KORINDO Aja Bisa Berkontribusi untuk Indonesia yang Lebih Baik, Kalau Kamu?

Diposting pada

Indonesia di mata kita

Hal apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar kata Indonesia? Malas, Bodoh, dan Miskin? Atau justru negara agraris, maritim, dan kaya akan keindahan alam? Kedua fakta tersebut tentu bukanlah fakta yang salah mengenai Indonesia. Terkadang, Indonesia memang lebih dikenal dengan hal-hal negatifnya, karena pada faktanya negara ini merupakan negara bekas jajahan yang masih dalam proses berkembang melalui pembangunan-pembangunan, baik dari segi pembangunan infrastruktur, pemerintahan, ataupun sumberdaya manusianya. Namun di sisi lain, Indonesia merupakan negara yang terdiri dari 14.572 pulau pada tahun 2015 dan memiliki kekayaan alam serta kebudayaan yang beragam (Ambari 2017). Hal tersebut yang membuat banyak pandangan berbeda dari orang-orang berkaitan dengan Indonesia.

Sejak merdeka di tahun 1945 hingga saat ini Indonesia terus melakukan pembangunan dalam berbagai aspek untuk mencapai cita-citanya diantaranya memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) merupakan lembaga yang dibentuk pemerintah untuk membuat perencanaan terkait pembangunan di Indonesia untuk mencapai cita-cita tersebut sejak zaman kemerdekaan, diantaranya melalui Panitia Pemikir Siasat Ekonomi yang kemudian menghasilkan dokumen Dasar-Dasar Pokok Daripada Plan Mengatur Ekonomi Indonesia, Pembangunan Jangka Panjang (PJP) yang diimplementasikan melalui Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) dari tahun 1969-2019, serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dari tahun 2005-2025 yang diimplementasikan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) setiap 5 tahunnya (Bappenas 2019).

Kontribusi KORINDO dalam membangun Indonesia
Gambar 1 Kontribusi KORINDO dalam membangun Indonesia

Keberhasilan implementasi program-program tersebut tentu tidak lepas dari peran berbagai pihak yang terlibat, karena cukup sulit bagi pemerintah untuk melakukan rencana-rencana pembangunan tersebut dengan luasan Indonesia yang cukup besar. Salah satu pihak yang turut berkontribusi dalam mengimplementasikan pembangunan-pembangunan di Indonesia adalah KORINDO. Perusahaan kehutanan yang didirikan pada tahun 1969 dan berfokus pada usaha pengembangan hardwood di awal masa berdirinya ini merupakan perusahaan yang turut serta menciptakan pembangunan di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di wilayah yang berbatasan dengan area usaha hutan mereka. Pembangunan tersebut meliputi bidang pendidikan, infrastruktur, kesehatan, ekonomi serta lingkungan.

Usaha plywood KORINDO
Gambar 2 Usaha plywood KORINDO

Seiring berjalannya waktu, KORINDO mulai mengembangkan bisnisnya pada pengelolaan plywood di tahun 1979 dan beralih pada bisnis pemasok kertas koran domestik di tahun 1984. Peralihan tersebut terjadi seiring dengan timbulnya kebijakan pelarangan ekspor hardwood dan pembatasan terhadap industri pengolahan sekunder yang mulai banyak berkembang di tahun 1983. Keberhasilan perusahaan ini dalam menjadi pemasok kertas koran domestik didukung dengan seruan pemerintah untuk melakukan pembaruan terhadap industri kertas koran domestik yang sebelumnya sangat bergantung pada produk kertas koran impor. Pengembangan-pengembangan usaha tersebut secara tidak langsung semakin memperkuat peran KORINDO dalam pembangunan di Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi.

Tahun 1993 KORINDO mulai bergerak dalam usaha perkebunan yaitu perkebunan karet, kemudian di tahun 1995 KORINDO mulai memasuki bisnis kelapa sawit, hingga tahun 1998 KORINDO mulai membuat perkebunan kelapa sawitnya sendiri. Bentuk-bentuk usaha perkebunan tersebut, selain melihat adanya potensi keuntungan secara ekonomi untuk pihak perusahaan, secara tidak langsung juga menjadi solusi lain bagi perusahaan untuk berkontribusi terhadap program pembangunan pemerintah yakni memajukan kesejahteraan serta mencerdaskan kehidupan masyarakatnya sehingga dapat terwujud perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. Hal tersebut sangat sejalan dengan visi KORINDO yakni membangun hubungan yang harmonis antara kegiatan bisnis perusahaan dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk meningkatkan kesejahteraan serta kemandirian secara terus-menerus.