Biogeografi: Pengertian dan Jenisnya

Diposting pada

Tahukah Anda bahwa persebaran fauna di Indonesia itu terbatas oleh tata ruang dan waktu?

Hal ini bisa terjadi karena terdapat pembatas-pembatas alami yang tidak memungkinkan berbagai fauna untuk melaluinya. Batas-batas alam ini misalnya gunung, tebing, bukit, sungai yang lebar, lautan, padang pasir, dan danau.

Padang Pasir (pixabay.com)

1. Pengertian Biogeografi

Biogeografi adalah suatu istilah biologi mengenai pola distribusi flora dan fauna dalam skala waktu dan ruang.

2. Jenis-Jenis Biogeografi

Bila dilihat distribusi flora dan fauna di Indonesia, kawasan biogeografi kita terbagi menjadi biogeografi Sunda, Sahul, dan Wallace.

Ada dua kawasan biogeografi utama, yaitu Sunda (Oriental) dan Sahul (Australia) serta yang menjadi tambahan yang merupakan campuran keduanya disebut Wallacea.

Biogeografi oriental adalah biota berasal dari dan berafiliasi dengan kawasan Asia, yaitu Jawa, Kalimantan, dan Sumatera, kawasan ini sering disebut dengan kawasan Sunda. Kemudian biogeografi lain adalah Australia dan di Indonesia yang masuk ke dalam biogeografi ini terdiri atas Kepulauan Aru dan Papua, atau sering disebut dengan Kawasan Sahul.

Advertisement nature photography

Di antara kedua biogeografi besar itu yang biotanya merupakan campuran dan bahkan menjadi khas tersendiri disebut biogeografi Wallacea yang terdiri atas Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Selain itu, John dan Kathy MacKinnon (1986) serta Mackinnon dan Arta (1982) telah mengidentifikasi tujuh unit biogeografi utama di seluruh Indonesia, yakni Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, Sunda Kecil, Maluku, dan Irian.

Masing-masing unit ini diidentifikasi lagi dalam sub-unit yang ada. Di dalam unit itu, prioritas utama yang disarankan adalah kawasan perlindungan yang besar yang meliputi ekosistem utama.

Sebagai contoh, unit biogeografi Sumatera terdapat 7 sub-biogeografi dengan batasan-batasan dari penyebaran flora dan faunanya.