Pantai Ujung Genteng, Pesona Keindahan Pesisir Selatan Jawa

Diposting pada

Ujung Genteng merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Sukabumi. Nama Ujung Genteng sendiri sebenarnya merupakan perubahan ejaan kata dari “ujung gunting”. Istilah ini berasal dari posisi daerah Sukabumi yang berada di ujung Pulau Jawa bagian barat. Lokasinya yang berada di ujung Pulau Jawa ini terlihat seperti gunting. Jadi dilihat dari kemiripan bentuk itu, maka daerah ini diberi nama Ujung Genteng.

Meskipun termasuk destinasi wisata baru, Pantai Ujung Genteng sudah cukup terkenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara lho. Lokasinya yang tak jauh dari Ibu Kota Jakarta dan Bandung membuat destinasi wisata ini menjadi target utama bagi warga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu liburan.

Penasaran dengan destinasi wisata di pesisir selatan Pulau Jawa ini? Simak info di bawah ini ya!

Pantai Ujung Genteng

Info buat kamu nih:
1. Lokasi
2. Akses
3. Fasilitas
4. Penginapan
5. Wisata Kuliner
6. Destinasi Wisata di Pantai Ujung Genteng
7. Objek Wisata di Sekitar Pantai Ujung Genteng
8. Tips Berkunjung

 

Advertisement nature photography

1. Lokasi

Pantai Ujung Genteng masuk ke dalam wilayah administrasi Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi pantai berpasir putih ini kurang lebih 135 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai yang terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa ini memiliki panjang garis pantai sepanjang 16 km dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Jadi tak heran ya kalau ombak di bibir pantai ini cukup besar.

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar pantai ini memiliki mata pencaharian utama sebagai nelayan, namun ada juga yang berprofesi sebagai petani dan penghasil berbagai macam produk olahan gula kelapa.

 

2. Akses

Akses menuju Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Akses menuju destinasi wisata ini cukup mudah karena tidak banyak jalan yang rusak, bahkan dapat dikatakan kondisi jalannya sangat baik. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk tiba di lokasi ini.

Ada beberapa rute yang dapat kamu pilih nih. Pertama kamu dapat melalui rute Jakarta-Sukabumi-Djampang Kulo-Surade-Ujung Genteng. Dari Jakarta kamu hanya perlu melewati Tol Jagorawi, kemudian keluar di Gerbang Tol Ciawi/Sukabumi. Setelah itu, kamu harus menyusuri jalan hingga melewati Pelabuhan Ratu dan beberapa objek wisata pantai lainnya. Kemudian kamu juga akan melewati Lengkong, Kiara Dua, Alun-alun Djampang Kulon , Surade dan pada akhirnya akan sampai di Pantai Ujung Genteng. Rute ini bisa kamu tempuh selama 2.5 jam kalau nggak macet ya.

Kalau kamu dari Bandung, kamu bisa mengikuti rute kedua nih. Dari Bandung kamu harus menuju ke Cianjur dan melewati Sukabumi. Setelah itu, kamu hanya perlu menyusuri jalan menuju Jampang Tengah, Jampang Kulon, Surade, dan kemudian kamu akan sampai di Pantai Ujung Genteng. Rute ini membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 3-4 jam.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum lho untuk sampai di destinasi wisata ini. Dari Jakarta kamu hanya perlu menggunakan bus antar kota untuk menuju Sukabumi dengan ongkos kurang lebih Rp 30.000/orang. Kemudian setelah sampai di Terminal Sukabumi, naiklah angkot jurusan Sukabumi-Surade dengan ongkos sekitar Rp 25.000/orang. Setelah itu kamu harus naik angkot desa yang biasa disebut “Unyil” untuk sampai di Pantai Ujung Genteng. Ongkos untuk angkot desa ini sekitar Rp 15.000/orang.

Sebelum memasuki kawasan destinasi wisata ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Cukup murah bukan? Dengan biaya yang sangat terjangkau ini, kamu sudah bisa menikmati semua keindahan alam yang disuguhkan Pantai Ujung Genteng.

 

3. Fasilitas

Suasana Pantai Ujung Genteng

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.