Punthuk Setumbu merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh kamu para pemburu sunrise. Di destinasi wisata ini kamu akan menemukan sunrise yang berbeda dari tempat lainnya. Bagaimana tidak? Punthuk Setumbu menawarkan keindahan sunrise dengan landscape Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sekaligus.

Punthuk Setumbu juga disebut Borobudur Nirvana Sunrise karena dari puncak bukit Punthuk Setumbu kamu dapat menyaksikan kemegahan Candi Borobudur ketika matahari terbit. Dijamin deh kamu akan langsung terpesona dalam sekali pandang.

Penasaran dengan destinasi wisata ini? Yuk, simak informasi di bawah ini.

Sunrise di Punthuk Setumbu

Ini info buat kamu:
1. Lokasi

2. Akses menuju Punthuk Setumbu
3. Destinasi wisata di Punthuk Setumbu
4. Waktu terbaik untuk berkunjung
5. Fasilitas
6. Objek Wisata di Sekitar Punthuk Setumbu
7. Tips Berkunjung

 

1.Lokasi

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh, Jawa Tengah. Lebih tepatnya lagi, bukit dengan ketinggian kurang lebih 400 mdpl ini terletak di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM 3, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pada awalnya, Punthuk Setumbu hanyalah sebuah bukit biasa yang digunakan penduduk setempat untuk berladang. Namun, setelah seorang fotografer mengabadikan eksotisme sunrise di tempat ini, orang-orang pun mulai mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahannya. Punthuk Setumbu juga semakin dikenal setelah menjadi lokasi shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2.

 

2. Akses Menuju Punthuk Setumbu

Keindahan alam di wisata alam Punthuk Setumbu

Meskipun terletak di Kabupaten Magelang, lokasi Punthuk Setumbu tidak jauh dari Yogyakarta. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi.

Jika kamu berangkat dari depan Taman Wisata Borobudur kamu hanya perlu menyusuri jalan ke arah Hotel Manohara. Ketika kamu menemukan perempatan, beloklah ke kanan menuju Desa Ngaran II. Sekitar 700 meter kemudian kamu akan menemukan pertigaan dengan petunjuk jalan bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise”, beloklah ke arah kanan. Kamu hanya perlu menyusuri jalan tersebut hingga sampai di area parkir Punthuk Setumbu.

Untuk memasuki area destinasi wisata ini kamu diharuskan membayar biaya retribusi di loket yang buka mulai jam 4 pagi hingga 5 sore. Biaya retribusi yang harus kamu bayar sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara. Jika kamu membawa kendaraan pribadi seperti mobil, kamu juga harus membayar ongkos parkir sebesar Rp 5.000.

Dari area parkir kamu harus rela berjalan kaki atau trekking terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit untuk sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu. Jalan setapak di rute ini berupa jalan makadam dan tanah yang diterangi beberapa lampu jalan. Sebaiknya kamu melakukan trekking sebelum jam 5 pagi agar tidak terlambat menyaksikan sunrise di puncak bukit Punthuk Setumbu.

Rasa lelah selama trekking akan terbayar lunas ketika kamu sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu. Keindahan alam Punthuk Setumbu akan membuat kamu takjub seketika. Meskipun berada di ketinggian, kamu tidak perlu takut berada di sini karena puncak Punthuk Setumbu dikelilingi oleh pagar pembatas yang dijamin aman.

Trekking di pagi hari memang menjadi tantangan sendiri bagi beberapa orang. Jika kamu merasa tidak kuat trekking, kamu masih bisa menikmati keindahan sunrise di gazebo yang terletak tidak jauh dari area parkir.

 

3. Destinasi Wisata di Punthuk Setumbu

3.1 Trekking

Jalan setapak menuju spot berfoto di Punthuk Setumbu

Untuk sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu kamu memang harus trekking selama kurang lebih 15 menit. Udara pagi yang basah, cuaca dingin, dan jalan yang sedikit licin terkena embun pagi memang membuat aktivitas trekking ini cukup menantang.

Bersepeda ke Punthuk Setumbu pun merupakan kegiatan yang menarik

Meskipun melelahkan kamu gak akan nyesel kok. Udara pagi yang sangat bersih akan mengisi paru-parumu dan membuat tubuhmu segar kembali. Pemandangan di sekitar jalan setapak juga akan membuatmu merasakan ketenangan.

3.2 Menikmati Keindahan Sunrise

Pemandangan langit dan lansekap dari Punthuk Setumbu

Destinasi wisata yang satu ini memang terkenal sebagai lokasi paling pas untuk menikmati keindahan sunrise. Di tempat ini kamu juga dapat melihat Candi Borobudur yang diselimuti kabut dan memancarkan aura mistis, angkuh serta menawan.

View candi borobudur dari Punthuk Setumbu

Coba saja bayangkan! Perlahan matahari akan muncul malu-malu dari balik Gunung Merapi atau Gunung Merbabu. Sinar matahari akan menyapu kabut dan menyuguhkan kemegahan Candi Borobududur dengan keindahan alam yang sempurna. Indah bukan?

3.3 Hunting Foto

Latar foto yang indah di Punthuk Setumbu

Di sini kamu juga bisa hunting foto lho. Bukan hanya keindahan sunrise yang bisa kamu abadikan, tapi kamu juga bisa menemukan banyak pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot berfoto terbaik di Indonesia

Misalnya nih, kamu bisa mengambil gambar lampu-lampu kota dan perkampungan dari atas puncak bukit sebelum matahari terbit. Kamu juga bisa mengambil gambar perkampungan yang diselimuti kabut. Kabut putih yang menutupi pepohonan dan perkampungan akan menciptakan foto yang terkesan misterius tapi menenangkan.

 

4. Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Matahari Jingga Sunrise di Punthuk Setumbu

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Punthuk Setumbu yaitu musim kemarau sekitar bulan Juni hingga Agustus. Sunrise akan terlihat sangat jelas karena tidak ada awan mendung yang menutupi. Selain itu jalan menuju puncak bukit Punthuk Setumbu juga tidak akan becek seperti saat musim hujan.

Pastikan juga kamu sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu sebelum jam 5 pagi. Jangan sampai kamu terlambat sedetik pun untuk menyaksikan keindahan matahari terbit yang sayang untuk dilewatkan!

 

5. Fasilitas

Fasilitas yang ada di Punthuk Setumbu terbilang cukup lengkap yaitu berupa jalan setapak, lampu penerangan jalan, mushola, toilet umum, warung makan, dan area parkir yang luas.

Baca juga:  Pulau Pari, Destinasi Wisata dengan Suasana Eksotis

Di puncak bukit Punthuk Setumbu kamu akan menemukan pelataran cukup luas yang dikelilingi pagar pembatas. Fasilitas yang ada di sana berupa rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi yang terbuat dari kayu.

Kamu juga diperbolehkan menginap atau camping di kawasan Punthuk Setumbu dengan meminta izin dari pihak pengelola. Kamu bisa mendirikan tenda sendiri di kawasan ini. Selain itu, kamu juga bisa menyewa penginapan yang berbentuk rumah tradisional. Biasanya penginapan seperti ini disewakan oleh warga setempat dengan harga yang relatif murah.

 

6. Objek Wisata di Sekitar Punthuk Setumbu

Selain mengunjungi Punthuk Setimbu, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi objek wisata lainnya. Berikut ini beberapa objek wisata yang letaknya tak jauh dari Punthuk Setumbu:

6.1 Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi Salah Satu View dari Punthuk Setumbu

Candi Borobudur merupakan candi Budha termegah dan terbesar di dunia. Selain itu, candi ini termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Relief-relief yang terukir di setiap dinding candi menyimpan kisah yang dipahat dengan sentuhan seni, agama, arsitektur, dan sejarah sehingga menghasilkan mahakarya yang luar biasa. Mengagumkan bukan? Jadi tak ada salahnya kamu mengunjungi situs bersejarah ini setelah kamu berkunjung ke Punthuk Setumbu

6.2 Gereja Ayam

Gereja Ayam di sekitar Punthuk Setumbu

Rumah Doa Bukit Rhema merupakan salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi setelah berkunjung ke Punthuk Setumbu. Lokasinya yang dekat dengan Punthuk Setumbu yaitu Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah membuat banyak wisatawan yang mampir ke tempat ini juga. Rumah doa ini juga dikenal dengan nama Gereja Ayam meskipun sebenarnya bangunan ini bukan gereja.

Atap Gereja Ayam yang dapat dijadikan spot berfoto

Bentuk bangunannya yang unik seperti ayam memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dulu bangunan ini digunakan sebagai rumah doa, tempat retreat, dan juga sebagai rumah rehabilitasi. Namun, kini bangunan ini sudah tidak ditempati dan menjadi bangunan kosong. Di tempat ini kamu bisa berfoto-foto sambil menikmati keindahan bukit-bukit di yang mengelilingi Gereja Ayam.

6.3 Desa Wisata Klipoh

Kegiatan membuat gerabah di Desa Klipoh merupakan salah satu kegiatan berwisata yang bisa kita nikmati di Yogyakarta

Desa Wisata Klipoh merupakan desa yang memiliki potensi sebagai penghasil gerabah atau perkakas yang terbuat dari tanah liat. Aktivitas pembuatan gerabah dilakukan oleh masing-masing penduduk di rumah mereka. Penduduk di desa ini akan menyambut kamu dengan sangat ramah lho.

Di sini kamu akan melihat proses pembuatan gerabah mulai dari pembentukan gerabah, penjemuran, penghalusan sampai pembakaran gerabah yang pasti akan membuat kamu betah berlama-lama di desa wisata ini. Selain itu, kamu juga bisa secara langsung belajar membuat gerabah dan hasilnya bisa kamu bawa pulang lho.

6.4 Rumah Kamera

Rumah Kamera yang dekat dengan Punthuk Setumbu

Rumah kamera yang jaraknya hanya 3,4 km dari Punthuk Setumbu juga bisa menjadi tempat wisata kamu selanjutnya. Bangunan ini memang berbentuk unik seperti kamera DSRL dengan ukuran yang besar. Rumah ini dibangun oleh seorang pelukis bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Beliau sengaja membangun rumah ini sebagai galeri seni sekaligus tempat untuk mengajar melukis. Jadi kalau kamu berkunjung ke sini, kamu akan menemukan lukisan-lukisan bernilai seni tinggi yang dilukis oleh Pak Tanggol.

 

7. Tips Berkunjung

Bahagia di Punthuk Setumbu merupakan hal yang mudah didapatkan

Buat kamu yang akan berkunjung ke Punthuk Setumbu gak ada salahnya kok kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Lebih baik kamu sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu sebelum jam 5 pagi ya. Semakin cepat kamu sampai di puncak bukit, semakin tinggi peluang kamu mendapatkan tempat strategis untuk menyaksikan sunrise.
  • Jalan setapak yang akan kamu lalui biasanya basah dan licin terkena embun pagi, jadi sebaiknya kamu menggunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung atau sepatu olahraga.
  • Jangan lupa memakai baju hangat atau membawa jaket agar kamu tidak kedinginan.
  • Meskipun sudah ada lampu penerangan di sepanjang jalan menuju puncak bukit Punthuk Setumbu, lebih baik kamu tetap membawa senter atau menggunakan headlamp.
  • Bawalah makanan ringan dan minuman hanagat seperti teh atau kopi menggunakan termos. Pasti sangat nikmat ya karena kamu bisa menunggu matahari terbit sembari minum teh atau kopi hangat di tengah udara yang dingin.

Penasaran dengan keindahan sunrise di puncak bukit Punthuk Setumbu? Yuk ajak keluarga dan teman-teman kamu ke salah satu destinasi wisata terbaik di Kabupaten Magelang ini. Dijamin deh kamu akan  sangat menikmati pesona sunrise dan kemegahan Candi Borobudur.

Eits, kamu ingin melihat lebih banyak lagi destinasi wisata alam yang menarik di Yogyakarta? Yuk kepoin Hutan Pinus Imogiri yang sedang viral untuk dikunjungi.

 

Referensi:

Arunika K. Bukit Punthuk Setumbu, Menyapa Candi dari Bukit Sunyi.[internet] [https://www.maioloo.com/tempat-wisata/jawa-tengah/bukit-punthuk-setumbu/] diakses 3 Feb 2018.

Njogja. Bukit Punthuk Setumbu, Menyaksikan Sunrise Borobudur dari Ketinggian [internet] [https://www.njogja.co.id/sleman/bukit-punthuk-setumbu-menyaksikan-sunrise-borobudur-dari-ketinggian/] diakses pada 31 Januari 2018.

Piknik Asik. Mengejar Keindahan Sunrise di Punthuk Setumbu Magelang [internet] [http://piknikasik.com/mengejar-keindahan-sunrise-di-punthuk-setumbu-magelang] diakses 3 Februari 2018.

Tripadvisor Indonesia. Objek Wisata Sekat Punthuk Setumbu [internet] [https://www.tripadvisor.co.id/AttractionsNear-g297709-d4372535-Punthuk_Setumbu-Magelang_Central_Java_Java.html] diakses pada 5 Februari 2018.

Menikmati Keindahan Sunrise di Punthuk Setumbu
Rating: 4.8 from 130 votes