EKSPEDISI MANAJEMEN HUTAN 2019: Strategi dan Tantangan Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan

Diposting pada

Setelah sukses melaksanakan Ekspedisi Manajemen Hutan yang mengangkat perhutanan sosial di KPH Produksi Unit I Kerinci, Jambi pada tahun 2018. Tahun ini, Himpunan Mahasiswa Manajemen Hutan, Forest Management Students’ Club (FMSC), Institut Pertanian Bogor akan melaksanakan Ekspedisi Manajemen Hutan 2019 di KPH Lindung Kotaagung Utara, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Perbedaan dari ekspedisi tahun lalu adalah mengangkat program perhutanan sosial yang sudah berjalan dan menghasilkan sebuah nilai bagi masyarakat.

Ekspedisi diikuti oleh 34 orang Mahasiswa Manajemen Hutan angkatan 53 dan 54 serta seorang dosen pendamping dari Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan IPB.

Rencananya, kegiatan akan dilaksanakan pada 31 Juli s.d. 8 Agustus 2019  yang bertempatkan di Hutan Kemasyarakatan (HKm) Beringin Jaya, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Upacara Pelepasan Ekspedisi
Upacara Pelepasan Ekspedisi

Tahun ini, Ekspedisi Manajemen Hutan mengusung tema “Strategi dan Tantangan Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan” studi kasus HKm Beringin Jaya, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

HKm Beringin Jaya memperoleh ijin berdasarkan SK Menteri Kehutanan (Menhut)  No. 886/Menhut-II/2013 pada 11 Desember 2013 dan SK Bupati  No.B.465/34/II/2014 pada 30-12-2014.

HKm Beringin Jaya masuk dalam wilayah Pekon Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung Reg. 30 Gunung Tanggamus dengan luas lahan HKm 871 ha.

Lokasi ini dipilih karena HKm Beringin Jaya memiliki beberapa prestasi seperti juara 1 tingkat nasional lomba wana lestari pada tahun 2016, mendapatkan pinjaman lunak senilai 1,76 miliar rupiah oleh bank BRI, mendapatkan pinjaman dana bergulir (BLU) senilai 3,3 miliar rupiah, serta kerjasama dengan lembaga ataupun perusahaan lainnya dalam bidang pemasaran hasil hutan.

Komoditas yang unggulan dari HKm ini adalah kopi.

Tujuan dari Ekspedisi Manajemen Hutan 2019 ini adalah untuk mengidentifikasi fenomena sosial, ekonomi, dan lingkungan terdampak HKm, menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder kehutanan (masyarakat sekitar hutan, pengelola HKm, dan pemerintahan), serta sekaligus meningkatkan kapabilitas mahasiswa kehutanan khususnya mahasiswa Manajemen Hutan IPB di bidang kehutanan.

Poster Ekspedisi Manajemen Hutan 2019
Poster Ekspedisi Manajemen Hutan 2019

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat mendapatkan ilmu dan pembelajaran secara nyata yang terjadi di lapang khususnya di bidang kehutanan, serta merupakan ajang mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan ke masyarakat.

Gambar Gravatar
Mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB berasal dari Bogor yang ingin belajar menulis dan berpetualang mencari sesuatu. Aktif di Himpunan Mahasiswa Manajemen Hutan FMSC sebagai Staff Scientific Development dan menjadi Asisten Praktikum di beberapa mata kuliah divisi perencanaan hutan.