Pantai Senggigi: Lokasi, Kuliner, Fasilitas, dan Destinasi Wisata Favorit

Diposting pada

Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia yaitu sepanjang 99.093 kilometer dengan keindahan atas perpaduan laut dan daratan yang khas. Tidak sedikit pantai-pantai yang ada menjadi destinasi wisata pilihan para pelancong dalam negeri maupun luar negeri. Tuhan menciptakan Indonesia sebagai tempat terindah dengan pantai yang membentang dari ujung timur hingga ujung barat, salah satunya Pantai Senggigi di Lombok.

Keindahan alam Indonesia bagian timur sudah tidak dapat dipungkiri, termasuk keindahan pulau Lombok. Pulau yang didominasi oleh Gunung Rinjani itu memiliki banyak destinasi wisata mulai dari hutan, pantai, air terjun, dan pulau kecil di sekitarnya. Pantai senggigi dapat menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya saat liburan nanti.

1. Sekilas tentang Pantai Senggigi

Dock Indah di Pantai Senggigi
Dock Indah di Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan destinasi wisata favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Lombok. Bukit-bukit yang membentang di sekitar Pantai Senggigi menambah pesona yang tidak didapatkan di tempat lain.

Perkembangan pantai ini semakin meningkat dari tahun ke tahun mengingat bahwa pantai ini merupakan pusat pariwisata di Lombok karena keindahan alamnya.

Keindahan pantai ini bisa dinikmati sejak pagi hari tepatnya ketika matahari muncul dari balik perbukitan.

Pemandangan ini akan memberikan pengalaman yang menakjubkan dan memberikan sensasi damai.

Advertisement nature photography

Hamparan arus laut yang tenang serta udara segar yang dapat Anda rasakan tidak akan membuat Anda menyesal datang ke pantai ini.

2. Lokasi dan Akses

Pantai Senggigi terletak di sebelah barat pulau Lombok tepatnya di Jalan Raya Senggigi KM 6-10 Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pantai ini berada di lokasi yang strategis karena dapat dengan mudah terhubung dengan destinasi wisata lain seperti 3 Gili, Gunung Rinjani, Bukit Malimbu, maupun air terjun Sendang Gile.

Jika ingin ke pantai ini dari Bandara Lombok, Anda cukup berkendara dengan jarak tempuh sekitar 1 jam saja.

Pantai Senggigi berada di antara Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara sehingga cukup mudah ditemukan.

Terdapat beberapa cara menuju pantai ini dari luar pulau Lombok, yaitu umumnya melalui jalur laut dan jalur udara.

Salah Satu Spot Indah di Lombok
Salah Satu Spot Indah di Lombok

2.1 Akses melalui Jalur Udara

Melalui jalur udara, Anda dapat terbang menuju Bandara Lombok.

Cara termudah menuju ke Pantai Senggigi dari bandara adalah dengan memesan penjemputan melalui travel agent.

Cara lain yaitu dengan memesan taxi bandara, tapi tentunya harga yang ditawarkan pastinya tidak murah.

Jika ingin berhemat, Anda dapat menggunakan angkutan umum Damri yang telah disediakan dengan membayar hanya Rp25.000,- hingga Rp30.000,- per orang saja.

2.2 Akses melalui Jalur Laut

Melalui jalur laut, Anda dapat berangkat dari Pulau Bali.

Kapal fery Lembar menjadi transportasi yang menghubungkan antara Bali dengan Lombok, tapi Anda harus dengan sabar karena perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam.

Pilihan lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah menggunakan fast boat. Fasilitas ini biasanya membagi keberangkatan di beberapa titik di Pulau Bali seperti Padang Bae dan Amed.

Waktu yang ditempuh menggunakan fast boat lebih cepat dibandingkan menggunakan kapal fery yaitu hanya sekitar 45 menit sampai 1 jam saja.

3. Destinasi Wisata di Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Pantai Senggigi memang sudah terkenal di kalangan para wisatawan Bali dan Lombok akan keindahan dan pesona alamnya. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, mulai dari berselancar, snorkeling, menikmati sunset, atau bahkan hanya sekadar bersantai.

Pantai Sengigi merupakan lokasi yang cocok bagi Anda untuk menikmati matahari saat pagi maupun sore hari. Pagi hari, Anda dapat menikmati keindahan sunrise dan merasakan hangatnya sinar matahari pada tubuh Anda. Matahari yang muncul dari perbukitan akan menambah pesona keindahan Pantai Senggigi.

Sementara itu, keindahan sunset di Pantai Senggigi juga tidak kalah pesonanya. Tidak sedikit penikmat sunset yang ramai-ramai datang ke pantai ini hanya untuk melihat matahari terbenam.

Warna langit yang berubah dari biru menjadi jingga dengan gambaran matahari yang berbentuk lingkaran akan memberikan kesan yang menawan.