Taka Makassar, Sejuta Keindahan Surga Bawah Laut

Diposting pada

Jika bicara mengenai cantiknya Kepulauan Komodo memang tidak akan ada habisnya. Ia sangat pandai dalam hal tebar pesona dengan kejutan-kejutannya yang indah. Nah kali ini yang akan dibahas adalah salah satu pulau terpencil dan tidak berpenghuni di Kepulauan Komodo bernama Taka Makassar.

Lho kok ada nama Makassarnya tapi di Nusa Tenggara Timur? Jangan bingung-bingung deh langsung baca saja artikel wisata alam ini sampai habis ya!

Taka Makassar (instagram.com)
Taka Makassar (instagram.com)

Taka Makassar adalah salah satu pulau terpencil di Kepulauan Komodo dengan pemandangannya yang super cantik dan menjadi salah satu tempat untuk diving dan snorkeling. Oleh karena itu banyak sekali wisatawan lokal maupun asing yang rela mengantri untuk bisa datang dan menikmati keindahan bawah lautnya.

Taka Makassar? Ada di Kepulauan Komodo tapi namanya kok ada embel-embel Makassarnya ya? Jadi nama Taka Makassar itu dari kata Taka yang berarti dangkal dan embel-embel Makassarnya yang berarti dulu katanya tempat ini ditemukan oleh beberapa pelaut dari Bugis Makassar. Oleh karena itu diberilah nama Taka Makassar.

Sama seperti namanya, pulau ini sangatlah dangkal. Ketika air laut pasang maka pulau akan hilang dan muncul kembali ketika air laut surut. Di sini pasirnya putih, airnya berwarna  hijau toska, dan terdapat sedikit ilalang.

Taka Makassar merupakan pulau terpencil dan tidak berpenghuni maka tidak ada fasilitas apapun yang tersedia. Jadi kalau ingin diving dan snorkeling harus bawa dari rumah ya. Pengunjung sangat disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

Di sini arusnya lumayan deras dan kencang, jadi untuk yang ingin snorkeling dan diving namun masih pemula sangat disarankan untuk ditemani seorang pemandu. Jangan sampai liburan yang harusnya menyenangkan jadi suram ya karena snorkeling atau diving sendiri padahal masih pemula.

Banyak terumbu karang yang bisa ditemui mulai dari yang keras sampai yang lunak. Gerombolan koral dan ikan-ikan kecil juga akan dengan senang hati menyapa dan menyambut kehadiran Anda.

Ternyata tidak hanya bisa bertemu dengan makhluk-makhluk cantik bawah laut yang biasa-biasa saja, namun di pulau ini ada yang namanya Manta Point atau titik penyelaman yang mana Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan ikan Pari Manta. Ikan Pari Manta ini adalah spesies ikan pari yang terbesar di kelasnya lho, panjangnya saja bisa mencapai 2 meter lebih.

Liburan di Taka Makassar (instagram.com)
Liburan di Taka Makassar (instagram.com)

Buat kamu yang lagi bingung mau liburan ke mana, langsung ke sini saja yuk cari yang seger-seger hehe. Selamat liburan ya!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.