Gili Trawangan, Pesona Bahari Lombok yang Memukau

Diposting pada

Gili Trawangan atau biasa disebut dengan “Gili T” merupakan salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Lombok selain Gili Air dan Gili Meno. Tak hanya terkenal di Indonesia, pesona Gili Trawangan sudah terkenal hingga berbagai negara sehingga tak heran jika destinasi wisata ini sering kali dikunjungi wisatawan mancanegara.

Pulau yang dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan pemberontak Suku Sasak ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih alami baik di darat maupun di lautnya. Selain menjaga kebersihan pantai, penduduk pulau ini juga sangat peduli dengan kelestarian terumbu karang yang ada di perairan Gili Trawangan. Penduduk dan pemerintah setempat juga menerapkan peraturan yang melarang beroperasinya kendaraan bermotor lho.

Penasaran dengan destinasi wisata yang katanya lebih memukau dari Pulau Dewata ini? Simak informasi di bawah ini ya.

Apa yang kamu cari tentang Gili Trawangan ada di sini:
1. Lokasi
2. Akses
3. Destinasi Wisata
4. Fasilitas
5. Penginapan dan Hotel
6. Kuliner
7. Keistimewaan Gili Trawangan
8. Tips Berkunjung ke Gili Trawangan
9. Foto-Foto Keindahan Gili Trawangan

 

1.Lokasi

Secara administratif Gili Trawangan termasuk Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pulau ini merupakan pulau yang paling dekat dengan Pulau Lombok jika dibandingkan dengan Gili Air dan Gili Meno.

Pulau yang terletak di sebelah barat laut Pulau Lombok ini memiliki luasan yang relatif kecil dengan bentangan kurang lebih 3 km dari utara ke selatan dan 2 km dari barat ke timur.

 

2. Akses

Perahu yang merupakan salah satu transportasi untuk menjangkau spot-spot snorkeling atau scuba diving di sekitar Gili Trawangan

Jika kamu sedang berada di Denpasar dan ingin pergi ke Gili Trawangan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menuju ke Pelabuhan Padang Bai. Melalui pelabuhan ini kamu dapat menyebrang ke Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penyebrangan ini memakan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih 5 jam, jadi lebih baik kamu membeli snack terlebih dulu untuk dinikmati selama berada di atas kapal.

Sesampainya di Pelabuhan Lembar kamu harus menuju Pelabuhan Bangsal. Kamu bisa memilih dua rute untuk menuju pelabuhan ini dari Kota Mataram yaitu melalui Pusuk atau Sengigi. Kalau kamu ingin jalur yang lebih cepat, kamu bisa memilih rute melalui Pusuk meskipun jalannya naik turun bukit.

Selain melalui jalur laut dari Pelabuhan Padang Bai, kamu juga dapat menggunaan transportasi udara untuk menuju Bandara Selaparang, Lombok. Sesampai di bandara ini kamu hanya perlu naik taksi dengan ongkos kurang lebih Rp 100.000 menuju Pelabuhan Bangsal. Ada dua pilihan rute untuk menuju pelabuhan ini yaitu melalui jalur tengah dan jalur pantai. Saran saja, lebih baik kamu memilih jalur pantai karena jalannya labih mulus dan pemandangan yang lebih indah.

Sesampainya di Pelabuhan Bangsal kamu harus naik cidomo atau kereta kuda untuk sampai di loket pembelian tiket penyebrangan karena taksi atau mobil harus berhenti di terminal kecil pelabuhan. Jarak dari terminal ke loket pembelian tiket sebenarnya tidak terlalu jauh yaitu kurang lebih 200 meter, jadi kamu bisa berjalan kaki juga menuju ke loket tersebut.

Kamu bisa melakukan penyebrangan menuju Gili Trawangan dengan menggunakan perahu yang biasanya digunakan masyarakat lokal. Ongkos penyebrangan menggunakan perahu ini cukup murah yaitu Rp 15.000 per orang. Namun biasanya perahu ini dipenuhi barang-barang bahkan binatang seperti ayam. Penyebrangan dengan menggunakan perahu ini hanya memerlukan waktu 30 menit.

Alternatif lainnya yang dapat kamu pilih adalah penyebrangan dengan menggunakan speed boat. Harga sewa speedboat ini kurang lebih Rp 250.000 sampai Rp 700.000 untuk sekali jalan. Penyebrangan dengan speedboat hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit.

 

3. Destinasi Wisata

3.1 Snorkeling

Melakukan Snorkeling di Gili Trawangan

Snorkeling merupakan aktivitas yang wajib kamu lakukan di destinasi wisata ini. Kamu bisa menemukan berbagai jenis anemon laut dan clown fish atau ikan badut yang berenang di sekitar terumbu karang.

Air laut yang masih bersih dan jernih akan memudahkan kamu melihat keindahan bawah laut Gili Trawanagan dan dijamin deh keindahan bawah lautnya akan memanjakan mata kamu.

Ada juga paket snorkeling dengan fasilitas tambahan yaitu makan siang dan snack. Jadi bagi kamu yang mengambil paket snorkeling ini gak perlu takut kelaparan deh saat snorkeling.

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.