Padang Lavender Mont Ventoux di Oro-Oro Ombo Gunung Semeru

Diposting pada

Para pendaki atau pecinta gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan Oro-Oro Ombo yang ada di Gunung Semeru dong. Jika mendaki di Gunung Semeru pasti akan melewati beberapa pos. Mulai dari Pos 1, Pos 2, Pos 3, dan Puncak Mahameru.

Oro-oro Ombo (instagram.com)

Ketika mendaki Anda juga akan menemui suatu padang savana setelah melewati Tanjakan Cinta dan Ranu Kumbolo yang bernama Oro-Oro Ombo.

Bagi yang pertama kali berkunjung ke Gunung Semeru pasti akan kagum dengan lautan warna ungu, bahkan tak sedikit orang yang membandingkannya dengan padang Bunga Lavender di Mont Ventoux, Prancis.

Pada bulan April sampai Mei, Oro-Oro Ombo ini biasanya ditumbuhi Bunga Verbana berwarna ungu yang pastinya akan memanjakan mata Anda sebelum sampai di Cemoro Kandang dan Kalimati atau area camp terakhir Gunung Semeru.

Ingat! yang tumbuh di Gunung Semeru itu Bunga Verbana Brasiliensis ya bukan Lavender yang untuk mengusir nyamuk itu.

Ketika Bunga Verbana ini bermekaran maka Oro-Oro Ombo akan terlihat seperti lautan warna ungu. Keindahannya yang begitu mempesona membuat Oro-Oro Ombo dijadikan tempat untuk memenuhi galeri Instagramnya nih.

Advertisement nature photography

Jika Anda ingin menikmati keindahan ini, Anda bisa mengatur jadwal mendaki yaitu pada bulan April sampai Mei. Bunga Verbana ini ternyata cukup tinggi lho, tinggi bunga ini sekitar 1 sampai 2 meter.

Di balik kecantikannya, ternyata Bunga Verbana ini merupakan tanaman invasif atau suatu sifat tanaman yang mengakibatkan ancaman bagi ekosistem sekitar karena ia menyerap air sangat banyak sehingga daerah sekitarnya menjadi kering.

Saat ini Bunga Verbana sudah menguasai kurang lebih sekitar 20 hektar kawasan Oro-Oro Ombo. Bunga Verbana di Oro-Oro Ombo dikhawatirkan akan terus tumbuh dan mengganggu ekosistem maka bunga ini dibolehkan atau bahkan dianjurkan untuk dipetik.

Gunung Semeru (instagram.com)

Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang merekomendasikan untuk mencabut bunga ini. Jika ingin mencabut jangan lupa bawa wadah atau kantong sampah ya agar butir-butir bunganya tidak berserakan dan mengakibatkan bunganya tumbuh dimana-mana. Jadi ini beda ya dengan Bunga Edelweis yang dilarang keras untuk dipetik.

Seperti yang sudah dijelaskan, Bunga Verbana ini boleh bahkan dianjurkan untuk dipetik. Jadi ketika Anda menemui seorang pendaki yang lewat lalu lalang di Instagram dengan pose membawa Bunga Verbana yang sudah tercabut jangan dihujat ya, kecuali kalau posenya dengan Bunga Edelweis tuh.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata alam Oro-Oro Ombo. Yuk segera luangkan waktu untuk berlibur ke tempat wisata yang satu ini!

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.