Pantai Dato Majene, Kecantikan Karangnya Menggoda Jadwal Liburan

Diposting pada

Jika berkunjung ke Sulawesi Barat jangan lupa mampir ke Pantai Dato Majene ya. Jika berkunjung ke wisata alam yang satu ini, Anda akan disuguhi lanskap pemandangan alam yang luar biasa cantik.

Pantai Dato Majene (instagram.com)
Pantai Dato Majene (instagram.com)

Pantai Dato Majene ini terletak di Sulawesi Barat tepatnya Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene. Di Majene ini pantai dan lautnya dijadikan sebagai komoditas pariwisata andalannya loh.

Pantai Dato Majene mempunyai dua bagian yaitu pantai dengan beralaskan karang dan yang beralaskan pasir putih halus. Anda cukup menaiki tangga menuju batu karang besar untuk menikmati pemandangan yang disuguhkan dari atas. Kontur pantai berkarang dan menjorok ke laut merupakan pesona yang dimiliki Pantai Dato Majene ini.

Kegiatan yang wajib Anda lakukan di sini adalah menikmati hidangan yang sudah disuguhkan Pantai Dato Majene atau pemandangan yang super keren dan terpaan udara pesisir yang sejuk. Suasana yang rileks ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin membuang penat dan lelah akibat aktivitas sehari-hari. Jangan buang penat sembarangan ya! Haha.

Keindahan Pantai Dato Majene (instagram.com)
Keindahan Pantai Dato Majene (instagram.com)

Selain batuan karang dan pasir putih lembut, Anda bisa menikmati pemandangan ikan kecil yang berenang di antara terumbu karang warna warni. Pemandangan ini tentunya akan terlihat jelas karena air di sekitar pantai yang jernih.

Menikmati pemandangan matahari terbenam juga bukanlah ide yang buruk. Pemandangan matahari terbenam dari atas tebing menjadikan Pantai Dato Majene ini sebagai salah satu wisata favorit di Majene.

Advertisement nature photography

Di Pantai Dato Majene juga ada satu event menarik yang berlangsung pada bulan Agustus sampai September yaitu Sandeq Race. Sandeq Race ini merupakan sebuah ajang balap perahu Sandeq atau perahu tradisional dari suku Mandar. Event ini juga bisa diikuti langsung oleh para pengunjung lho.

Jika sudah puas main-main di Pantai Dato Majene, Anda juga bisa menyewa mobil atau naik angkutan umum untuk jalan-jalan menikmati suasana Majene. Di Majene ini juga terdapat beberapa wisata keren seperti Pantai Barane, Pantai Putih Bonde-Bonde, Pantai Baluno, dan Pantai Pacitan.

Selain pantai, di sini juga terdapat beberapa wisata air terjun seperti Air Terjun Limboro dan Air terjun Malle.

Pusing karena tidak tau mau menginap di mana? Jangan ambil pusing, di sekitar Pantai Dato Majene ini terdapat beberapa hotel yang kece kok.

Sekarang pusing mikirin oleh-oleh untuk keluarga di rumah ya? Haha jangan khawatir dulu, Anda bisa berbelanja oleh-oleh khas Majene di rumah-rumah Desa Bonde. Di sana Anda akan disuguhkan tenun sutra khas Mandar yang cantik. Selain tenun sutra Anda juga bisa kok beli miniatur perahu Sandeq di Kelurahan Barudahduah.

Di pasar tradisionalnya banyak menyediakan aneka camilan khas dari Sulawesi Barat. Kebanyakan sih berbahan dasar pisang. Anda bisa membeli oleh-oleh beberapa ikan seperti ikan seribu, ikan tuna, ikan cakalang, ikan ind**iar eh maksudnya ikan terbang di Temat Elelangan Ikan dekat pasar tradisional. Beli ikan asap ya agar awet sampai rumah.

Sudahkan Anda menyusun agenda liburan ke Majene? Jangan lupa mampir ke Pantai Dato Majene ya. Selamat berlibur!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.