Pantai Ujung Genteng, Pesona Keindahan Pesisir Selatan Jawa

Ujung Genteng merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Sukabumi. Nama Ujung Genteng sendiri sebenarnya merupakan perubahan ejaan kata dari “ujung gunting”. Istilah ini berasal dari posisi daerah Sukabumi yang berada di ujung Pulau Jawa bagian barat. Lokasinya yang berada di ujung Pulau Jawa ini terlihat seperti gunting. Jadi dilihat dari kemiripan bentuk itu, maka daerah ini diberi nama Ujung Genteng.

Meskipun termasuk destinasi wisata baru, Pantai Ujung Genteng sudah cukup terkenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara lho. Lokasinya yang tak jauh dari Ibu Kota Jakarta dan Bandung membuat destinasi wisata ini menjadi target utama bagi warga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu liburan.

Penasaran dengan destinasi wisata di pesisir selatan Pulau Jawa ini? Simak info di bawah ini ya!

Pantai Ujung Genteng

Info buat kamu nih:
1. Lokasi
2. Akses
3. Fasilitas
4. Penginapan
5. Wisata Kuliner
6. Destinasi Wisata di Pantai Ujung Genteng
7. Objek Wisata di Sekitar Pantai Ujung Genteng
8. Tips Berkunjung

 

1. Lokasi

Pantai Ujung Genteng masuk ke dalam wilayah administrasi Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi pantai berpasir putih ini kurang lebih 135 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai yang terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa ini memiliki panjang garis pantai sepanjang 16 km dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Jadi tak heran ya kalau ombak di bibir pantai ini cukup besar.

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar pantai ini memiliki mata pencaharian utama sebagai nelayan, namun ada juga yang berprofesi sebagai petani dan penghasil berbagai macam produk olahan gula kelapa.

 

2. Akses

Akses menuju Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Akses menuju destinasi wisata ini cukup mudah karena tidak banyak jalan yang rusak, bahkan dapat dikatakan kondisi jalannya sangat baik. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk tiba di lokasi ini.

Ada beberapa rute yang dapat kamu pilih nih. Pertama kamu dapat melalui rute Jakarta-Sukabumi-Djampang Kulo-Surade-Ujung Genteng. Dari Jakarta kamu hanya perlu melewati Tol Jagorawi, kemudian keluar di Gerbang Tol Ciawi/Sukabumi. Setelah itu, kamu harus menyusuri jalan hingga melewati Pelabuhan Ratu dan beberapa objek wisata pantai lainnya. Kemudian kamu juga akan melewati Lengkong, Kiara Dua, Alun-alun Djampang Kulon , Surade dan pada akhirnya akan sampai di Pantai Ujung Genteng. Rute ini bisa kamu tempuh selama 2.5 jam kalau nggak macet ya.

Kalau kamu dari Bandung, kamu bisa mengikuti rute kedua nih. Dari Bandung kamu harus menuju ke Cianjur dan melewati Sukabumi. Setelah itu, kamu hanya perlu menyusuri jalan menuju Jampang Tengah, Jampang Kulon, Surade, dan kemudian kamu akan sampai di Pantai Ujung Genteng. Rute ini membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 3-4 jam.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum lho untuk sampai di destinasi wisata ini. Dari Jakarta kamu hanya perlu menggunakan bus antar kota untuk menuju Sukabumi dengan ongkos kurang lebih Rp 30.000/orang. Kemudian setelah sampai di Terminal Sukabumi, naiklah angkot jurusan Sukabumi-Surade dengan ongkos sekitar Rp 25.000/orang. Setelah itu kamu harus naik angkot desa yang biasa disebut “Unyil” untuk sampai di Pantai Ujung Genteng. Ongkos untuk angkot desa ini sekitar Rp 15.000/orang.

Sebelum memasuki kawasan destinasi wisata ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Cukup murah bukan? Dengan biaya yang sangat terjangkau ini, kamu sudah bisa menikmati semua keindahan alam yang disuguhkan Pantai Ujung Genteng.

 

3. Fasilitas

Suasana Pantai Ujung Genteng

Meskipun termasuk destinasi wisata baru di Sukabumi, fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk pengunjung sudah cukup lengkap lho. Kamu dapat menemukan berbagai fasilitas seperti toilet umum, mushola, area parkir yang luas, restoran atau rumah makan, toko kelontong dan lain sebagainya.

 

4. Penginapan

Penginapan di Sukabumi

Harga sewa penginapan di Pantai Ujung Genteng ini juga tergolong sangat terjangkau lho. Harga yang ditawarkan kurang lebih sekitar Rp 60.000 hingga Rp 150.000 untuk penginapan kelas menengah ke bawah. Penginapan yang ditawarkan biasanya berbentuk seperti homestay.

Jika kamu menginginkan fasilitas yang lebih lengkap, kamu juga bisa menginap di villa atau hotel yang ada disekitar destinasi wisata ini. Tentunya kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam ya untuk mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap.

 

5. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner di Ujung Genteng

Di sekitar Pantai Ujung Genteng banyak sekali restoran atau rumah makan yang menawarkan berbagai jenis seafood seperti, ikan bakar, cumi-cumi bakar, kepiting bakar, lobster bakar, dan lain sebagainya.

Oh ya, semua seafood yang ada di sini dijamin nikmat dan mantap deh karena memang bahan yang digunakan masih sangat fresh. Selain itu, kamu juga bisa menikmati segarnya es kelapa muda lho.

Makanan yang ada di Pantai ujung Genteng ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi kamu bisa makan sepuasnya tanpa perlu mengeluarkan budget tinggi.

 

6. Destinasi Wisata di Pantai Ujung Genteng

6.1 Berburu Sunset

Senja di Pantai Ujung Genteng

Keindahan Pantai Ujung Genteng juga dapat kamu nikmati dengan menyaksikan sunset di sore hari. Semilir angin dan suara desiran ombak ditambah dengan pesona warna langit senja akan membuat kamu betah berlama-lama berada di pantai ini untuk mengaguminya.

6.2 Berselancar

Berselancar di Pantai Ujung Genteng

Karena bibir pantainya langsung berhadapan dengan laut lepas jadi jangan heran ya jika ombak di pantai ini cukup besar. Nah, ombak yang cukup besar ini membuat Pantai Ujung Genteng menjadi salah satu lokasi yang paling pas untuk berselancar.

6.3 Berbelanja Ikan Segar

Ikan Segar dari Ujung Genteng

Di destinasi wisata ini kamu bisa membeli berbagai jenis hasil laut segar yang dijual oleh nelayan-nelayan tradisional di sekitar pantai. Tak hanya ikan segar, di sini kamu bisa membeli sotong, cumi-cumi, udang, dan lain sebaginya. Harga berbagai hasil laut di sini juga termasuk murah. Kamu juga masih bisa menawar harganya lagi kok kalau kamu merasa harga yang ditawarkan masih terlalu mahal.

Nah buat kamu para pencinta seafood, sayang banget kan kalau kamu melewatkan kesempatan seperti ini? Lebih baik kamu datang lebih pagi ya agar masih banyak pilihan hasil laut yang bisa kamu beli.

6.4 Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh merupakan bagian dari Pantai Ujung Genteng yang letaknya memang agak terpencil. Kamu harus berjalan selama 6 jam ke arah barat. Tapi tenang saja buat kamu yang gak kuat jalan jauh, kamu bisa menggunakan perahu selama 1 jam.

Di sini kamu bisa melihat barisan ombak yang menggulung tidak ada habis-habisnya. Karena itulah lokasi ini dinamakan Pantai Ombak Tujuh. Pantai ini juga merupakan surga bagi para pencinta surfing.

 

7. Objek Wisata di Sekitar Pantai Ujung Genteng

Selain berkunjung ke Pantai Ujung Genteng, kamu bisa sekaligus berkunjung ke beberapa objek wisata lainnya lho. Berikut ini beberapa objek wisata yang letaknya tak jauh dari Pantai Ujung Genteng.

7.1 Pusat Penangkaran dan Konservasi Penyu

Pelepasliaran Penyu di Ujung Genteng

Pantai Pangumbahan merupakan pantai yang tak kalah populer jika dibandingkan Pantai Ujung Genteng. Di sini kamu bisa berkunjung ke Pusat Penangkaran dan Konservasi Penyu yang bernama Pengumbahan Turtle Park. Penyu yang ditangkarkan disini merupakan penyu hijau (Chelonia mydas). Pusat konservasi penyu ini berada di bawah pengawasan langsung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan karena penyu hijau termasuk satwa yang dilindungi.

Untuk masuk ke tempat ini, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/ orang. Kamu juga bisa menyaksikan pelepasan ratusan anak penyu atau tukik ke laut lepas lho. Seru bukan? Tapi kegiatan ini tidak bisa dilakukan tiap hari. Kalau beruntung kamu juga bisa ikut menonton penyu bertelur di malam hari. Lokasinya memang sedikit tersembunyi dari keramaian karena penyu termasuk binatang yang pemalu dan akan menjauh jika kamu berisik.

7.2 Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa atau yang biasa disebut Curug Luhur terletak tidak jauh dari Pantai Ujung Genteng. Curug ini memiliki tiga tingkatan dan konon terbentuk karena gempa bumi yang mengakibatkan tanah longsor. Di sini kamu bisa melihat tiga buah air terjun yaitu Curug Asepan, Curug Aki, dan Curug Meong.

Tinggi rata-rata ketiga air terjun ini kurang lebih 80 meter dengan lebar tebing 100 meter. Dinding batu berwarna hitam dan keindahan paronama di sekitar curug menjadi kombinasi apik yang akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Selain dinikmati sebagai objek wisata, curug ini juga dimanfaatkan untuk keperluan irigrasi oleh masyarakat sekitar. Dulu curug ini sering dijadikan lokasi persembunyian para pejuang untuk menghindar dari penjajah Belanda.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini kurang lebih hanya Rp 4.000/orang saja.

7.3 Pantai Cipanirakan

Pantai Cipanarikan Sukabumi

Pantai Cipanarikan atau yang biasa disebut Pantai Pasir Putih merupakan salah satu objek wisata paling alami. Pantai berpasir putih ini menyuguhkan pemandangan yang indah dimana air laut bertemu dengan air tawar di muara. Untuk menuju ke Pantai Cipanirakan kamu harus menyusuri hutan lindung selama 3 hingga 5 menit.

 

8. Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke Ujung Genteng

Buat kamu yang benar-benar tertarik mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini ya.

  • Tentunya kamu harus mengajak keluarga dan teman-teman kamu berkunjung ke pantai ini agar liburan kamu lebih menyenagkan!
  • Kalau bisa jangan melakukan perjalanan di malam hari ya karena jalan menuju destinasi wisata ini sangat sepi dan minim penerangan jalan.
  • Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi lebih baik kamu menyiapkan bensin lebih banyak karena di sepanjang jalan menuju destinasi wisata ini sangat jarang ditemui SPBU.
  • Kalau kamu ingin melihat pelepasan penyu sebaiknya kamu datang sebelum jam 4 sore ya.
  • Selalu hati-hati ya ketika bermain di pantai. Jangan sampai kamu kena bulu babi yang beracun.
  • Jangan lupa bawa sunblock, topi pantai, dan kacamata ya untuk melindungi kamu dari teriknya sinar matahari.
  • Pastikan kamu juga membawa kamera untuk mengabadikan setiap moment
  • Jangan buang sampah sembarangan ya! Ayo ikut menjaga kebersihan lingkungan!

Nah itu dia beberapa informasi buat kamu. Tertarik dengan keindahan pesisir selatan Pulau Jawa? Yuk liburan ke Pantai Ujung Genteng bersama keluarga dan teman-temanmu.

Eits, masih belum puas dengan keindahan alam Pantai Ujung Genteng? Yuk simak Gili Trawangan yang menjadi pusat destinasi wisata di Lombok.

 

Referensi:

Kusmawan SA. 2012. Inilah 6 Destinasi Wisata Andalan di Ujung Genteng [internet] [https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2078366/inilah-6-destinasi-wisata-andalan-di-ujung-genteng] diakses 23 Februari 2018.

Piknik Asik. Menikmati Romantisme Sunset Pantai Ujung Genteng Sukabumi Jawa Barat [internet] [http://piknikasik.com/menikmati-romantisme-sunset-pantai-ujung-genteng-sukabumi-jawa-barat] diakses 17 Februari 2018.

Tempat Wisata Unik. 10 tempat Wisata di Ujung Genteng Sukabumi [internet] [https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/jawa-barat/tempat-wisata-di-ujung-genteng-sukabumi] diakses 23 Februari 2018.

Tempat Wisata Tasmania. Ujung Genteng Sukabumi, Wisata Pantai Ujung genteng Sukabumi [internet] [http://www.tempatwisatamania.com/2017/10/ujung-genteng-sukabumi-wisata-pantai-ujung-genteng-sukabumi.html] diakses 17 Februari 2018.

Travpacker Indonesia. 2017. Wisata Pantai terbaik di Sukabumi Pantai Ujung Genteng [internet] [http://www.travpackerindonesia.com/2017/10/pantai-ujung-genteng-wisata-pantai-terbaik-di-sukabumi.html] diakses 17 Februari 2018.

Pantai Ujung Genteng, Pesona Keindahan Pesisir Selatan Jawa
Rating: 4.5 from 114 votes

Recommended For You

About the Author: Mega Dinda Larasati

Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *