Energi alternatif menjadi satu-satunya pilihan untuk keluar dari kekangan energi fosil yang tidak lama lagi akan punah.

Energi memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Tanpa adanya energi semua aktivitas manusia pasti akan terhambat. Taukah Anda dari mana energi yang selama ini kita gunakan?

Energi yang selama ini kita gunakan sebagian besar berasal dari fosil makhluk hidup yang telah mengalami pembusukan dan tertimbun di dalam perut bumi selama jutaan tahun. Jika kita hanya mengandalkan sumber energi fosil seperti minyak bumi sebagai sumber energi utama, tentunya sumber energi yang ada akan habis sebelum sumber energi baru terbentuk.

Sebelum sumber energi fosil benar-benar habis maka kita harus mencari sumber energi lainnya. Sumber energi ini lebih dikenal dengan nama energi alternatif. Pada saat ini telah ditemukan beberapa sumber energi alternatif seperti panas bumi, angin, air, biogas, dan lain sebagainya.

Energi Alternatif Terbarukan

 

1. Pengertian Energi Alternatif

Energi alternatif merupakan sebuah istilah untuk semua energi yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar yang berasal dari fosil (hidrokarbon). Penggunaan energi jenis ini dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat emisi karbondioksida yang tinggi (pemanasan global) dalam penggunaan bahan bakar hidrokarbon.

 

2. Sejarah

Pada tahun 1973 terjadi krisis minyak bumi secara global yang menyita perhatian sebagian besar penduduk dunia. Kejadian ini mulai mendorong berbagai pihak mencari sumber energi lainnya yang dapat diperbarui dan dapat dikembangkan untuk mengatasi krisis ini.

Energi alternatif mulai diteliti dan dikembangkan sejak PBB membentuk United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) sebagai gerakan mengurangi gas rumah kaca. Lembaga ini terus konsisten mengupayakan gerakan menuju energi ramah lingkungan melalui Millenium Development Goals (MDGs) dan Sustainable Development Goals (SDGs).

 

3. Pentingnya Energi Alternatif

Minyak bumi sebagai sumber energi utama memang kini semakin menipis jumlahnya dan mulai mengalami kelangkaan. Selain itu, kelangkaan sumber daya terjadi karena adanya sikap ketidakpedulian dan pemborosan sumber daya itu sendiri, termasuk energi.

Padahal energi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya. Energi mampu mendukung segala kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanpa adanya energi manusia tidak akan mampu melakukan segala aktivitasnya bahkan kebutuhan hidupnya pun tidak akan terpenuhi.

Oleh karena itu perlu dibangun sikap kepedulian terhadap sumber daya khususnya minyak bumi yang mulai mengalami kelangkaan. Manusia harus mulai berpikir lebih keras memikirkan pengganti minyak bumi. Perlu adanya upaya pengembangan dan penelitian terhadap sumber daya lainnya yang berpotensi menjadi energi alternatif.

Energi jenis ini akan berperan penting dalam menggantikan energi tak terbarukan yang mulai mengalami kelangkaan. Adanya energi alternatif terbarukan akan mendukung segala kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

4. Syarat Energi Alternatif

Terdapat berbagai sumber daya yang dapat kita temukan di permukaan bumi. Berikut syarat-syarat suatu sumber daya dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif:

4.1 Tidak Boleh Berasal dari Fosil

Energi alternatif tidak boleh berasal dari fosil seperti minyak bumi dan batubara. Jika berasal dari fosil maka suatu saat nanti akan habis dan tidak dapat diperbarui.

4.2 Terbarukan (Renewable)

Selama ini sumber energi kita berupa sumber energi fosil yang memiliki kelamahan yaitu tidak dapat diperbarui dan membutuhkan waktu jutaan tahun untuk membuatnya. Energi alternatif harus bersifat renewable atau dapat diperbarui untuk mengatasi kelemahan tersebut.

4.3 Ramah Lingkungan

Penggunaan energi fosil selama ini menimbulkan banyak pencemaran lingkungan melalui emisi karbon yang dihasilkan dan dapat menyebabkan pemanasan global. Energi alternatif harus bersifat ramah lingkungan sehingga tidak membahayakan bagi lingkungan dan manusia di dalamnya.

4.4 Dapat Diproduksi Secara Masal

Kebutuhan manusia akan energi akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di dunia. Energi alternatif harus dapat diproduksi secara masal dan terus-menerus untuk menunjang kebutuhan manusia yang semakin meningkat.

 

5. Jenis-Jenis Energi Alternatif

Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Bumi sebagai tempat tinggal kita memiliki kekayaan sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan untuk sumber energi alternatif. Berikut ini beberpa jenis sumber energi alternatif yang sudah mulai dikembangkan.

5.1 Energi Panas Bumi (Geothermal)

Energi panas bumi atau yang dikenal dengan nama energi geothermal berasal dari Bahasa Yunani, “geo” berarti bumi dan “thermal” berarti panas. Energi geothermal merupakan energi alternatif yang dihasilkan dan tersimpan di inti bumi sehingga diperlukan biaya pengeboran tinggi untuk memperolehnya. Sumber energi panas bumi dapat ditemukan di sekitar daerah yang memiliki gunung berapi aktif.

5.2 Energi Angin

Energi angin sudah dimanfaatkan manusia sejak lama sebagai energi penggerak kapal layar. Selain itu, tenaga angin juga dapat digunakan untuk menggerakkan mesin penggiling jagung.

Saat ini energi angin juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi penghasil listrik dengan menggunakan kincir angin raksasa yang akan menggerakkan turbin penghasil listrik.

5.3 Energi Surya

Energi surya yang berasal dari matahari merupakan sumber energi paling berlimpah yang saat ini tersedia. Energi tersebut terdiri dari energi panas dan energi cahaya.

Energi panas dapat kita manfaatkan pada siang hari, misalnya untuk mengeringkan pakaian dan lain sebagainya.

Energi cahaya juga dapat kita gunakan sebagai sumber penerangan sehingga kita tidak perlu menyalakan lampu. Energi surya juga dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan alat yang disebut sel surya.

5.4 Energi Air

Air selalu mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. Air yang mengalir sangat deras merupakan sumber energi gerak untuk mengasilkan hydropower atau energi listrik yang dihasilkan dari kekuatan air. Pada stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dibendung sehingga permukaanya menjadi lebih tinggi. Kemudian aliran air diarahkan ke turbin melalui pipa air untuk menghasilkan listrik. Pada umumnya tempat yang dapat digunakan untuk menampung air dalam jumlah yang besar adalah danau atau waduk.

5.5 Biogas

Biogas merupakan gas yang dihasilkan dari sisa atau hasil buangan makhluk hidup (manusia dan hewan). Biogas ini termasuk dalam kelompok bioenergi. Pada umumnya pemanfaatan sisa kotoran ini dilakukan dengan membangun sebuah instalasi dari tangki yang menampung kotoran manusia dan hewan.

5.6 Biofuel

Biofuel merupakan energi yang berasal dari bahan-bahan nabati berupa biodiesel dan bioethanol. Sama halnya dengan biogas, biofuel juga termasuk dalam tipe bioenergi. Energi ini dapat digunakan sebagai Bahan Bakar Nabati (BBN) yang dapat menjadi energi alternatif bahan bakar kendaraan. Biofuel dalam bentuk biodiesel dapat dibuat dari minyak nabati seperti minyak tanaman jarak pagar dan minyak kelapa sawit.

5.7 Energi Pasang Surut Air Laut (Energi Tidal)

Meskipun energi alternatif ini kurang pupuler di kalangan masyarakat, namun energi pasang surut air laut memiliki beberapa kelebihan dibanding energi alternatif lainnya. Kelebihan energi jenis ini antara lain lebih pasti/ mudah diprediksi, lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi yang rumit.

Ketika pasang air laut dengan volume yang besar akan naik ke daratan. Di daratan dibuat bendungan/ waduk yang besar sehingga air laut akan tertampung di dalamnya. Di dalam bendungan/ waduk dipasang baling-baling yang berputar sesuai arah air. Pada umumnya digunakan dua arah putaran ketika pasang dan ketika surut. Gerakan yang dihasilkan akan menggerakan turbin yang ada dan menghasilkan listrik.

 

6. Energi Alternatif dalam Bidang Transportasi

Energi memang sangat penting dalam berbagai aktivitas masusia termasuk di bidang transportasi. Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai bahan bakar utama kendaraan bermotor nyatanya memiliki dampak negatif bagi lingkungan karena menimbulkan polusi yang dapat menyebabkan pemanasan global. Selain itu, kondisi minyak bumi yang mengalami kelangkaan atau semakin sedikit jumlahnya membuat harga BBM semakin mahal.

Saat ini telah dilakukan berbagai upaya untuk menemukan energi alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Beberapa negara di Eropa kini bahkan sudah menggunakan mobil listrik dengan baterai sebagai sumber daya penggeraknya. Selain itu, mobil bertenaga surya atau Solar Car juga telah dikembangkan.

Energi alternatif lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan adalah energi biofuel, seperti etanol dan methanol. Etanol adalah energi alternatif berupa alkohol yang berasal dari hasil fermentasi tumbuhan tertentu, seperti gandum dan jagung. Brazil merupakan negara yang berhasil mengembangkan energi biofuel sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Metanol merupakan energi alternatif berasal dari kayu yang dapat digunakan secara murni atau sebagai campuran bensin untuk bahan bakar kendaraan.

Pada umumnya, energi alternatif memiliki beberapa kelemahan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, misalnya penggunaan biofuel sebagai bahan bakar kendaraan bermotor tidak cocok untuk kendaraan yang memerlukan kecepatan dan daya tinggi.

Di Indonesia mobil hybrid merupakan mobil dengan bahan bakar alternatif yang paling populer. Mobil ini menggabungkan mesin bensin dan motor listrik sehingga dapat lebih menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Mobil hybrid tidak memerlukan pengisian ulang baterai karena daya listrik baterai berasal dari mesin bensin dan pengereman regenerative yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Selain itu, mobil hybrid juga lebih ramah lingkungan karena emisi yang dihasilkan lebih sedikit.

 

7. Dampak Penggunaan Energi Alternatif

Penggunaan energi alternatif sebagai pengganti energi fosil tentunya memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi manusia beserta lingkungan. Dampak positif energi alternatif adalah dapat terus menerus digunakan dan tidak akan habis sehingga dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan manusia yang terus meningkat. Selain itu, energi alternatif juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan zat buangan yang besar.

Selain memiliki dampak positif ternyata penggunaan energi alternatif juga menimbulkan dampak negatif. Pembangkit listrik dari energi alternatif ternyata membutuhkan lahan yang sangat luas. Misalnya, penggunaan lahan yang luas pada pembangkit listrik tenaga surya akan menyebabkan degradasi lahan dan hilangnya habitat bagi makhluk hidup.

Energi alternatif juga berdampak negatif bagi makhluk hidup. Misalnya, terjadinya tabrakan antara burung-burung dan kelelawar dengan kincir angin raksasa/ turbin angin pada pembangkit listrik tenaga angin. Selain itu, pembangkit listrik tenaga air juga berdampak negatif pada makhluk hidup di perairan. Makhluk hidup seperti ikan dapat mengalami cedera bahkan kematian apabila bertabrakan dengan bilah  turbin.

Pada dasarnya energi alternatif belum dapat dikembangkan oleh seluruh negara karena terdapat beberapa faktor penghambat, seperti biaya instalasi yang mahal, ketergantungan tinggi terhadap kondisi alam, masih dalam proses pengembangan, dan lain sebagainya.

Sembari menunggu teratasinya faktor penghambat tersebut kita juga dapat melakukan berbagai upaya menjaga bumi dari krisis energi maupun dari kerusakan akibat konsumsi energi berlebihan. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah penghematan energi.

Ingat energi yang ada saat ini bukan hanya untuk kita sendiri, namun juga untuk memenuhi kebutuhan anak cucu kita di masa yang akan datang. Ayo kita dukung gerakan hemat energi! Salam lestari!

 

Referensi:

Benergi. 2018. Manfaat Energi Panas Bumi sebagai Sumber Energi Alernatif [internet] [diunduh pada 2018 Mei 20]. Terdapat pada: http://benergi.com/manfaat-energi-panas-bumi-sebagai-sumber-energi-alternatif.

Ilmuasiana.2016. 15 Sumber Alternatif di Alam [internet] [diunduh pada 2018 Juni 3}. Terdapat pada: http://www.ilmusiana.com/2016/01/15-sumber-energi-alternatif-di-alam.html.

Syukur TD, Hansen Y. 2017. Energi Alternatif bidang Transportasi Sebagai Pencegah Pemanasan Global [internet] [dinduh 2018 Juni 8]. Terdapat pada: https://id.scribd.com/document/345761455/Energi-Alternatif-Bidang-Transportasi-Sebagai-Pencegahan-Pemanasan-Global.

Tiaraputria.2017.Peran Penting Energi untuk Kehidupan Manusia [internet] [diunduh 2018 Juni 6]. Terdapat pada: https://www.hipwee.com/narasi/peran-penting-energi-untuk-kehidupan-manusia/.

Yuk Belajar. Sumber Energi Alternatif-Pengertian, Contoh, Jenis, Manfaat [internet] [diuntuh pada 2018 Juni 3]. Terdapat pada: https://www.yukbelajar.id/manfaat-penggunaan-energi-alternatif/.

Energi Alternatif: Pengertian, Jenis, dan Dampak
Rating: 4.6 from 8 votes