laut di Pulau Harapan ini, kamu hanya perlu melewati jembatan kayu yang terhubung ke penangkaran penyu hijau. Selain untuk menikmati keindahan Taman Biota Laut ini, wawasan kamu akan pentingnya pelestarian penyu hijau juga akan bertambah.

 

4. Fasilitas di Pulau Harapan

Fasilitas yang ada di Pulau Harapan dapat dibilang cukup lengkap karena pulau ini merupakan salah satu pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu. Fasilitas yang ada di pulau ini berupa dermaga, Puskesmas, homestay, warung makan, pengelolaan air minum, kantor kelurahan, lapangan tenis, taman bermain, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Di Pulau ini fasilitas pendidikan juga sangat lengkap mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

 

5. Penginapan

Penginapan di Pulau Harapan

Tidak usah bingung untuk mencari penginapan karena di Pulau Harapan sudah banyak terdapat penginapan-penginapan murah mulai dari Rp 400.000/malam. Fasilitas-fasilitas yang disediakan di setiap penginapan juga macam-macam seperti AC, televisi, kulkas, wifi, tempat tidur ekstra bed, dan bahkan ada yang menyediakan pemandian air panas. Fasilitas yang ada ini tergantung harga sewanya dan tentunya semakin mahal harga sewa maka fasilitas yang didapatkan juga semakin lengkap.

Di Pulau Harapan juga dapat ditemui beberapa rumah penduduk yang sengaja disewakan sebagai homestay yang harganya tergolong lebih murah. Homestay seperti ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati liburan ala backpacker.

Agar lebih menyenangkan dan dapat menikmati keindahan Pulau Harapan secara langsung lebih baik kamu memilih penginapan di dekat pantai dan memiliki halaman. Penginapan seperti ini sangat cocok untuk kamu yang datang berombongan. Penginapan yang memiliki halaman dapat digunakan untuk berfoto, barbeque dan kegiatan lainnya.

Beberapa penginapan di Pulau Harapan juga dapat di-booking terlebih dahulu melalui jasa daring.

 

6. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner di Pulau Harapan

Bagi kamu yang ingin menikmati kuliner khas Pulau Harapan tak perlu bingung mencari tempat yang menyediakannya karena di sekitar pintu gerbang Pulau Harapan banyak pedagang menjajakan jajanan khas Pulau Harapan. Ada berbagai olah ikan seperti siomay ikan, bakso ikan, batagor ikan, es kelapa dan lain sebagianya. Selain itu, ada juga kuliner seafood bakar yang tentunya sangat nikmat karena diolah dari bahan yang masih segar.

 

7. Tips Berkunjung ke Pulau Harapan

Tertarik untuk berlibur ke Pulau Harapan? Ini dia beberapa tips berkunjung ke Pulau Harapan yang bisa kamu lakukan agar liburan kamu lebih menyenangkan.

7.1 Ajak orang lain

Liburan tentunya akan lebih menyenangkan dan mengasyikan ketika kamu menikmatinya bersama teman atau keluarga kamu. Sedikit info nih kalau kamu berangkat  dengan rombongan minimal 4 orang, ongkos yang dikeluarkan akan lebih sedikit lho.

7.2 Tentukan pilihan wisata

Ada dua pilihan wisata yang biasanya ditawarkan yaitu one day trip atau paket bermalam di pulau. Jika kamu memilih bermalam di pulau berarti kamu hanya akan fokus eksplor di satu pulau saja dan mengunjungi beberapa pulau dalam jumlah yang sedikit. Namun, jika kamu memilih one day trip maka kamu akan diajak keliling ke banyak pulau di sekitar Pulau Harapan dalam satu hari saja.

Kedua pilihan wisata tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang tergantung keinginan kamu untuk memilihnya. Jangan lupa sesuaikan dengan budget dan waktu yang kamu punya untuk berlibur ya.

7.3 Gunakan Travel Agent yang terpercaya

Agar liburan lebih aman dan menyenangkan, kamu harus menggunakan travel agent yang terpercaya. Cara menentukannya sih gampang, kamu hanya perlu mencari laman mereka di internet, amati rekam jejak mereka, dan cari tahu testimoni orang-orang yang pernah menggunakan jasa travel agent tersebut. Cara lain yang lebih mudah kamu bisa menggunakan travel agent yang pernah digunakan teman atau keluarga kamu.

7.4 Ikuti arahan Tour Guide

Ketika kamu berwisata di Pulau Harapan, kamu akan selalu  ditemani tour guide dan pastikan kamu selalu mengikuti arahan dari tour guide kamu ya.

Meskipun ombak di laut sekitar pulau wisata ini tidak terlalu besar kamu tetap harus mengikuti arahan tour guide dan jangan coba-coba melakukan hal nekat ketika dalam perjalanan mengelilingi pulau-pulau di sekitar Pulau Harapan, misalnya tiba-tiba meloncat dari kapal atau mencoba berenang tanpa menggunakan pelampung.

Ketika snorkeling jangan sembarangan menyentuh terumbu karang atau biota laut lainnya yang ada di dasar laut. Selain mencegah kerusakan terumbu karang, hal ini juga mencegah kamu terkena biota laut yang beracun di sekitar terumbu karang. Ingat ya tidak semua biota laut aman untuk kamu dekati dan sentuh, beberapa biota laut juga memiliki racun dan dapat menyebabkan gatal-gatal seperti bulu babi dan ikan batu.

7.5 Peralatan yang wajib dibawa

Kalau kamu cewek wajib banget bawa sunblock, topi pantai, dan kacamata hitam untuk melindungi kamu dari teriknya sinar matahari. Peralatan ini tentunya harus kamu gunakan kalau nggak mau kulit wajah kamu gosong karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Masker juga salah satu peratan yang harus dibawa terutama kalau kamu harus melakukan penyebrangan dari Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke. Masker bisa kamu gunakan untuk menutup hidung dan mulut kamu saat jalan di Pelabuhan Kaliadem karena biasanya pada pagi hari bau amis ikan tercium sangat menyengat. Bagi kamu yang gak kuat dengan bau amis ikan, kamu bisa mual bahkan muntah. Akan lebih baik jika kamu juga membawa minyak angin atau parfum.

Sekedar info tambahan saja, kamu harus tahu bahwa tidak semua jaringan telepon tersedia di pulau wisata ini. Jadi sebaiknya siapkan kartu perdana yang jaringannya tersedia di sana, seperti XL, Indosat, dan Telkomsel.

Peralatan lainnya yang pastinya wajib kamu bawa adalah kamera! Jangan pernah lewatkan moment spesial tanpa diabadikan dengan kamera ya. Suatu saat nanti kalau kamu kangen ke pulau yang diharapkan ini kamu bisa melihat foto-foto di kamera kamu yang nantinya pasti akan membuat kamu senyum-senyum sendiri.

 

8. Foto-Foto Keindahan Pulau Harapan

Dermaga Pulau Harapan yang dibalut lautan dan langit yang biru jernih

Ketika sampai di dermaga Pulau Harapan pastinya kamu akan merasakan bahwa trip yang kamu lakukan tidak akan pernah sia-sia, di dermaga saja air laut terlihat sangat jernih dan birunya langit akan menemai keceriaan kamu.

 

Berfoto di Kapal Juga Bisa Menjadi Salah Satu Spot Berfoto yang Menarik

Sembari menunggu kapal berangkat, kamu bisa mencari sudut yang tepat untuk mendapatkan foto yang maksimal. Pelabuhan Kali Adem pun merupakan salah satu spot yang dapat dipakai sebagai latar foto yang eksotis.

 

Air laut yang jernih menjadi daya tarik utama untuk melakukan kegiatan snorkeling

Air laut yang jernih merupakan daya tarik terbesar bagi para pelancong dalam negeri maupun mancanegara.

 

Trip Bersama Teman ke Pulau Harapan Pastinya akan Lebih Seru

Pergi bersama sahabat dan orang-orang tersayang akan menambah keseruan berpetualang di pulau yang diharapkan.

 

Suasana lautan di Pulau Harapan

Suasana lautan yang cukup tenang dan tidak terlalu berombak membuat perjalanan kamu bisa sangat dinikmati.

 

Perahu yang biasa digunakan untuk menjadi moda transportasi para wisatawan

Perahu seperti ini merupakan transportasi andalan untuk menjelajah berbagai pulau memesona yang berada di sekitar pulau yang diharapkan para wisatawan ini.

 

Perahu nelayan masyarakat Pulau Harapan

Nelayan merupakan salah satu pekerjaan mayoritas di daerah ini.

 

Pantai di Pulau Harapan

Pantai putih khas Kepulauan Seribu pasti akan kamu rasakan selama nge-trip di pulau yang paling diharapkan ini.

 

Kegiatan snorkeling akan menjadi kegiatan yang sangat menarik

Kegiatan snorkeling akan menjadi kegiatan yang sangat menarik.

 

Pulau Harapan memang memberi harapan bagi wisata bahari Indonesia dengan segala potensi alam yang dimilikinya. Keindahan Pulau Harapan juga tentunya menjadi objek wisata harapan yang ingin dikunjungi para wisatawan. Penasaran dengan keindahan Pulau Harapan? Yuk, kunjungi Pulau Harapan!

 

Referensi:

Explore Seribu. 2016. Wisata Pulau Harapan, Jelajah 24 Pulau di Utara [internet] [http://www.exploreseribu.com/2016/09/wisata-pulau-harapan.html] diakses 19 Januari 2018.

Hikari. Kapal Penyebrangan Pulau Seribu [internet]. [http://www.pulauseribujakarta.com/shuttle-boat/] diakses 19 Januari 2018.

TWPS. 2015. Kelebihan dan Kekurangan di Wisata Pulau Harapan [internet]. [https://travelwisatapulauseribu.com/kelebihan-dan-kekurangan-di-wisata-pulau-harapan/] diakses 19 Januari 2018.

Bobo Cantik. 2016. Tips Liburan Seru di Kepulauan Seribu [internet]. [http://www.bobocantik.com/2016/05/tips-liburan-seru-di-kepulaun-seribu/] diakses 19 Januari 2018.

Jejak Langkahku. 2015. Pulau Harapan, Ini Baru Namanya Kepulauan Seribu [internet]. [http://jejaklangkahku.com/2015/04/08/pulau-harapan-ini-baru-namanya-kepulauan-seribu/] diakses 19 Januari 2018.

Zona Travel Asia. 2017. Penangkaran Penyu Hijau di Pulau Harapan [internet]. [http://www.zonatravelasia.com/penangkaran-penyu-hijau-di-pulau-harapan/] diakses 19 Januari 2018.

Pulau Harapan, Wisata Harapan Para Wisatawan
Rating: 4.6 from 231 votes

Recommended For You

About the Author: Mega Dinda Larasati

Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.

1 Comment

  1. Asli ga bohong aku baru ke pulau harapan minggu kemarin dan semua yg dibilang disini bener bgt, puas bgt ngetrip ke pulau harapan lautnya masih sangat jernih bersih dan keren bangeeeett. Spot snorklingnya juara banyak bgt ikan ikan bagus disana, dan jelajah pulau pun tak kalah berkesannya pulau pulau kecil disekelilingnya keren cuuuyy.. Pingin balik lagi kesana cuma ga mau di kapalnya aja berasa terombang ambing pisan selama 3 jam 😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *