Kebun Teh Kayu Aro Jambi, Kebun Teh Terbesar Kedua di Dunia

Diposting pada

Teh merupakan salah satu minuman yang paling diminati banyak orang di seluruh dunia. Terdapat banyak jenis teh yang tersebar di ribuan kebun, salah satunya adalah Kebun Teh Kayu Aro yang merupakan kebun teh terbesar kedua di dunia setelah Darjeeling Tea Plantation India. Artinya, kebun teh ini merupakan kebun teh terbesar pertama di Indonesia.

Kebun Teh Kayu Aro (instagram.com)
Kebun Teh Kayu Aro (instagram.com)

Berawal dari tahun 1925 masa kolonial Belanda yang kemudian diambil alih Pemerintah Indonesia tahun 1959. Teh yang ditanam di Kebun Teh Kayu Aro adalah Teh Ortodoks atau Teh Hitam. Teh di sini sudah diakui memiliki kualitas dan rasa yang enak lho.

Jika Anda mencari tempat yang sejuk dan tenang silahkan berkunjung ke Kebun Teh Kayu Aro saja. Di sini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan, segarnya udara di pegunungan sembari berjalan di antara hamparan teh yang sangat luas.

Anda juga bisa membantu para karyawan untuk memetik tunas teh yang siap diolah. Kegiatan-kegiatan tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin menjernihkan pikiran dari pusingnya aktivitas harian.

Selain cocok untuk menjernihkan pikiran karena suasananya yang tenang dan sejuk, Anda juga bisa melihat proses pembuatan teh lho. Terdapat beberapa pabrik yang sudah dibangun sejak 1925 dan masih digunakan untuk proses pembuatan teh sampai sekarang.

Proses pembuatan teh di Kebun Teh Kayu Aro :

Advertisement nature photography

Pertama, pemeliharaan tanaman dan kemudian pemetikan daun teh yang siap diolah.

Kedua, adalah proses pelayuan. Proses pelayuan merupakan tahap yang paling penting dalam pembuatan teh. Proses ini menggunakan keseimbangan suhu, kelembapan, dan aliran udara guna mengurangi kelembapan di dalam daun. Proses Pelayuan juga berguna untuk mengurangi bau rumput dan memungkinkan senyawa rasa di teh untuk berkembang. Proses ini membutuhkan waktu selama 18-22 jam.

Ketiga, daun teh yang sudah layu akan digantung sampai kering kemudian dimuat ke dalam truk untuk proses selanjutnya di pabrik.

Keempat, yaitu proses fermentasi dan proses pengujian. Teh yang sudah kering akan dipisahkan menjadi beberapa bagian berdasarkan kualitasnya.

Jika belajar tentang proses pembuatan teh merasa masih kurang, Anda bisa juga nih main-main ke beberapa tempat di sekitar Kebun Teh Kayu Aro seperti Gunung Kerinci, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Danau Kerinci.

Pemandangan Kebun Teh Kayu Aro (instagram.com)
Pemandangan Kebun Teh Kayu Aro (instagram.com)

Di sekitar Kebun Teh Kayu Aro ini memang tidak ada hotel. Tapi jangan khawatir dulu, meskipun tidak ada hotel Anda bisa menginap di homestay yang cantik hehe.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Kebun Teh Kayu Aro. Bagi Anda yang sedang penat, pusing, atau lelah karena kerjaan yang tidak ada habisnya, main saja ke Kebun Teh Kayu Aro, dijamin penat langsung bablas haha.

 

Editor:
Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.