Pulau Harapan, Wisata Harapan Para Wisatawan

Diposting pada

Pulau Harapan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu selain Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari. Meskipun terletak paling jauh dari Jakarta, Pulau Harapan dikenal sebagai lokasi snorkeling paling eksotis di Kepulauan Seribu.

Selain snorkeling, kamu juga dapat berkunjung ke pulau-pulau kecil yang terletak di sekitar Pulau Harapan. Pulau yang dulunya dikenal dengan nama “Pulau Pelemparan” ini memiliki lebih dari 24 pulau-pulau kecil di sekitarnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Beberapa pulau tidak berpenghuni di sekitar wisata ini pun memiliki keindahan alami yang masih terawat serta sangat mempesona.

Potensi pariwisata di pulau wisata ini sendiri masih relatif baru di Kepulauan Seribu, bahkan informasi mengenai potensi wisata Pulau Harapan baru mulai ramai sejak tahun 2012.

Penasaran dengan keindahan Pulau Harapan? Berikut kami sajikan informasi mengenai pulau yang menjadi destinasi wisata harapan para wisatawan.

Jangan lupa berfoto di tulisan selamat datang ini

Apa yang kamu cari tentang Pulau Harapan ada di sini:
1. Lokasi
2. Akses Menuju Pulau Harapan
3. Destinasi Wisata di Pulau Harapan
4. Fasilitas di Pulau Harapan
5. Penginapan
6. Wisata Kuliner
7. Tips Berkunjung ke Pulau Harapan
8. Foto-Foto Keindahan Pulau Harapan

 

1. Lokasi

Pulau Harapan merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis Pulau Harapan terletak pada 050 39’ 10” LS dan 1060 34’ 41” BT.

Pulau ini memiliki luas kurang lebih 6,7 hektare dan berada di Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki lebih dari 24 pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Berdasarkan peruntukannya, pulau-pulau di sekitar pulau wisata ini dibagi ke dalam 4 peruntukan yaitu pulau pemukiman, pulau wisata, pulau cagar alam, dan pulau zona inti perlindungan.

Pulau ini dihuni oleh penduduk dengan jumlah 2.205 jiwa yang terdiri atas berbagai macam suku, seperti Suku Bugis, Suku Mandar, Suku Betawi, dan Suku Jawa. Mayoritas penduduk di pulau wisata bahari ini beragama Islam dan bermata pencaharian sebagai nelayan.

 

2. Akses Menuju Pulau Harapan

Jalur laut merupakan satu-satunya akses yang dapat ditempuh untuk menuju Pulau Harapan.

Penyebrangan menuju pulau wisata ini dapat dilakukan dengan menggunakan Kapal Ferry maupun kapal tongkang konvensional dari Pelabuhan Kaliadem yang terletak di belakang Pasar Ikan Muara Angke.

Kamu  bisa naik bus dari Slipi, Monas, Stasiun Grogol, Kebon Jeruk, dan Stasiun Kalideres untuk sampai di Pelabuhan Kaliadem. Selain bus, kamu juga bisa naik angkot atau ojek daring menuju Pelabuhan Kaliadem. Pastikan kamu sudah berada di lokasi pada pagi hari, kalau tidak siap saja tertinggal rombongan karena kapal yang akan kamu tumpangi berangkat sekitar pukul 7 sampai 9 pagi.

Penyebrangan menuju Pulau Harapan dari pelabuhan ini memerlukan waktu sekitar 3-4 jam. Ongkos kapal tongkang tradisional dari Pelabuhan Kaliadem ke Pulau Harapan sebesar Rp 50.000 per orang dan bersifat fluktuatif harganya.

Perjalanan ke Pulau Harapan juga bisa kamu tempuh dengan menggunakan speedboat dari Dermaga Marina, Ancol. Waktu penyebrangan ke Pulau Harapan dari dermaga ini memang lebih singkat dari pada melalui Pelabuhan Kaliadem yaitu hanya sekitar 1-2 jam saja. Namun, ongkos yang harus dikeluarkan lebih mahal mulai dari Rp 220.000 per orang hingga Rp 270.000 per orang saat hari libur. Ongkos ini belum termasuk tiket masuk Kepulauan Seribu dan tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol. Tiket speedboat juga harus dipesan terlebih dahulu sebelum hari keberangkatan.

 

3. Destinasi Wisata di Pulau Harapan

3.1 Snorkeling dan Scuba Diving

Pulau Harapan memang sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati surga bawah laut. Di sekitar Pulau Harapan tersebar beberapa spot yang sangat cocok untuk snorkeling. Selain keindahan terumbu karang dan biota lautnya, air laut yang sangat bersih dan jernih sangat mendukung kegiatan snorkeling. Namun, kamu perlu waspada terhadap beberapa biota laut yang beracun seperti ikan batu dan bulu babi.

Scuba Diving juga dapat dilakukan di beberapa tempat, namun tidak sebanyak spot untuk melakukan snorkeling. Spot untuk melakukan scuba diving ini misalnya di Pulau Bira Besar, Pulau Sepa, Pulau Putri dan pulau lainnya.

Pulau Harapan, Wisata Harapan Para Wisatawan
Rating: 4.6 from 231 vote[s]

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.