Menikmati Keindahan Sunrise di Punthuk Setumbu

Diposting pada

Punthuk Setumbu merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh kamu para pemburu sunrise. Di destinasi wisata ini kamu akan menemukan sunrise yang berbeda dari tempat lainnya. Bagaimana tidak? Punthuk Setumbu menawarkan keindahan sunrise dengan landscape Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sekaligus.

Punthuk Setumbu juga disebut Borobudur Nirvana Sunrise karena dari puncak bukit Punthuk Setumbu kamu dapat menyaksikan kemegahan Candi Borobudur ketika matahari terbit. Dijamin deh kamu akan langsung terpesona dalam sekali pandang.

Penasaran dengan destinasi wisata ini? Yuk, simak informasi di bawah ini.

Sunrise di Punthuk Setumbu

Ini info buat kamu:
1. Lokasi

2. Akses menuju Punthuk Setumbu
3. Destinasi wisata di Punthuk Setumbu
4. Waktu terbaik untuk berkunjung
5. Fasilitas
6. Objek Wisata di Sekitar Punthuk Setumbu
7. Tips Berkunjung

 

1.Lokasi

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh, Jawa Tengah. Lebih tepatnya lagi, bukit dengan ketinggian kurang lebih 400 mdpl ini terletak di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM 3, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pada awalnya, Punthuk Setumbu hanyalah sebuah bukit biasa yang digunakan penduduk setempat untuk berladang. Namun, setelah seorang fotografer mengabadikan eksotisme sunrise di tempat ini, orang-orang pun mulai mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahannya. Punthuk Setumbu juga semakin dikenal setelah menjadi lokasi shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2.

 

2. Akses Menuju Punthuk Setumbu

Keindahan alam di wisata alam Punthuk Setumbu

Meskipun terletak di Kabupaten Magelang, lokasi Punthuk Setumbu tidak jauh dari Yogyakarta. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi.

Jika kamu berangkat dari depan Taman Wisata Borobudur kamu hanya perlu menyusuri jalan ke arah Hotel Manohara. Ketika kamu menemukan perempatan, beloklah ke kanan menuju Desa Ngaran II. Sekitar 700 meter kemudian kamu akan menemukan pertigaan dengan petunjuk jalan bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise”, beloklah ke arah kanan. Kamu hanya perlu menyusuri jalan tersebut hingga sampai di area parkir Punthuk Setumbu.

Untuk memasuki area destinasi wisata ini kamu diharuskan membayar biaya retribusi di loket yang buka mulai jam 4 pagi hingga 5 sore. Biaya retribusi yang harus kamu bayar sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara. Jika kamu membawa kendaraan pribadi seperti mobil, kamu juga harus membayar ongkos parkir sebesar Rp 5.000.

Dari area parkir kamu harus rela berjalan kaki atau trekking terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit untuk sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu. Jalan setapak di rute ini berupa jalan makadam dan tanah yang diterangi beberapa lampu jalan. Sebaiknya kamu melakukan trekking sebelum jam 5 pagi agar tidak terlambat menyaksikan sunrise di puncak bukit Punthuk Setumbu.

Rasa lelah selama trekking akan terbayar lunas ketika kamu sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu. Keindahan alam Punthuk Setumbu akan membuat kamu takjub seketika. Meskipun berada di ketinggian, kamu tidak perlu takut berada di sini karena puncak Punthuk Setumbu dikelilingi oleh pagar pembatas yang dijamin aman.

Trekking di pagi hari memang menjadi tantangan sendiri bagi beberapa orang. Jika kamu merasa tidak kuat trekking, kamu masih bisa menikmati keindahan sunrise di gazebo yang terletak tidak jauh dari area parkir.

 

3. Destinasi Wisata di Punthuk Setumbu

3.1 Trekking

Jalan setapak menuju spot berfoto di Punthuk Setumbu

Untuk sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu kamu memang harus trekking selama kurang lebih 15 menit. Udara pagi yang basah, cuaca dingin, dan jalan yang sedikit licin terkena embun pagi memang membuat aktivitas trekking ini cukup menantang.

Bersepeda ke Punthuk Setumbu pun merupakan kegiatan yang menarik

Meskipun melelahkan kamu gak akan nyesel kok. Udara pagi yang sangat bersih akan mengisi paru-parumu dan membuat tubuhmu segar kembali. Pemandangan di sekitar jalan setapak juga akan membuatmu merasakan ketenangan.

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.