Cara Mudah Menanam Pohon Ketapang

Diposting pada

Salah satu pohon tropis yang cukup terkenal adalah Terminalia catappa atau biasa dikenal dengan Ketapang. Tanaman ini masih memiliki keluarga yang sama dengan pohon cemara yaitu Combretaceae. Tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis seperti negara di daerah Asia, Afrika, dan Australia.

Jika kita mengenalnya dengan nama Ketapang, di negara lain pun memiliki namanya sendiri. Seperti Country Almond, Malabar Almond, Indian Almond, Tropical Almond, ataupun Sea Almond. Namun di Indonesia untuk masing-masing daerah juga menyebutkannya berbeda-beda, yaitu Ketapang Kencana, Gentapang, Hatapang, Lahafang, Katafa, dan ada juga yang menyebutnya Ketapas. Namun intinya itu semua adalah sebutan dari pohon ketapang ini.

Pohon ketapang (kumparan.com)
Pohon ketapang (kumparan.com)

Ada beberapa cara yang harus kita perhatikan untuk menanam ketapang ini. Selain menemukan biji atau bibit yang bagus ada hal yang terpenting yang perlu Anda siapkan, yaitu lahan yang cukup luas untuk menanam tanaman yang biasa dijadikan tanaman peneduh ini.

Mengapa demikian? Karena pohon ketapang umumnya bisa tumbuh besar antara 35 meter sampai 40 meter dan memiliki ciri mahkota yang tegak dengan adanya tajuk yang berlapis dengan cabang yang tumbuh teratur dan membentang menyerupai bentuk payung.

Ciri-ciri lain yang bisa ditemukan pada ketapang yaitu bagian daunnya. Warna daun ketapang adalah hijau cerah dengan permukaan daunnya yang kasar. Daun ketapang akan terlihat besar dan panjangnya antara 15 cm sampai 25 cm, serta lebar antara 10 cm sampai 14 cm.

Bentuk mempertahankan dari pohon ketapang ini adalah menggugurkan daunnya saat musim panas. Dengan daun yang sudah berubah warna menjadi kemerahan atau kuning kecokelatan.

Advertisement nature photography

Lanjut pada bagian batang, pohon ketapang biasanya memiliki warna merah dengan tekstur yang sangat padat. Kelebihan lain dari batang ini adalah bisa tahan air, sehingga di Polinesia sering digunakan sebagai perahu sampan.

Sementara itu, bagian bunga ketapang memiliki dua kelamin yaitu jantan dan betina, atau bisa disebut juga jenis bunga sempurna. Dengan warna putih dan sedikit kehijauan bunga ini mampu memperindah ketapang sebagai salah satu contoh tanaman hias.

Tanaman ketapang juga akan menghasilkan buah yang sebenarnya bisa juga dimakan. Namun rasanya tidak terlalu enak untuk dikonsumsi layaknya buah lainnya. Buahnya berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah warna ke kuning sampai kemerahan ketika buahnya sudah tua dan masak.

Lalu bagaimana cara menanam ketapang ini? Mari kami jelaskan cara termudah yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Melakukan pemilihan biji atau bibit ketapang sebelum Anda melakukan penyemaian. Pilih biji yang menurut Anda kondisinya paling baik, lalu ambil juga beberapa biji yang sudah tua.
  2. Setelah biji terpilih lakukan pengupasan pada kulit biji, keringkan biji tersebut selama 1 sampai 2 hari.
  3. Sambil menunggu proses penjemuran, Anda bisa menyiapkan media tanam untuk tahap penyemaian. Pilih kompos organik atau humus dan masukan ke dalam polybag yang berukuran kecil (catatan jangan menggunakan pupuk kandang karena bersifat panas dan akan membuat tanaman mati).
  4. Saat biji sudah kering, mulai rendam ke dalam air dalam waktu sehari. Setelah itu Anda bisa menyebar biji tersebut ke polybag yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  5. Dalam kurun waktu 4 sampai 6 minggu biji tersebut akan muncul tunas baru dan pada saat pertumbuhan tersebut Anda harus memperhatikan pula kadar air yang dibutuhkan. Jangan kurang ataupun kekurangan.
  6. Saat menunggu proses pertumbuhan letakkan polybag pada tempat yang akan mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  7. Jika dalam waktu 6 bulan bibit bisa tumbuh sempurna lakukan pemindahan ke polybag yang lebih besar sehingga ketapang akan terus tumbuh besar.
  8. Saat Anda melakukan perawatan jangan lupa untuk melakukan pemberian kompos organik agar dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan cabang serta daun ketapang.

Itulah informasi mengenai ketapang dan cara penanamannya. Semoga Anda berhasil mencobanya di rumah dan jika Anda ingin membeli bibit tanaman ini, Anda dapat mendapatkannya di Agro Sejahtera atau kunjungi website nya grosirbibittanaman.co.id.

Website ini adalah perusahaan yang fokus jual bibit tanaman berkualitas dan terpercaya selama bertahun-tahun. Siap melayani retail dan pengerjaan proyek skala besar.