Liburan ke Pulau Tidung, Menikmati Kekayaan Alam yang Eksotis

Diposting pada

Pulau Tidung merupakan salah satu wilayah dari gugusan Kepulauan Seribu, lebih tepatnya pulau ini berada di Kepulauan Seribu Selatan. Pulau ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil yang sangat cocok menjadi destinasi wisata.

Luas wilayah Pulau Tidung mencapai 100-an hektare. Kedua wilayah ini terhubung menggunakan jembatan yang dinamai warga sekitar sebagai jembatan cinta. Jembatan ini di bangun pada sekitar tahun 1971.

Pulau Tidung Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah alami yang jarang ditemukan di Jakarta. Pantainya yang indah serta jaraknya yang tidak terlalu jauh membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata warga Jakarta dan sekitarnya.

Setiap tahun wisatawan yang berlibur ke pulau ini terus meningkat. Semuanya ditunjang dengan promosi untuk mengangkat pariwisata di daerah ini. Perkembangan sektor pariwisata yang salah satunya mengembangkan fasiltas-fasilitas penunjang wisatawan membawa perkembangan ekonomi yang lebih baik bagi warga sekitar.

Berlibur ke Pulau Tidung

 

Lokasi Pulau Tidung

Pulau Tidung ini sebenarnya adalah nama dari salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pulau Tidung mengacu pada dua nama pulau yang ada di sana, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Sampai sekarang ke dua pulau ini menjadi berkembang ke arah pulau destinasi wisata bahari dan seringkali dijadikan sebagai lokasi penelitian ekosistem pantai dan laut.

 

Akses

Dermaga di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Untuk menuju ke pulau yang indah ini, ada beberapa akses yang dapat anda coba. Berikut selengkapnya yah.

1. Dari Dermaga Muara Angke

Pada pukul 07.00 WIB pastikan anda sudah berada di Dermaga Muara Angke karena kapal tersebut akan berangkat ke Pulau Tidung pada pukul 07.00 WIB. Untuk biaya penyebrangan menggunakan kapal tersebut terbilang sangat murah karena perorangnya hanya dikenakan tarif 35.000 IDR saja dan untuk waktu penyebrangannya akan memakan waktu kurang lebih adalah 3 jam perjalanan.

2. Dari Dermaga Kali Adem

Jika melihat di sekitar Muara Angke maka akan melihat Dermaga Kali Adem, dermaga tersebut tidak jauh dan hanya beberapa meter saja dari dermaga Muara Angke. Di Dermaga Kali Angke terdapat sebuah kapal yang juga melayani perjalanan menuju Pulau Tidung, nama kapal tersebut adalah KM Kerapu. Biaya menaiki kapal ini adalah sekitar 32.000 IDR saja dengan keberangkatan sama seperti dari Dermaga Muara Angke, tetapi kalau di dermaga ini anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada pukul 06.00 WIB, jadi untuk yang ingin melakukan perjalanan melalui dermaga kali adem ini wajib sampai kurang lebih pukul 05.00 WIB agar tidak terlambat, dan untuk waktu penyeberangannya hanya mamakan waktu 2 jam saja.

3. Melalui Ancol

Alternatif akses yang bisa anda coba apabila anda ingin cepat sampai di lokasi tujuan anda bisa mengakses jalur dari ancol karena jika melakukan perjalanan dari ancol hanya akan memakan waktu 1 jam saja.

Rute wisata dari ancol ini menyediakan kapal dengan jenis speedboat dan wajar saja jika sampainya lebih cepat. Namun yang harus anda ketahui adalah biaya yang dikenakan menggunakan kapal speedboat ini cukup terbilang mahal, lebih tepatnya biayanya adalah sekitar 250.000 IDR.

Untuk kembali ke Jakarta, anda dapat ke dermaga di Pulau Tidung pada pukul 07.00 WIB, 10.00 WIB, atau 14.00 WIB karena pada waktu tersebut adalah jadwal keberangkatan menuju ke Jakarta. Namun apabila anda ingin menggunakan speedboat silakan telfon kembali jasa penyedia speedboat-nya agar dapat menjemput anda di Pulau Tidung.

 

Destinasi Wisata di Pulau Tidung

Liburan ke Pulau Tidung

1. Pulau Tidung Besar

Destinasi wisata alam pertama yang ada di Pulau Tidung, pastinya adalah Pulau Tidung Besar. Keindahan alam di sini sangat terawat dan pastinya akan sangat memanjakan mata anda yang berkunjung ke sini. Pasir pantai yang indah dan air di lautan yang jernih akan membuat liburan ini menjadi liburan yang dirindukan.

Gambar Gravatar
Nama saya Ayu Wiharyati asal Indramayu. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 di UIN Bandung. Selain Berkuliah saya aktif di beberapa organisasi di bidang penelitian, sosial, pendidikan, dakwah dan pengabdian masyarakat. Bagiku traveling, menulis, membaca dan meng-explore hal-hal baru adalah duniaku untuk mengoptimalkan potensi dan berproses mengembangan diri.