Tips Mendapatkan Harga Tiket Pesawat Murah

Diposting pada

Sebentar lagi musim liburan telah tiba, sudahkah kamu merencanakan mau liburan kemana? Namun kamu tak kunjung membeli tiket pesawat karena harganya yang masih terbilang mahal?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa harga tiket pesawat dengan tujuan kemanapun terbilang cukup mahal. Oleh karenanya banyak orang yang berlomba-lomba berburu tiket ketika sedang promo. Namun bagaimana caranya jika ingin mendapatkan harga tiket pesawat murah terbaru ketika tidak ada promo sekalipun?

Berikut adalah tips mendapatkan harga tiket pesawat murah tanpa menunggu promo yang dapat kamu coba.

Pesawat
Pesawat

Tentukan Periode Perjalanan

Ketika menjelang peak season atau musim libur sekolah atau lebaran, dapat dipastikan bahwa harga tiket pesawat akan melambung tinggi. Ada baiknya jika kamu menggeser jadwal liburanmu ke periode off-season atau pada waktu di mana setelah libur panjang.

Selain itu, kamu juga bisa menjadwalkan liburanmu ketika weekdays, mengapa? Karena terbang pada weekdays cenderung lebih murah daripada terbang ketika weekend. Nah, kalian juga bisa memilih penerbangan pagi atau tengah malam, karena di jam-jam tersebut biasanya harga tiket pesawat juga lebih murah.

Fleksibel dalam Memilih Destinasi Liburan

Ketika kamu tidak bisa fleksibel dalam mengatur periode liburan, maka kamu harus lebih fleksibel dalam menentukan destinasi liburanmu. Apa lagi dewasa ini sudah banyak layanan yang dapat membantumu mencari destinasi wisata dengan harga tiket pesawat jauh lebih murah harganya, kamu bisa mencoba situs seperti Google Flights dan Traveloka.

Terbang dengan Low Cost Carrier

Jika kamu berencana untuk liburan ke luar negeri, ada baiknya jika kamu coba cari tahu lebih lanjut tentang Low Cost Carrier atau LCC yang melayani penerbangan ke negara yang ingin kamu tuju.

Sekarang ini sudah banyak LCC yang melayani penerbangan jarak jauh, salah satunya adalah AirAsia. Jika kamu terbang menggunakan LCC maka harga tiket pesawat yang ditawarkan memang lebih murah, namun kamu tetap harus mewaspadai biaya tambahan yang akan dibebankan ke kamu.

Pada umumnya LCC akan membebankan biaya tambahan untuk bagasi, cetak boarding pass, dan pembayaran yang menggunakan kartu kredit. 

Gunakan Poin dan Miles

Kamu bisa mendaftar keanggotaan sebagai frequent flyer, ketika kamu sudah menjadi pelanggan setia suatu maskapai penerbangan. Nah, dengan menjadi anggota frequent flyer ini kamu bisa mendapatkan poin dan miles yang kemudian bisa kamu tukar dengan tiket gratis.

Jangan khawatir, poin dan miles ini tidak hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu sering melakukan penerbangan, namun ada banyak maskapai yang telah bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit dan online shopping yang di mana jika kamu melakukan transaksi kamu bisa mendapatkan poin dan miles.

Cari Tiket untuk Satu Orang

Ketika kamu cari tiket untuk rombongan, alangkah lebih baik jika kamu tidak membeli banyak tiket sekaligus dalam satu kali transaksi. Karena maskapai biasanya akan menunjukkan harga tiket termahal dalam tiket rombongan.

Contohnya jika kamu ingin mencari lima kursi, maka maskapai akan mencarikan lima kursi dengan harga tiket paling mahal. Jika kursi A harganya 1 juta, kursi B 2 juta, kursi C 2,5 juta, kursi D 3 juta, kursi E 3,4 juta, maka setiap kursi akan dihargai dengan harga termahal yaitu 4 juta.

Jadi lebih baik cari kursi untuk 1 orang dan setelah proses check out selesai kemudian pilih kursi yang kamu mau, jadi kamu bisa duduk bareng teman-teman kamu.

Liburan Ke Pantai
Liburan Ke Pantai

Aktifkan Fitur Price Alerts

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mendapatkan notifikasi tentang harga dan waktu perjalanan yang paling cocok dengan budget yang telah kamu persiapkan. Untuk bisa mendapatkan fitur ini kamu bisa akses dari layanan Skyscanner atau Traveloka.

Jangan Menunggu Lama

Nah ini dia strategi mendapatkan harga tiket pesawat murah terbaru yang paling penting adalah jangan menunggu terlalu lama. Jika kamu sudah tau mau pergi kemana dan kapan kamu akan berangkat, alangkah lebih baiknya kamu langsung membeli tiket pesawat.

Mengapa? Karena akan hanya sedikit kemungkinan harga tiket pesawat yang kamu inginkan akan semakin murah menjelang keberangkatan.

Daripada kamu masih terus-terusan menunggu promo tiket murah yang belum tentu anda, lebih baik kamu segera beli tiketmu sekarang, terlebih lagi jika penerbangan mu masih jauh-jauh hari.