Pulau Tidung merupakan salah satu wilayah dari gugusan Kepulauan Seribu, lebih tepatnya pulau ini berada di Kepulauan Seribu Selatan. Pulau ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil yang sangat cocok menjadi destinasi wisata.

Luas wilayah Pulau Tidung mencapai 100-an hektare. Kedua wilayah ini terhubung menggunakan jembatan yang dinamai warga sekitar sebagai jembatan cinta. Jembatan ini di bangun pada sekitar tahun 1971.

Pulau Tidung Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah alami yang jarang ditemukan di Jakarta. Pantainya yang indah serta jaraknya yang tidak terlalu jauh membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata warga Jakarta dan sekitarnya.

Setiap tahun wisatawan yang berlibur ke pulau ini terus meningkat. Semuanya ditunjang dengan promosi untuk mengangkat pariwisata di daerah ini. Perkembangan sektor pariwisata yang salah satunya mengembangkan fasiltas-fasilitas penunjang wisatawan membawa perkembangan ekonomi yang lebih baik bagi warga sekitar.

Berlibur ke Pulau Tidung

 

Lokasi Pulau Tidung

Pulau Tidung ini sebenarnya adalah nama dari salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pulau Tidung mengacu pada dua nama pulau yang ada di sana, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Sampai sekarang ke dua pulau ini menjadi berkembang ke arah pulau destinasi wisata bahari dan seringkali dijadikan sebagai lokasi penelitian ekosistem pantai dan laut.

 

Akses

Dermaga di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Untuk menuju ke pulau yang indah ini, ada beberapa akses yang dapat anda coba. Berikut selengkapnya yah.

1. Dari Dermaga Muara Angke

Pada pukul 07.00 WIB pastikan anda sudah berada di Dermaga Muara Angke karena kapal tersebut akan berangkat ke Pulau Tidung pada pukul 07.00 WIB. Untuk biaya penyebrangan menggunakan kapal tersebut terbilang sangat murah karena perorangnya hanya dikenakan tarif 35.000 IDR saja dan untuk waktu penyebrangannya akan memakan waktu kurang lebih adalah 3 jam perjalanan.

2. Dari Dermaga Kali Adem

Jika melihat di sekitar Muara Angke maka akan melihat Dermaga Kali Adem, dermaga tersebut tidak jauh dan hanya beberapa meter saja dari dermaga Muara Angke. Di Dermaga Kali Angke terdapat sebuah kapal yang juga melayani perjalanan menuju Pulau Tidung, nama kapal tersebut adalah KM Kerapu. Biaya menaiki kapal ini adalah sekitar 32.000 IDR saja dengan keberangkatan sama seperti dari Dermaga Muara Angke, tetapi kalau di dermaga ini anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada pukul 06.00 WIB, jadi untuk yang ingin melakukan perjalanan melalui dermaga kali adem ini wajib sampai kurang lebih pukul 05.00 WIB agar tidak terlambat, dan untuk waktu penyeberangannya hanya mamakan waktu 2 jam saja.

3. Melalui Ancol

Alternatif akses yang bisa anda coba apabila anda ingin cepat sampai di lokasi tujuan anda bisa mengakses jalur dari ancol karena jika melakukan perjalanan dari ancol hanya akan memakan waktu 1 jam saja.

Rute wisata dari ancol ini menyediakan kapal dengan jenis speedboat dan wajar saja jika sampainya lebih cepat. Namun yang harus anda ketahui adalah biaya yang dikenakan menggunakan kapal speedboat ini cukup terbilang mahal, lebih tepatnya biayanya adalah sekitar 250.000 IDR.

Untuk kembali ke Jakarta, anda dapat ke dermaga di Pulau Tidung pada pukul 07.00 WIB, 10.00 WIB, atau 14.00 WIB karena pada waktu tersebut adalah jadwal keberangkatan menuju ke Jakarta. Namun apabila anda ingin menggunakan speedboat silakan telfon kembali jasa penyedia speedboat-nya agar dapat menjemput anda di Pulau Tidung.

 

Destinasi Wisata di Pulau Tidung

Liburan ke Pulau Tidung

1. Pulau Tidung Besar

Destinasi wisata alam pertama yang ada di Pulau Tidung, pastinya adalah Pulau Tidung Besar. Keindahan alam di sini sangat terawat dan pastinya akan sangat memanjakan mata anda yang berkunjung ke sini. Pasir pantai yang indah dan air di lautan yang jernih akan membuat liburan ini menjadi liburan yang dirindukan.

2. Pulau Tidung Kecil

Selanjutnya ada Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Kecil berbeda dengan tetangganya, di pulau ini tidak dimukim oleh masyarakat. Di pulau ini terdapat kawasan khusus untuk budidaya mangrove yang bertujuan untuk menyeimbangkan keseimbangan alam di ekosistem pantai. Hutan mangrove ini sangat bermanfaat dalam mencegah abrasi dan menjaga keberlangsungan Pulau Tidung Kecil.

3. Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan Cinta di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Jembatan cinta ini memang harus anda kunjungi apabila anda berlibur ke pulau menawan ini. Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 2 meter dari permukaan air laut dengan panjangnya sekitar 800 m. Jembatan cinta ini disebut demikian karena jembatan ini menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

4. Spot Snorkeling Pulau Tidung

Air laut yang jernih menjadi daya tarik utama untuk melakukan kegiatan snorkeling

Kegiatan liburan snorkeling di Pulau Tidung ini jangan sampai terlewat yah. Anda harus mencoba menjelajah lautan pulau ini dengan ber-snorkeling ria bersama orang-orang yang anda cintai. Banyak spot-spot tempat di sini untuk melakukan snorkeling yang tentunya sangat memukau karena terumbu karang yang indah dan ikan-ikan kecil yang masih banyak berkeliaran. Apabila anda memilih agen travel yang tepat tentunya anda juga dapat berfoto ria di dalam air bersama keindahan bawah laut Pulau Tidung.

5. Diving Pulau Tidung

Selain snorkeling, kegiatan diving juga dapat anda lakukan di sini. Eksotisme bawah laut pulau ini pastinya akan sangat menyenangkan apabila kita bisa menjelajahinya. Berbeda dengan ber-snorkeling, dengan ber-diving kita bisa menyelami lebih dalam laut di Pulau Tidung.

6. Permainan Seru Pulau Tidung

Bagi anda yang ingin menggunakan wahana-wahana khas liburan di laut, tenang saja di sini juga tersedia fasilitas tersebut. Anda dapat menggunakan Sofa Boat, Cano, Banana Boat, serta Donat Boat untuk bersenang-senang, namun jangan lupa untuk selalu mengenakan pelampung yah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Bersepeda di Pulau Tidung

Bersantai sambil berolahraga? Tentunya pasti bisa anda lakukan di pulau ini. Anda dapat bersepeda mengelilingi pulau dan menikmati panorama yang indah di sini. Bersepedalah pada saat pagi atau sore hari agar suasana saat bersepeda sangat pas.

8. Menangkap Ikan di Pulau Tidung

Nah bagi anda yang hobi memancing, di sini juga tersedia fasilitas untuk anda. Anda dapat memancing di pantai atau anda dapat menyewa kapal untuk memancing agak ke tengah lautan.

9. Kuburan Sakral di Pulau Tidung

Nah ada juga destinasi wisata yang cukup mengerikan di Pulau Tidung, yaitu kuburan sakral. Menurut cerita di makam tersebut disemayamkan seorang panglima besar dan banyak pula orang-orang yang berziarah ke sana.

 

Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

1. Penginapan Citra

Salah satu penginapan yang dapat anda gunakan kala berlibur ke pulau impian anda ini adalah Penginapan Citra. Penginapan ini terletak di Jalan Pendidikan nomor 19.

2. Nasykev Homestay

Penginapan yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Nasykev Homestay. Fasilitas yang ada pasti akan sangat cocok untuk anda.

3. Blue Homestay

Penginapan selanjutnya adalah Blue Homestay, fasilitas di homestay ini cukup lengkap dan lokasinya cukup dekat Pelabuhan Pulau Tidung. Homestay ini dapat diakses dengan berjalan kaki dari Pelabuhan Tidung dan hanya memakan waktu 5 menit saja untuk sampai di sini.

4. Mechin Homestay

Mechin Homestay merupakan salah satu homestay yang dapat anda sewa. Penginapan ini sangat cocok untuk anda yang pergi berlibur ke pulau ini secara berkelompok.

5. Charlie Homestay

Ingin menginap dengan nyaman sekaligus melihat pemandangan langsung ke arah laut? Homestay ini dapat menjadi tempat yang cocok untuk itu. Lokasi homestay ini berada di Jalan Selatan.

Itulah beberapa penginapan yang bisa anda kunjungi untuk menginap di Pulau Tidung. Gunakan aplikasi untuk berlibur seperti traveloka, mister aladin, atau airy room agar dapat menunjang kegiatan mencari penginapan di liburan anda.

 

Wisata Kuliner

Berwisata Kuliner

1. Kerupuk Cue

Kerupuk Cue adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan daging ikan segar. Makanan ini mirip dengan empek-empek yang khas dari Palembang karena itu juga makanan ini seringkali dikenal dengan nama empek-empek Pulau Tidung.

2. Kerupuk Ikan

Hampir mirip dengan kerupuk cue, kerupuk ikan ini dibuat dengan cara mencampurkan tepung sagu dengan daging ikan segar. Hal yang membedakannya adalah dari tingkat kerenyahannya, kerupuk ikan lebih renyah daripada kerupuk cue.

3. Kerupuk Sukun

Masih tentang kerupuk, kerupuk sukun merupakan salah satu jenis kerupuk yang dapat kita temui di pulau ini. Seperti namanya, kerupuk ini menggunakan bahan dasar dari buah sukun. Kerupuk ini dibuat oleh industri-industri rumah tangga yang ada di pulau ini.

4. Blibir Manggis

Makanan ini dibuat dari ketan, air gula, dan kelapa. Rasa makanan ini manis dan sangat kaya akan citarasa, namun jangan salah yah seperti yang telah dibicarakan sebelumnya bahan dasar dari blibir manggis ini bukan dari buah manggis, jadi itu hanya namanya saja.

5. Manisan rumput laut

Makanan ini banyak terdapat di Kepulauan Seribu dan seringkali menjadi primadona untuk menjadi oleh-oleh para wisatawan.

6. Dodol rumput laut

Makanan ini tentunya memiliki rasa yang manis dan sensasi legit khas dodol. Anda wajib mencoba dodol ini apabila anda berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Baca juga:  Pantai Carita, Pantai Penuh Cerita di Hati Para Wisatawan

 

Objek Wisata di Sekitar Pulau Tidung

1. Pantai Saung Perawan

Pantai Saung Perawan

Pantai Saung Perawan menjadi salah satu objek wisata yang sangat sayang sekali apabila anda lewatkan. Banyak pohon rindang di pantai ini yang membuat udara menjadi sejuk. Di sini juga banyak tersedia warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman yang dapat dinikmati sambil menikmati keindahan Pulau Tidung.

2. Pulau Payung

Berkemah di Sekitar Pulau Tidung

Pulau Payung merupakan salah satu pulau yang menjadi tujuan wisata di dekat Pulau Tidung. Sebagian travel agen juga ada yang menawarkan paket wisata untuk berlibur sekaligus berkemah di pulau ini. Tempat ini sangat nyaman untuk mengadakan kegiatan outdoor seperti berkemah dan membuat api unggun.

3. Pantai Cemara Kasih

Pantai Cemara Kasih

Pantai Cemara Kasih merupakan spot wisata yang tidak bisa anda lewatkan. Di sini anda dapat nikmati panorama lansekap lautan dengan duduk di atas ayunan. Di sini juga ada warung-warung jajanan yang dapat jadikan tempat beristirahat.

4. Taman Nasional Bawah Laut

Destinasi wisata di sekitar Pulau Tidung berikutnya adalah Taman Nasional Bawah Laut. Aktivitas seperti snorkeling dan juga diving nantinya bisa menjadi pilihan anda untuk mengisi waktu luang di lokasi ini. Keindahan alam bawah laut di sekitar Pulau Tidung ini memang sangat indah dan sudah terbukti dapat memanjakan mata siapapun yang berkunjung ke pulau ini. Kekayaan biota laut yang ada dan juga air laut yang sangat jernih tentu saja membuat aktivitas seperti snorkeling dan diving menjadi lebih memuaskan.

5. Pulau Semak Daun

Tidak jauh dari Pulau Tidung terdapat Pulau Semak Daun. Pulau Semak Daun ini terdapat camping ground di mana kita dapat mendirikan tenda. Anda jangan khawatir apabila tidak membawa perlengkapan berkemah ke sini karena di sini banyak tersedia peralatan camping yang dapat anda sewa.

6. Penangkaran Penyu Sisik

Penangkaran penyu sisik ini menjadi salah satu alternatif lokasi wisata. Di sini anda dapat melihat penyu sisik yang imut yang sedang dalam penangkaran.

7. Makam Raja Pandhita

Makam Raja Pandhita merupakan objek wisata sejarah di sekitar Pulau Tidung.  Konon dahulu Pulau Tidung adalah tempat pengasingan orang-oarang yang membangkang penjajah dari Belanda. Raja Pandhita adalah salah satu raja yang diasingkan Belanda di pulau ini.

 

Tips Liburan

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips berlibur ke Pulau Tidung yang pastinya anda butuhkan.

1. Akomodasi

Untuk berwisata ke Pulau Tidung, anda harus sampai di dermaga Muara Angke. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesana, anda harus membayar biaya parkir sebesar 20.000 IDR/motor. Setelah memasuki dermaga langsung tanyakan ke petugas dermaga di mana letak loket pembelian tiket.

Harga tiket menuju Pulau Tidung seharga 45.000 IDR, jadi total tiket pergi-pulang sebesar 90.000 IDR saja, jangan lupa juga tanyakan jam keberangkatan dari Pulau Tidung menuju Jakarta agar anda tidak tertinggal kapal.

2. Waktu Perjalanan

Lama perjalanan dari Jakarta ke Pulau Tidung menggunakan kapal KM Kerapu ditempuh selama kurang lebih 1,5 hingga 2 jam. Namun jika anda menggunakan kapal cepat dari Marina Ancol, lama perjalanan kurang lebih 1 jam saja.

3. Penginapan

Banyak sekali penginapan berupa hotel dan homestay di sana. Harga sewanya sekitar 300.000 – 400.000 IDR per malam. Satu kamar umumnya bisa digunakan untuk 4-8 orang. Yang terpenting, anda bisa nego tarif per malamnya.

4. Camping di Tidung Kecil

Untuk mendapatkan feel petualangan yang lebih seru, anda bisa memilih camping bersama keluarga atau teman-teman. Sebelumnya, anda harus lapor terlebih dahulu di balai konservasi laut dan membayar retribusi sebesar 15.000 IDR.

Lokasi camp pun berada persis dibelakang gedung balai konservasi laut tersebut. Sesampainya di dermaga, langsung menyeberang menuju Jembatan Cinta selama kurang lebih 15 menit untuk menyeberang ke Tidung Kecil yang merupakan kawasan konservasi alam, lalu segera mendirikan tenda yang sudah anda persiapkan dari rumah.

5. Tempat Makan

Di pulau Tidung tak ada tempat makan yang sepi karena lokasinya yang dikeliling laut, tak heran juga jika mayoritas menu makanan di sini adalah seafood, air kelapa, otak-okan ikan dan sebagainya, namun ada juga pedagang yang berjualan nasi goreng. Berbagai warung makan akan buka sejak pagi hingga petang.

6. ATM

Di pulau Tidung ada beberapa ATM bersama, umumnya bank DKI, namun tetap disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya.

7. Koneksi Internet

Koneksi internet dan sinyal ponsel cukup bisa diandalkan saat berada di pulau Tidung, bahkan di sana terdapat beberapa warung internet.

8. Oleh-Oleh Khas Pulau Tidung

Namanya juga pantai, oleh-olehnya pun tidak jauh dari olahan seafood. Oleh-oleh khas Pulau Tidung yang terkenal ada manisan rumput laut, asinan cumi, dan juga terdapat manisan buah ceremai dan keripik sukun. Selain itu anda bisa membawa pulang oleh-oleh berupa kerajinan tangan dari kerang.

9. Wisata Air Pulau Tidung

Saat berada di Pulau Tidung, kurang lengkap rasanya jika tidak bermain di lautnya yang bening bukan? Selama di sana anda bisa menyewa alat diving dan snorkeling, bahkan pemilik penginapan tempat anda menginap pun dapat membantu anda untuk mencarikan tempat menyewa alat-alat itu.

Umumnya harga sewa alat snorkeling berkisar 35.000 IDR-an, harga tersebut di luar harga sewa perahu yang berkisar 300.000 IDR untuk 10 orang. Untuk penyewaan fasilitas wisata air lebih murah, anda bisa bermain banana boat dengan biaya 30.000 IDR/orang.

10. Waktu Terbaik Mengunjungi Pulau Tidung

Untuk mendapatkan waktu terbaik berkunjung, sebaiknya anda berangkat ke Pulau Tidung pada bulan April hingga Oktober karena pada bulan-bulan tersebut cuaca cenderung cerah. Selain itu, sekitar bulan September hingga Oktober adalah musim panen buah ceremai sehingga anda bisa merasakan manisan ceremai lebih banyak.

11. Transportasi Lokal (Becak Bermotor dan Sepeda)

Selama berada di sana, anda bisa menyewa becak bermotor maupun sepeda sebagai alat transportasi anda untuk berkeliling. Untuk sewa sepeda, anda cukup membayar 15.000 IDR, sedangkan untuk menggunakan fasilitas becak bermotor anda perlu menyiapkan 5.000 IDR. Jika anda berkunjung ke Pulau Tidung saat akhir pekan, lekas carilah tempat sewa becak bermotor atau sepeda agar tidak kehabisan karena berebutan sewa dengan wisatawan yang membludak jumlahnya dibanding hari biasa.

12. Itinerary dan Estimasi Biaya

Dari jakarta anda menuju dermaga Muara Angke kemudian langsung menuju dermaga Pulau Tidung. Sesampainya di sana anda bisa langsung mencari penginapan atau memilih berkemah saja. Jika anda memutuskan berkemah, anda bisa menyeberang menuju pulau Tidung Kecil lewat jembatan cinta. Atau langsung ke Tidung Besar.

13. Obat-Obatan Pribadi

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi jika anda memiliki jenis penyakit tertentu atau mabuk laut. Periapkan minyak angin dan obat anti mabuk untuk anda yang mabuk laut atau sekedar berjaga-jaga saja.

14. Catatan Penting

Berikut adalah hal-hal penting yang seharusnya anda tahu apabila ingin berkunjung ke Pulau Tidung:

  • Disarankan untuk sampai di dermaga pukul 7 pagi agar tidak mepet dan usahakan pukul 6 sudah berjaga-jaga untuk mendapatkan tiket kapal karena kapal akan berangkat pukul 8 pagi tepat.
  • Saat sampai di dermaga, langsung berjalan menuju loket pembelian tiket, jika pertama kali datang ke Pulau Tidung, tanyakan letak loket ke petugas dermaga. Lakukan hal ini untuk menghindari calo dan juga tanyakan kapal keberangkatan untuk kembali ke Jakarta esok harinya (atau waktu anda kembali pulang) agar tidak tertinggal kapal.
  • Persiapan bekal untuk perjalanan selama di kapal karena tidak akan anda temukan penjual makanan di dalam kapal dan harga makanan di sana yang cenderung mahal.
  • Untuk mempersingkat waktu perjalanan menuju dermaga Muara Angke, pakailah kendaraan pribadi atau memanfaatkan ojek atau taksi online.
  • Yang terakhir dan terpenting, jangan lupa menjaga kebersihan dan etika sebagai wisatawan. Hormatilah budaya dan adat istiadat penduduk lokal juga, ya.

 

Pulau Tidung merupakan pulau dengan hamparan pasir berwarna putih yang sangat cantik dan memesona. Keindahan Pulau Tidung semakin menarik dengan adanya air laut yang jernih berwarna kebiruan yang dapat memungkinkan para wisatawan menikmati keindahan bawah air lebih dalam. Kegiatan bawah laut pun akan lebih menyenangkan karena masih banyak terdapat ikan cantik warna-warni atau terumbu karang yang memesona.

Keindahan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Pulau Tidung. Maka, jika Anda ingin berwisata tanpa harus mengeluarkan banyak biaya lagi, objek wisata Pulau Tidung dapat menjadi salah satu pilihan tujuan wisata di Jakarta yang menarik anda kunjungi.

Referensi:

Amad, madi. 2016. Liburan Indah Pulau Tidung [Internet] diakses 29 juni 2018 [http://bangmamadi.blogspot.com/ 2016/08/liburan-indah-wisata-pulau-tidung.html]

Yasier. 2017. Info lengkap Pulau Tidung [Internet] diakses 29 juni 2018 [https://pulau-tidung.com/wisata -kuliner-dan-oleh-oleh-khas-pulau-tidung/]

Vicky. 2018. Wisata Pulau Tidung Tahun 2018. [http://www.pulautidungindonesia.co.id/]

Liburan ke Pulau Tidung, Menikmati Kekayaan Alam yang Eksotis
Rating: 4.4 from 5 votes