Rotan: Morfologi, Jenis, Sebaran, Habitat, dan Manfaat

Diposting pada
  1. Peningkatan kemampuan market intelligence, dengan mengoptimalkan fungsi Atperindag dan perwakilan diplomatik di luar negeri, aktif mengikuti event-event pameran produk rotan yang bergengsi di Luar Negeri.
  2. Perlu dilakukan peninjauan kembali tentang Ketentuan Ekspor Rotan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 12/M-DAG/PER/6/2005, dalam rangka menjamin kontinuitas pasokan bahan baku rotan di dalam negeri, serta peningkatan daya saing produk barang jadi rotan di luar negeri.

 

Pameran Produk Furniture Rotan dan Kerajinan Rotan Indonesia dalam rangka menampilkan hasil-hasil terbaik desain produk furniture rotan dan kerajinan rotan Indonesia penah dilaksanakaan pada November 2007. Pameran ini diikuti oleh produsen furniture dan kerajianan rotan Indonesia yang tergabung dalam anggota ASMINDO dan AMKRI. Pameran ini juga menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan promosi dan pemasaran pengembanagn industri pengelolaan rotan nasional.

 

Itulah deskripsi singkat mengenai Rotan sebagai salah satu tumbuhan merambat yang sangat berpotensi dikembangkan dalam industri furniture Indonesia karena karna selain kelebihan dan manfaat yang dimilikinya, rotan juga termasuk green product yang ramah lingkungan.

 

Referensi:

Kalima T. 2015. Keanekaragaman spesies rotan di Jawa Barat dan prospek pengembangan. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiviversity Indononesia. 1(8) : 1820-1809.

Pramudiarto DB.2006. Analisis nilai tambah dan ketercukupan bahan baku industri pemanfaatan rotan di Kabupaten Cirebon [skripsi]. Bogor (ID) : Departemen Hasil Hutan Fakultas Kehutana IPB

Ramadhan A. 2009. Analisis daya saing industri furniture rotan di Indonesia [skripsi]. Bogor (ID): Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB

http://www.materipertanian.com/klasifikasi-dan-ciri-ciri-morfologi-rotan/ [diunduh pada 2017 Nov 4 pukul 20.00 WIB]

Biro Umum dan Humas Kemenperin. http://www.kemenperin.go.id/artikel/471/Pengembangan-Industri-Pengolahan-Rotan-  [diunduh pada 2017 Nov 4 pukul 21.33 WIB] Departemen Perindustrian