Pantai Nihiwatu, Pantai Indonesia Terbaik di Asia

Diposting pada

Indonesia ternyata mempunyai pantai yang masuk ke dalam 100 pantai terbaik di dunia lho. Pantainya terletak di wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Pantai Nihiwatu.

Pantai Nihiwatu berada di posisi 17 dari 100 pantai terbaik dan merupakan satu-satunya pantai dari Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia.

Sangat disayangkan, meskipun ada di urutan ke 17, wisata alam yang satu ini masih belum diketahui oleh banyak orang.

Pantai Nihiwatu (instagram.com)
Pantai Nihiwatu (instagram.com)

Pantai Nihiwatu berada sekitar 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Suasananya sepi dan damai karena letaknya yang jauh dari keramaian kota.

Anda memang membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk sampai ke tempat wisata ini. Namun waktu dan tenaga yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia dan pasti terbayarkan lunas. Bagaimana tidak? Pemandangan yang disuguhkan Pantai Nihiwatu sangatlah mempesona. Pasir bersih, air laut yang jernih, dan suasana damai pasti tidak akan membuat Anda menyesal berkunjung ke tempat ini.

Pantai ini dikelola olah resort internasional bernama Resort Nihiwatu, sehingga tidak semua orang bisa masuk ke area wisata.

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Nihiwatu, Anda perlu memesan kamar di Resort Nihiwatu dulu.

Di sana tersedia beberapa villa menghadap ke laut, bungalow dengan 3 kamar di atas bukit dilengkapi kolam renang pribadi menghadap Samudera Hindia. Ada juga restoran dengan model bangunan terbuka yang juga menghadap pantai.

Arsitektur dari bangunan-bangunan tersebut menggunakan desain gabungan antara desain tradisional dan modern. Jadi, di sini Anda juga akan dikenalkan dengan budaya Pulau Sumba.

Pantai Nihiwatu menjadi salah satu incaran para peselancar kelas dunia karena ombaknya yang ganas. Bahkan beberapa dari para peselancar itu menjuluki Pantai Nihiwatu dengan sebutan God’s Left.

Para peselancar tidak diperbolehkan berselancar lebih dari 10 orang secara bersamaan untuk menjaga keselamatan dan keamanan. Jadi bagi Anda yang ingin berselancar harus sabar menunggu giliran ya.

Sunset di Pantai Nihiwatu (instagram.com)
Pantai Nihiwatu (instagram.com)

Jika biasanya menunggu itu membosankan, di tempat wisata ini Anda bisa melakukan aktivitas lain sembari menunggu giliran berselancar. Aktivitas lainnya yang harus kalian coba seperti scuba diving, snorkeling, memancing, trekking ke air terjun, bersepeda gunung, dan naik perahu ke teluk Pantai Konda Maloba.

Pantai Nihiwatu ini kecantikannya berhasil mengalahkan Hanalei Bay di Hawaii lho. Jadi tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati pantai terbaik karena di Indonesia juga ada nih. Selipkan nama Pantai Nihiwatu di agenda liburan Anda ya, jangan hanya selipkan nama doi dalam doa saja hehe. Selamat berlibur!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.