Pantai Baruna, Si Pantai unik dari Semarang

Diposting pada

Selain Pantai Marina, Semarang juga punya pantai cantik namun tersembunyi dan belum terlalu diketahui banyak orang. Pantai ini bernama Pantai Baruna. Lokasi wisata alam yang satu ini ada di Pelabuhan Emas, Desa Tanjung, Kecamatan Beringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ilalang Baruna
Ilalang Baruna

Pantai Baruna ini tidak mempunyai pasir putih bersih seperti pantai lainnya namun ia mempunyai hamparan ilalang yang sangat luas. Jadi kalau main ke sini Anda akan mendapatkan suasana baru seperti pemandangan hijau menenangkan, udara lebih segar, dan pastinya terasa lebih teduh daripada pantai lain. Suasana seperti itu akan sangat cocok dinikmati ketika sore hari.

Di sini Anda juga bisa mendapatkan pemandangan para nelayan yang sedang menangkap ikan dengan perahu-perahu unik. Jangan hanya terpaku memandangi pesona Pantai Baruna saja Anda juga bisa ikut memancing lho.

Nelayan Pantai Baruna
Nelayan Pantai Baruna

Jika ingin berkunjung lebih baik jangan ketika musim hujan datang ya, karena kondisi jalanannya masih berupa tanah liat. Jadi ketika musim hujan jalannya akan semakin licin dan berlumpur.

Lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Emas. Jika Anda pergi ke Pantai Baruna dari arah Pantai Marina atau Terang Bangsa Anda harus belok ke kiri setelah bertemu lampu merah.

Setelah berjalan sedikit saja Anda akan bertemu dengan sebuah gapura dengan gaya khas Bali. Jalannya semakin sulit untuk dilewati jadi Anda harus semakin berhati-hati. Masih berada di jalan rusak tersebut akan ada papan jalan yang bertuliskan Pantai Baruna. Ikuti saja dan selamat datang di Pantai Baruna.

Keindahan Pantai Baruna
Keindahan Pantai Baruna

Pantai Baruna tidak mempunyai fasilitas sama sekali karena belum ada yang mengelola. Tidak ada toilet dan warung makan jadi harus siap siaga haha. Jangan lupa membawa bekal yang cukup ya. Meskipun tidak ada yang mengelola bukan berarti Anda bisa buang sampah sembarangan lho ya!

Anda tidak akan dikenakan biaya karcis alias gratis untuk memasuki kawasan wisata alam ini. Namun terdapat beberapa orang yang menjaga pantai, biasanya para pengunjung memberikan uang suka rela entah itu Rp 3000 atau Rp 5000 bahkan Anda bisa memberikan lebih dari itu.

Sekian sedikit informasi mengenai Pantai Baruna yang unik ini semoga membantu dan selamat berlibur!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati