KeMANGTEER Jakarta, Sebuah Komunitas Peduli Mangrove

Diposting pada

Bencana alam yang saat ini sudah terjadi, tidak jarang membuat kerusakan bagi alam itu sendiri mulai dari bagian hulu hingga hilir. Keberadaan alam yang lestari sudah sangat minim jumlahnya, apalagi di kota besar seperti Jakarta yang memiliki banyak gedung pencakar langit di setiap sudut kotanya. Dampaknya akan sangat terasa bagi seluruh makhluk hidup yang ada, termasuk hewan, tumbuhan, dan manusia itu sendiri.

Kondisi mangrove di Indonesia semakin berkurang tiap tahun karena adanya alih fungsi lahan. Kondisi tersebut menggerakan pemuda-pemudi untuk mendirikan sebuah komunitas yang peduli terhadap rehabilitasi alam, khususnya pada ekosistem mangrove.

Kegiatan KeMANGTEER Jakarta
Kegiatan KeMANGTEER Jakarta

KeSEMat Mangrove Volunteer atau yang kerap di singkat KeMANGTEER merupakan sebuah komunitas nirlaba banyak minat dan kepedulian terhadap ekologi mangrove. Komunitas yang didirikan tahun 2009 ini secara aktif mengampanyekan pentingnya ekologi mangrove sebagai bagian dari lingkaran kehidupan.

Bagi KeMANGTEER, menanam mangrove adalah salah satu cara dari komunitas ini untuk merawat lingkungan lebih baik lagi.

Saat ini, KeMANGTEER sudah berkembang masif di 12 wilayah di Indonesia, yaitu meliputi Langsa, Medan, Dumai, Bengkalis, Serang, Tangerang, Karawang, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Jakarta. Banyak remaja dan pemuda yang ikut serta dalam kegiatan KeMANGTEER di setiap wilayahnya. Khusus di Jakarta, saat ini terdapat 12 pengurus inti dan 61 orang volunteer yang selalu bertambah setiap harinya.

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh KeMANGTEER Jakarta antara lain Kegiatan Tanam dan Pelihata Mangrove (Ketapel) yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali dan Mangrove Camp yang dilaksanakan 1 tahun sekali. Tidak hanya kedua kegiatan tersebut, komunitas ini juga melakukan penanaman mangrove, edukasi mangrove dari sisi ekologi dan ekonomi, serta kampanye seputar isu mangrove.

Advertisement nature photography
Ketapel Mangrove
Ketapel Mangrove

Agenda terdekat yang akan dilaksanakan adalah Ketapel Mangrove yang akan dilaksanakan Januari nanti. Catat agendanya, nih!

Menurut Nathasi Fadhlin, Ketua KeMANGTEER Jakarta, memilih mangrove karena memiliki banyak manfaat meskipun tanaman yang kurang populer. Manfaat mangrove yaitu sebagai mitigasi bencana dan perubahan iklim secara alami. Hal tersebut mendasari Nathasi untuk melakukan konservasi secara berkelanjutan dan profesional pada mangrove. Selain itu, Ia juga ingin memasyarakatkan mangrove kepada generasi muda.

Nathasi Fadhlin, Ketua KeMANGTEER Jakarta
Nathasi Fadhlin, Ketua KeMANGTEER Jakarta

“Selagi kita sehat, lakukanlah banyak menanam pohon terutama mangrove. Karena mangrove menjadi pencegah bencana alam pesisir, penyedia oksigen 2 kali lebih besar dari pohon umumnya, menyerap karbon 5 kali lebih besar, dan menjadi tempat pemijahan berbagai biota laut. Berbuat baiklah kepada bumi karena perbuatan baik itu menular” Pesan Nathasi kepada seluruh pembaca.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi media sosial yang dimiliki oleh KeMANGTEER Jakarta.
Youtube: KeMANGTEER JKT
Website: kemangteerjakarta.wordpress.com
Twitter: kemangteerjkt
Instagram: kemangteerjkt