Taman Nasional Gunung Rinjani: Letak, Luas dan Sejarah

Taman Nasional Gunung Rinjani adalah taman nasional yang sangat cocok untuk dijadikan wahana wisata alam bagi anda yang menyukai tantangan.

Taman Nasional yang biasa dikenal dengan singkatan TNGR ini memiliki daya tarik tertinggi dari objek kaldera dan Danau Segara Anak dengan anak gunungnya yang sangat menakjubkan.

Meskipun demikian, konservasi sangat penting dilakukan di wilayah TNGR karena wilayah ini berpotensi memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi mengingat wilayah ini berada di sebelah barat garis Wallace.

Danau Segara Anak dan Gunung Baru

1. Letak Geografis

Taman Nasional Gunung Rinjani secara geografis terletak di antara 8 derajat 18 menit 18 detik sampai dengan 8 derajat 32 menit 30 detik Lintang Selatan dan 116 derajat 21 menit 30 detik sampai dengan 116 derajat 34 menit 15 detik Bujur Timur.

Secara administratif, lokasi ini berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

2. Luas Kawasan

Luas kawasan ini kurang lebih memiliki total wilayah seluas 40.000 hektare. Kawasan ini sama dengan kawasan taman nasional lainnya, memiliki berbagai zona untuk kepentingan pengelolaan. Contoh zona yang ada di TNGR adalah zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, zona tradisional dan lain-lain.

KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA