Pantai Santolo, Destinasi Wisata Unggulan Garut

Diposting pada

Garut tidak hanya dikenal sebagai kota penghasil Dodol Garut yang lezat, kota ini juga dikenal dengan destinasi wisata alamnya yang indah. Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan dari sekitar tujuh destinasi wisata terkenal di kota ini.

Hamparan pasir putih berpadu dengan gulungan ombak di bibir Pantai Santolo akan membuatmu terpukau ketika pertama kali berjumpa dengan pantai ini.  Suara desiran ombak dan angin yang bertiup sepoi-sepoi dijamin akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Keindahan destinasi wisata ini tak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestic, tetapi juga sudah mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara. Selain terkenal karena keindahan pantainya, Pantai Santolo terkenal karena memilki sebuah keunikan yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lainnya di Indonesia. Di sini kamu juga akan menemukan Muara Cilauteureun dimana air laut akan mengalir menuju muara ini bukan sebaliknya seperti pada umumnya.

Penasaran dengan keindahan dan keunikan Pantai Santolo? Yuk simak informasi di bawah ini!

Senja di Pantai Santolo

Ini Info Buat Kamu:
1. Lokasi
2. Akses
3. Destinasi Wisata di Pantai Santolo
4. Fasilitas Pantai Santolo
5. Penginapan
6. Wisata Kuliner
7. Tips Berkunjung ke Pantai Santolo

 

1. Lokasi

Secara administratif Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Lebih tepatnya lagi, pantai ini berada kurang lebih 88 Km di sebelah selatan Kota Garut. Lokasi pantai berpasir putih ini juga terletak tak jauh dari tempat peluncuran roket Lembaga Penerbangan Antrariksa Nasional (LAPAN).

 

2. Akses

Pesona pantai putih di Santolo

Kondisi jalan menuju Pantai Santolo dapat dikatakan cukup bagus meskipun masih ada beberapa lokasi yang kondisi jalannya bergelombang. Kamu harus selalu waspada dan berhati-hati saat menuju pantai ini karena jalannya berkelok-kelok tajam khas jalan di pegunungan.

Untuk mencapai destinasi wisata yang terletak di daerah Pameungpeuk ini, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3,5 jam dari pusat Kota Garut. Terdapat beberapa pilihan rute yang dapat kamu pilih untuk sampai di Pantai Santolo.

Rute yang paling umum dilalui dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum adalah rute yang melalui jalur Garut. Dari Kota Garut kamu bisa menuju ke arah Cikajang, kemudian kamu akan menemukan persimpangan Cikelet. Beloklah ke kanan dan kamu hanya perlu menyusuri jalan ini untuk menuju Pantai Santolo . Rute ini biasanya juga ditempuh oleh wisatawan dari Kabupaten Tasikmalaya, Jakarta, dan Bandung.

Jika kamu dari Bandung, kamu juga dapat melalui rute dari Ciwidey yang mengarah ke Cisewu. Kemudian kamu harus melalui jalan yang menuju Bungbulang yang akan mengantarkan kamu ke arah Pameungpeuk. Selanjutnya kamu bisa melalui jalur Cikajang untuk sampai di Pantai Santolo. Rute ini memang lebih jauh dan tidak dilalui kendaraan umum, namun melalui rute ini kamu akan disuguhi oleh pemandangan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Destinasi wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional sekitar jam 7 pagi hingga 5 sore. Untuk memasuki kasawan pantai kamu harus membayar biaya retribusi sebesar RP 5.000 per orang. Jika kamu membawa kendaraan pribadi kamu harus membayar ongkos parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Ongkos parkir ini relatif berubah-ubah dan cenderung lebih mahal saat musim liburan.

 

3. Destinasi Wisata di Pantai Santolo

3.1 Pulau Santolo

Lembayung sunset di Pantai Santolo

Pulau Santolo merupakan sebuah pulau kecil yang terletak dekat dengan Pantai Santolo. Pulau ini hanya dipisahkan oleh sungai kecil dan sebuah jembatan gantung yang kondisinya sekarang sudah rusak. Kamu dapat menggunakan jasa perahu untuk sampai di Pulau Santolo. Jasa perahu yang ditawarkan oleh warga setempat relatif murah yaitu sebesar Rp 2.000 untuk sekali jalan. Di Pulau Santolo ini kamu dapat berfoto atau sekedar mengelilingi pulau. Kamu juga dapat menemukan sebuah pintu air yang dibangun pada zaman Pemerintahan Belanda.

Pantai Sayang Heulang di Santolo Garut

Di salah satu sisi Pulau Santolo kamu dapat menemukan Pantai Sayang Heulang. Pantai ini akan membuatmu terpukau dengan keindahan bentang karang yang menjorok ke laut di sepanjang garis pantai. Pada saat surut, kamu dapat berjalan di sepanjang bentang karang dan menemukan ikan-ikan kecil yang terjebak di antara karang.

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.