Sungai Maron Pacitan, Amazonnya Indonesia

Diposting pada

Siapa sangka kalau Indonesia juga punya tempat wisata alam yang mirip dengan Sungai Amazon Amerika Selatan lho. Jika berkunjung ke sini dijamin deh jiwa petualang Anda langsung tertantang dan ingin menjelajahinya sampai tuntas. Tempat wisatanya bernama Sungai Maron.

Kepo? wajib baca artikel ini sampai habis ya!

Sungai Maron (instagram.com)
Sungai Maron (instagram.com)

Sungai Maron berada di kota kecil yang ada di Jawa Timur yaitu Pacitan lebih tepatnya Desa Dersono, Kecamatan Pringuku. Berjarak kurang lebih sekitar 40 km dari alun-alun Pacitan. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ya, karena belum adanya kendaraan umum yang bisa menjangkau tempat ini.

Jika berkunjung ke Sungai Maron maka pepohonan dan air sungai berwarna hijau akan dengan senang hati menyambut Anda. Tak lupa pohon kelapa yang  berjajar di tepian sungai juga ikut serta menemani menjelajahi sungai.

Anda pasti memerlukan sebuah perahu untuk menikmatinya. Tenang tidak usah khawatir dan repot membawa perahu dari rumah hehe karena warga sekitar sudah banyak yang menyewakan perahunya. Mereka memasang tarif sekitar Rp 100.000 sampai Rp 150.000 dengan muatan 5 sampai 6 orang per perahu. Jika ingin menyewa perahu yang kursinya ada sandaran Anda cukup mengeluaran biaya tambahan sebesar Rp 5000 saja.

Harga tersebut sudah termasuk pengemudi perahu yang juga sebagai pemandu akan mengantarkan Anda menyusuri sungai sepanjang sekitar 4,5 km.

Biaya sewa perahu tidak termasuk tiket masuk lho ya. Tiket masuknya bayar sendiri tapi jangan khawatir dompet Anda terkuras karena harga tiketnya Rp 2000 saja per orang. Sangat murah tapi pandai memanjakan mata pengunjung.

Fasilitas di tempat wisata ini sudah lumayan lengkap nih. Ada tempat sewa alat (perahu), toilet umum, tempat parkir, dan beberapa warung makan. Jadi tak perlu repot-repot bawa bekal dari rumah.

Aliran sungainya yang cukup menantang membuat Sungai Maron ini sering dijadikan lokasi festival dan lomba seperti lomba dayung 300 m yang diadakan sejak tahun 2012.

Ternyata tak hanya untuk dijelajahi, Anda juga bisa memancing lho. Banyak orang gemar memancing di sini karena ikannya yang beragam seperti ikan nila, ikan sidat, ikan bawal, dan masih banyak lagi.

Foto di Sungai Maron (instagram.com)
Foto di Sungai Maron (instagram.com)

Sekian sedikit informasi mengenai Sungai Maron yang ada di Pacitan. Jangan tunggu lama-lama kalau mau ke sini, langsung gaspol deh hehe.

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.