Hutan Pinus Imogiri, Lokasi Hunting Foto Terbaik di Yogyakarta

Diposting pada

Salah satu tempat wisata paling hits di Yogyakarta adalah Hutan Pinus Imogiri. Seperti namanya, hutan ini didominasi oleh tegakan Pinus merkusii. Hutan dengan luas 500 hektare ini juga ditumbuhi jenis pohon lain seperti akasia, kayu putih, mahoni, dan beberapa pohon perdu.

Hutan pinus Imogiri terkenal sebagai salah satu lokasi hunting foto yang terbaik di Yogyakarta. Melalui jepretan-jepretan kamera kamu akan mendapatkan foto-foto yang  keren dengan latar belakang tegakan pinus yang menjulang tinggi.

Tak hanya menyuguhkan paronama keindahan alam yang memukau, destinasi wisata ini juga akan memberikan ketenangan jiwa bagi para wisatawan yang berkunjung. Bagaimana tidak? Suasana destinasi wisata ini memang tenang karena jauh dari keramaian kota. Lingkungan yang terjaga serta hawa sejuk yang di sekitar kawasan ini akan menambah kesan menenangkan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Suasana Sepi di Hutan Mangunan Yogyakarta

Ini Info Buat Kamu:
1. Lokasi
2. Akses
3. Destinasi Wisata Hutan Pinus Imogiri
4. Fasilitas
5. Penginapan
6. Objek Wisata di Sekitar Hutan Pinus Imogiri
7. Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri
8. Foto-Foto Hutan Pinus Imogiri

 

1. Lokasi

Hutan Pinus Imogiri terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan pinus ini sebenarnya terletak di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan dan tidak masuk ke dalam wilayah administrasi Imogiri. Lokasi hutan pinus yang searah dengan situs makam Raja-raja Imogiri inilah yang membuat banyak wisatawan dari luar Yogyakarta menyebut hutan ini dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri.

Hutan pinus yang terletak 25 km di selatan Kota Yogyakarta ini sebelumnya hanyalah tanah tandus dan gersang karena adanya eksploitasi kayu pinus secara besar beberapa puluh tahun yang lalu. Pada akhirnya pemerintah sepakat untuk melakukan reboisasi di kawasan ini. Reboisasi dilakukan dengan menanam Pinus merkusii sebagi tanaman pokok. Selain pinus, di lokasi ini juga ditanami akasia, mahoni, kemiri dan kayu putih.

 

2. Akses

Jika kamu ingin berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melewati kawasan ini. Dari Yogyakarta, kamu bisa mengambil jalan ke arah Terminal Yogyakarta. Setelah itu kamu harus menyusuri Jalan Imogiri Timur. Sesampainya di pertigaan Imogiri beloklah ke arah Makam Raja-raja Imogiri. Ketika kamu bertemu pertigaan selanjutnya beloklah ke arah Mangunan. Kamu hanya perlu menyusuri jalan tersebut hingga sampai ke lokasi Hutan Pinus Imogiri.

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk ke lokasi wisata ini, namun kamu harus tetap membayar ongkos parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus. Dari area parkir kamu hanya perlu berjalan kaki menuju pintu gerbang Hutan Pinus Imogiri.

Sebelum memasuki kawasan hutan pinus, kamu bisa berfoto di pintu gerbang ini. Ya, karena di gerbang masuk ini kamu akan menemukan taman kecil yang ditumbuhi berbagai jenis  bunga-bunga indah.

Perjalanan melelahkan untuk sampai ke Hutan Pinus Imogiri akan terbayar tuntas begitu kamu sampai di lokasi ini. Bagaimana tidak? Kedatangan kamu akan disambut dengan hijaunya tegakan pinus yang menyejukkan mata serta udara yang sangat segar.

 

3. Destinasi Wisata Hutan Pinus Imogiri

3.1 Hunting foto

Jalan Kayu di Hutan Pinus Mangunan

Destinasi wisata yang satu ini memang terkenal sebagai lokasi untuk hunting foto. Deretan tegakan pohon pinus yang tertata rapi dan rimbun memang cocok menjadi lokasi untuk mendapatkan foto-foto keren.

Sudah banyak pasangan muda yang melangsungkan foto pre wedding mereka di Hutan Pinus Imogiri. Mungkin karena pohon pinus juga dikenal sebagai lambang cinta. Batang pohon pinus yang berdiri tegak lurus melambangkan cinta yang tulus. Daun pinus yang selalu hijau melambangkan cinta yang tak pernah berakhir. Romantis ya?

Foto Pre Wedding di Teater Musik Hutan Pinus Imogiri

Namun untuk melangsungkan foto pre wedding di lokasi ini, kamu perlu mendapatkan izin dari pihak pengelola dan membayar sewa lokasi minimal sebesar Rp 50.000. Tak hanya foto pre wedding yang dikenai biaya, jika kamu ingin membuat video klip atau iklan kamu juga diharuskan mengeluarkan biaya minimal Rp 50.000.

Kamu juga bisa berfoto di gerdu pandang setinggi 10 hingga 12 meter. Gerdu pandang ini memiliki dua tingkat dengan tingkat pertama mampu menampung maksimal 3 orang, sedangkan tingkat kedua hanya mampu menampung 2 orang. Tapi jangan terlalu asik foto di gerdu pandang ini ya karena pasti banyak wisatawan lain yang ingin berfoto di gerdu tersebut. Biasanya kamu hanya diberi waktu kurang dari 10 menit untuk berfoto di gerdu pandang ini.

Buat kamu yang tidak memiliki keberanian berfoto di gerdu pandang karena takut ketinggian dan angin kencang, kamu masih bisa berfoto di lokasi lain yang tak kalah keren kok. Destinasi wisata Hutan Pinus Imogiri ini menyediakan bangku-bangku, hemmock, dan ayunan dengan desain yang keren untuk berfoto.

Hutan Pinus Imogiri, Lokasi Hunting Foto Terbaik di Yogyakarta
Rating: 4.7 from 147 vote[s]

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.