Salah satu tempat wisata paling hits di Yogyakarta adalah Hutan Pinus Imogiri. Seperti namanya, hutan ini didominasi oleh tegakan Pinus merkusii. Hutan dengan luas 500 hektare ini juga ditumbuhi jenis pohon lain seperti akasia, kayu putih, mahoni, dan beberapa pohon perdu.

Hutan pinus Imogiri terkenal sebagai salah satu lokasi hunting foto yang terbaik di Yogyakarta. Melalui jepretan-jepretan kamera kamu akan mendapatkan foto-foto yang  keren dengan latar belakang tegakan pinus yang menjulang tinggi.

Tak hanya menyuguhkan paronama keindahan alam yang memukau, destinasi wisata ini juga akan memberikan ketenangan jiwa bagi para wisatawan yang berkunjung. Bagaimana tidak? Suasana destinasi wisata ini memang tenang karena jauh dari keramaian kota. Lingkungan yang terjaga serta hawa sejuk yang di sekitar kawasan ini akan menambah kesan menenangkan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Suasana Sepi di Hutan Mangunan Yogyakarta

Ini Info Buat Kamu:
1. Lokasi
2. Akses
3. Destinasi Wisata Hutan Pinus Imogiri
4. Fasilitas
5. Penginapan
6. Objek Wisata di Sekitar Hutan Pinus Imogiri
7. Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri
8. Foto-Foto Hutan Pinus Imogiri

 

1. Lokasi

Hutan Pinus Imogiri terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan pinus ini sebenarnya terletak di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan dan tidak masuk ke dalam wilayah administrasi Imogiri. Lokasi hutan pinus yang searah dengan situs makam Raja-raja Imogiri inilah yang membuat banyak wisatawan dari luar Yogyakarta menyebut hutan ini dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri.

Hutan pinus yang terletak 25 km di selatan Kota Yogyakarta ini sebelumnya hanyalah tanah tandus dan gersang karena adanya eksploitasi kayu pinus secara besar beberapa puluh tahun yang lalu. Pada akhirnya pemerintah sepakat untuk melakukan reboisasi di kawasan ini. Reboisasi dilakukan dengan menanam Pinus merkusii sebagi tanaman pokok. Selain pinus, di lokasi ini juga ditanami akasia, mahoni, kemiri dan kayu putih.

 

2. Akses

Jika kamu ingin berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melewati kawasan ini. Dari Yogyakarta, kamu bisa mengambil jalan ke arah Terminal Yogyakarta. Setelah itu kamu harus menyusuri Jalan Imogiri Timur. Sesampainya di pertigaan Imogiri beloklah ke arah Makam Raja-raja Imogiri. Ketika kamu bertemu pertigaan selanjutnya beloklah ke arah Mangunan. Kamu hanya perlu menyusuri jalan tersebut hingga sampai ke lokasi Hutan Pinus Imogiri.

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk ke lokasi wisata ini, namun kamu harus tetap membayar ongkos parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus. Dari area parkir kamu hanya perlu berjalan kaki menuju pintu gerbang Hutan Pinus Imogiri.

Sebelum memasuki kawasan hutan pinus, kamu bisa berfoto di pintu gerbang ini. Ya, karena di gerbang masuk ini kamu akan menemukan taman kecil yang ditumbuhi berbagai jenis  bunga-bunga indah.

Perjalanan melelahkan untuk sampai ke Hutan Pinus Imogiri akan terbayar tuntas begitu kamu sampai di lokasi ini. Bagaimana tidak? Kedatangan kamu akan disambut dengan hijaunya tegakan pinus yang menyejukkan mata serta udara yang sangat segar.

 

3. Destinasi Wisata Hutan Pinus Imogiri

3.1 Hunting foto

Jalan Kayu di Hutan Pinus Mangunan

Destinasi wisata yang satu ini memang terkenal sebagai lokasi untuk hunting foto. Deretan tegakan pohon pinus yang tertata rapi dan rimbun memang cocok menjadi lokasi untuk mendapatkan foto-foto keren.

Sudah banyak pasangan muda yang melangsungkan foto pre wedding mereka di Hutan Pinus Imogiri. Mungkin karena pohon pinus juga dikenal sebagai lambang cinta. Batang pohon pinus yang berdiri tegak lurus melambangkan cinta yang tulus. Daun pinus yang selalu hijau melambangkan cinta yang tak pernah berakhir. Romantis ya?

Foto Pre Wedding di Teater Musik Hutan Pinus Imogiri

Namun untuk melangsungkan foto pre wedding di lokasi ini, kamu perlu mendapatkan izin dari pihak pengelola dan membayar sewa lokasi minimal sebesar Rp 50.000. Tak hanya foto pre wedding yang dikenai biaya, jika kamu ingin membuat video klip atau iklan kamu juga diharuskan mengeluarkan biaya minimal Rp 50.000.

Kamu juga bisa berfoto di gerdu pandang setinggi 10 hingga 12 meter. Gerdu pandang ini memiliki dua tingkat dengan tingkat pertama mampu menampung maksimal 3 orang, sedangkan tingkat kedua hanya mampu menampung 2 orang. Tapi jangan terlalu asik foto di gerdu pandang ini ya karena pasti banyak wisatawan lain yang ingin berfoto di gerdu tersebut. Biasanya kamu hanya diberi waktu kurang dari 10 menit untuk berfoto di gerdu pandang ini.

Buat kamu yang tidak memiliki keberanian berfoto di gerdu pandang karena takut ketinggian dan angin kencang, kamu masih bisa berfoto di lokasi lain yang tak kalah keren kok. Destinasi wisata Hutan Pinus Imogiri ini menyediakan bangku-bangku, hemmock, dan ayunan dengan desain yang keren untuk berfoto.

3.2 Picnic Party

Seorang Perempuan di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Imogiri sangat cocok untuk dijadikan lokasi piknik lho. Kamu hanya perlu membawa tikar, keranjang yang berisi makanan dan minuman. Sambil menikmati bekal yang kamu bawa kamu bisa menikmati keindahan alami hutan pinus ini. Piknik kamu juga akan lebih seru jika kamu membawa gitar untuk menemani kamu bersenandung ria dengan teman-teman dan keluargamu. Dijamin deh piknik kamu di sini akan sangat mengasyikkan.

3.3 Sumber mata air

Di Hutan Pinus Imogiri juga terdapat sumber air yang juga dikenal dengan nama Sumber Mata Air Bengkung. Menurut warga sekitar, sumber mata air ini dipercaya sebagi lokasi petapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma, salah satu pemimpin Kerajaan Mataram. Sumber Mata Air Bengkung ini dibangun oleh pemerintah Belanda sekitar tahun 1925-1930.

Jika kamu ingin menuju lokasi ini kamu perlu berjalan kaki mengikuti jalur outbond Watu Abang dan menembus hutan yang rapat. Jalan kaki menembus hutan pinus yang rimbun akan menawarkan sensasi petualangan tersendiri lho. Tapi buat kamu yang gak suka jalan kaki, kamu juga bisa naik motor atau sepeda melewati jalur melingkar yang lebih jauh jaraknya.

3.4 Bersepeda

bersepeda

Bagi kamu pecinta sepeda gunung, Hutan Pinus Imogiri juga bisa menjadi salah satu lokasi untuk menyaluran hobi bersepeda kamu lho. Track yang mendaki dan berliku-liku pasti akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu.

 

4. Fasilitas

Hutan Pinus Imogiri ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Fasilitas yang ada di tempat ini berupa mushola, kamar mandi umum, warung-warung sederhana, gardu pandang, outbond, area parkir yang luas, gubuk untuk beristirahat, camping ground, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Surga Nyata Bawah Laut Wakatobi

Panggung pertunjukan di Hutan Pinus Imogiri sempat menjadi perbincangan di media sosial lho. Foto panggung pertunjukan dengan konsep alam ini pernah menjadi salah satu trending topic di 9GAG.com. Bagimana tidak? Konsep panggung alam dengan kursi kayu yang berjajar rapi dan bertingkat ini memang terkesan unik. Foto tersebut telah mendapat lebih dari 1.927 komentar dan lebih dari 6.884 point dari orang-orang yang takjub dengan desain panggung ini.

Pada foto tersebut tertulis “What band/singer would be suitable to have a concert there?”. Pertanyaan tersebut tentunya mendapatkan jawaban-jawaban unik dari para pembaca 9GAG.com. Beberapa komentar menyebutkan nama Green Day, Linkin Park dan lain sebagainya.

Sayangnya postingan tersebut tidak mencantumkan lokasi Hutan Pinus Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Padahal jika saja dicantumkan, maka hal tersebut akan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mempromosikan pesona wisata alamnya di media sosial 9GAG.com.

 

5. Penginapan

Di destinasi wisata ini belum ada tempat penginapan yang dapat kamu sewa. Rumah pnduduk pun letaknya jauh dari lokasi destinasi wisata ini. Namun masih tersedia cara lain apabila kamu benar-benar ingin menginap di Hutan Pinus Imogiri ini. Kamu bisa menginap di area camping ground yang ada di dalam lokasi Hutan Pinus Imogiri.

Kamu hanya perlu mendirikan tenda dan membayar biaya sebesar Rp 20.000 per orang. Selain itu, kamu juga harus membayar ongkos parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor. Bagi kamu yang membawa kendaraan lainnya, kamu harus membayar ongkos parkir dua kali lipat dari harga biasanya.

Jangan lupa untuk membawa alat penerangan ya karena di lokasi destinasi wisata ini belum ada penerangan yang memadahi.

Meskipun fasilitas yang tersedia terbatas untuk kamu yang akan menginap di destinasi wisata ini, kamu tidak akan menyesal menginap di sini. Ya, karena esok harinya kamu dapat menikmati keindahan sunrise yang memukau di Hutan Pinus Imogiri.

 

6. Objek Wisata di Sekitar Hutan Pinus Imogiri

Selain mengunjungi Hutan Pinus Imogiri, kamu juga bisa sekaligus berkunjung ke tempat wisata lainnya yang terletak tak jauh dari destinasi wisata ini.

6.1 Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan yang terletak pada ketinggian 150-200 mdpl akan menyajikan deretan pohon buah-buahan yang tertata apik. Tak hanya pohon-pohon buahnya saja yang menjadi daya tarik destinasi wisata ini, keindahan di puncak bukit kebun buah ini akan membuatmu terpesona. Di atas bukit ini kamu bisa menyaksikan hamparan lembah dan Sungai Oyo yang meliuk-liuk menciptakan pemandangan yang mempesona.

6.2 Puncak Becici

Sama halnya dengan Hutan Pinus Imogiri, Puncak Becici juga akan menyuguhkan pemandangan tegakan Pinus merkusii yang tak kalah indah. Di destinasi wisata ini kamu dapat naik ke gardu pandang dan menyaksikan kegagahan Gunung Merapi dan pengunungan di sekitarnya.

6.3 Air Terjun Lepo

Usai mengunjungi Hutan Pinus Imogiri, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun lepo untuk bermain air. Air yang mengalir di air terjun ini mengalir ke kolam-kolam alami yang bertingkat-tingkat. Kamu bisa berenang dan bermain air di kolam alami itu lho.

6.4 Jembatan Gantung Siluk

Jembatan yang membentang di atas aliran Sungai Oya ini berwarna kuning terang sehingga terlihat begitu mencolok. Jembatan gantung ini bisa menjadi salah satu lokasi hunting foto yang tak kalah menakjubkan dari Hutan Pinus Imogiri lho.

 

7. Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri

Buat kamu yang akan berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri sebaiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini ya:

  • Kalau kamu merokok sebagiknya berhati-hati saat membuang puntung rokok dan batang korek apinya ya. Jika kamu membuangnya di tempat yang salah bisa memicu kebakaran lho karena sifat serasah pinus sangat mudah terbakar. Namun alangkah lebih baiknya jika kamu tidak merokok di kawasan wisata ini.
  • Lebih baik kamu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena angkot atau kendaraan umum tidak melewati destinasi wisata ini.
  • Jangan buang sampah sembarangan ya agar keindahan hutan pinus ini tetap terjaga.
  • Hati-hati saat berkendara menuju lokasi wisata ini karena sekitar 8 km sebelum sampai di lokasi ini kamu harus melalui jalan yang sempit, menanjak, dan berliku liku.
  • Sebaiknya kamu sampai ke destinasi wisata ini pukul 7 sampai 9 pagi karena pada waktu ini sinar matahari bersinar dari arah samping menelusup lewat cela-cela tajuk pinus dan membuat garis berwarna keemasan yang menawan. Dijamin deh kamu akan mendapatkan moment foto yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika kamu datang ke destinasi ini pada musim kemarau, kamu akan menemukan kabut tipis yang akan menghadikan kesan romantic.
  • Jangan lupa membawa kamera ya.

 

8. Foto-Foto Hutan Pinus Imogiri

Kabut di dalam Hutan Imogiri

Kabut di dalam Hutan Imogiri

 

Jembatan kayu yang menjadi spot foto

Jembatan kayu yang menjadi spot berfoto

 

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Imogiri juga dikenal dengan nama Hutan Pinus Mangunan

 

Foto Pre Wedding di Keheningan Malam

Foto Pre Wedding di Keheningan Malam

 

Bersantai di Hutan Pinus dengan Menggunakan Hammock

Bersantai di Hutan Pinus dengan Menggunakan Hammock

 

Berfoto pada malam hari di Hutan Pinus Imogiri

Berkunjung pada malam hari pun bukan merupakan pilihan yang buruk. Kamu bisa mendapatkan latar pemandangan gemerlapnya cahaya.

 

Teater Musik di Hutan Pinus Imogiri

Teater Musik di Hutan Pinus Imogiri

 

Rumah Hobbit di Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta

Rumah Hobbit di Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta

 

Tertarik dengan keindahan Hutan Pinus Imogiri? Sudah tak sabar ingin hunting foto di destinasi wisata ini? Yuk ajak teman dan keluarga kamu liburan di Hutan Pinus Imogiri.

 

Referensi:

Agus K. 2017. 10 Gambar Hutan Pinus Imogiri Mangunan Bantul Jogja, Harga Tiket Masuk + Rute Jalan Menuju Lokasi Alamat Wisata Dlingo Yogyakarta [internet] [https://www.jejakpiknik.com/hutan-pinus-imogiri/] diakses 26 Januari 2018.

Abda I F. Hutan Pinus Mangunan, Kidung Sunyi Pinus merkusii [internet] [https://www.maioloo.com/tempat-wisata/yogyakarta-jogja/hutan-pinus-mangunan/] diakses 27 Januari 2018.

National Geographic Indonesia.2016. Bartandang ke Wisata hutan Pinus Yogyakarta [internet] [http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/01/bertandang-ke-wisata-hutan-pinus-yogyakarta] diakses 21 Januari 2018.

Tracy M.2016. Hutan Pinus Imogiri: Hutan Instagenic di Bantul, Yogyakarta [internet] [https://www.pegipegi.com/travel/hutan-pinus-imogiri-hutan-instagenic-di-bantul-yogyakarta/] diakses 26 Januari 2018.

Hutan Pinus Imogiri, Lokasi Hunting Foto Terbaik di Yogyakarta
Rating: 4.7 from 147 votes