Bermain Bersama Pari Manta di Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

Diposting pada

Ternyata primadona Kalimantan Timur bukan hanya Pulau Derawan yang sudah terkenal dengan kecantikannya lho. Ada lagi nih namanya Pulau Sangalaki. Kecantikan bawah laut Pulau Sangalaki tak kalah dengan Pulau Derawan.

Simak artikel di bawah ini ya!

Pulau Sangalaki terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau dengan luas sekitar 15,9 ha ini masih bagian dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur sehingga hanya terdapat satu bangunan yang berdiri di sana yaitu balai konservasi.

Tempat wisata alam ini masih sangat alami sehingga banyak terdapat titik untuk diving yang kecantikannya sudah diakui banyak orang. Terdapat 11 titik untuk menyelam antara lain Coral Gardens, Channel Entrance, Sandy Ridge, Turtle Town, Manta Run, Manta Avenue, Manta Parade, Sherwood Forest, Eel Ridge, The Rockies, dan Lighthouse.

Pantai Sangalaki (instagram.com)
Pantai Sangalaki (instagram.com)

Titik selam di Pulau Sangalaki yang menjadi favorit para penyelam adalah titik yang terdapat nama “Manta”. Hal ini karena di sana pengunjung bisa melihat pemandangan segerombol ikan Pari Manta yang jumlahnya sampai ratusan ekor.

Ikan Pari Manta ini datang ke Pulau Sangalaki bukan tanpa alasan, mereka datang karena di tempat ini banyak plankton yang merupakan makanan utama mereka. Pemandangan segerombol ikan Pari Manta ini bisa Anda dapatkan ketika malam hari saat cahaya bulan bersinar. Jangan lupa abadikan dengan kamera ya.

Ternyata selain ikan Pari Manta, ada juga penyu hijau kawasan Asia Tenggara yang berjalan menuju daratan untuk singgah dan bertelur. Di sini juga terdapat tempat penangkaran bayi penyu atau tukik yang dirawat sampai besar dan kemudian dibebaskan ke laut lagi.

Jika Anda berencana untuk main ke Pulau Sangalaki dan ingin bertemu dengan ikan Pari Manta datangnya pada bulan Mei dan Juni saja ya. Pada bulan itu banyak Pari Manta yang datang.

Ketika berkunjung dan mencoba diving, Anda harus tetap hati-hati karena Pari Manta ini memang terlihat tenang ketika dilihat, namun ikan dengan panjang bisa sampai 7 m ini bisa menyengat lho.

 

Editor:
Mega Dinda Larasati