Budidaya Indigofera, Sejahterakan Petani

Diposting pada
Penyuluhan Petani untuk Menanam Indigofera
Penyuluhan Petani untuk Menanam Indigofera

Spesies Indigofera sp. atau seringkali hanya dikenal dengan sebutan tanaman indigofera adalah tanaman yang digunakan sebagai pakan ternak. Tanaman ini memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada pakan yang lainnya, bahkan kandungan protein rumput odot kalah dengan tanaman ini.

Pembudidayaan indigofera pun terbilang cukup mudah. Mengingat tanaman ini mudah dan cepat dibudidayakan serta memiliki ketahanan yang cukup bagus terhadap serangan hama. Selain itu, tanaman ini tidak memerlukan lahan yang luas untuk budidayanya karena jarak tanamnya sendiri sekitar satu meter saja. Alhasil petani bisa membudidayakan tanaman ini di lahan yang sempit sekalipun.

Mengingat besarnya potensi dari pembudidayaan indigofera, PT Tirta Investama Plant Subang, Institut Pertanian Bogor, dan PT Jauhar Hidro Mekatron berinisiasi untuk membudidayakan tanaman ini dengan cara memberdayakan petani lokal.

Petani yang dilibatkan dalam budidaya tanaman indigofera berasal dari kampung Bantar Panjang, desa Darmaga, kecamatan Cisalak dan kampung Cipondok, desa Pasanggrahan, kecamatan Kasomalang.

Sebagai langkah awal budidaya tanaman ini, Dr Ir Nana Mulyana Arifjaya, MSi dari Institut Pertanian Bogor dan H Taryat Ali selaku pemilik bisnis peternakan melakukan inisiasi pembuatan kelompok tani dengan komoditas pertanian tanaman indigofera.

Pelatihan dan diskusi pembuatan kelompok tani dilakukan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 di pendopo Taman Keanekaragaman Hayati Aqua Plant Subang.

Nantinya, kelompok tani ini dapat menggunakan sebagian lahan dari Taman Kehati Aqua Plant Subang untuk budidaya indigofera. Area riparian dan areal yang berbatasan dengan sawah masyarakat dapat dialokasikan untuk budidaya tanaman ini.

Hasil panen dari tanaman ini kemudian dapat langsung dijual dengan harga tinggi kepada peternakan yang dikelola oleh Pak Taryat sehingga petani tidak perlu bingung untuk menjual hasil panennya.

Komitmen baik dari Aqua ini sebagai langkah awal membangun pertanian mandiri dan lestari untuk para petani di sekitar pabrik Aqua Subang.