Manajemen Hutan: Pengertian, Jurusan, Prospek Pekerjaan, dan Tantangan

Diposting pada

Manajemen hutan merupakan salah satu jurusan yang ada di bawah Fakultas Kehutanan. Karena hutan Indonesia yang masih sangat luas, yaitu lebih dari setengah dari luas daratan di Indonesia maka dari itu kebutuhan akan lulusan manajemen hutan masih sangat dibutuhkan.

Bukan hanya sektor kehutanan saja yang menjadi prospek kerja lulusan manajemen hutan ini, berkat kemampuan analisis, manajemen, pemetaan, dan kemampuan lainnya yang dimiliki lulusan manajemen hutan, lulusan manajemen hutan dapat bekerja di berbagai sektor.

Sampai saat ini pun masih sangat banyak perusahaan kehutanan yang membutuhkan lulusan manajemen hutan dengan gaji yang cukup menggiurkan.

Manajemen Hutan

DAFTAR ISI
1. Pengertian Manajemen Hutan
2. Jurusan Manajemen Hutan di Indonesia
3. Jurusan Manajemen Hutan Terbaik di Indonesia
4. Laboratorium di Jurusan Manajemen Hutan
5. Tantangan Lulusan Manajemen Hutan
6. Prospek Pekerjaan Lulusan Manajemen Hutan
7. Mata Kuliah di Jurusan Manajemen Hutan

1. Pengertian Manajemen Hutan

Manajemen hutan berdasarkan organisasi pangan dan pertanian dunia, FAO (Food and Agricultural Organization) adalah sebagai berikut

“Manajemen hutan adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan dan penggunaan hutan untuk memenuhi tujuan terintegrasi dari lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya.”

Hal ini menyebabkan manajemen hutan berkaitan dengan aspek administratif, ekonomi, hukum, sosial, teknis, dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan hutan alam maupun hutan tanaman.

2. Jurusan Manajemen Hutan di Indonesia

Jurusan Manajemen Hutan di Indonesia

Jurusan manajemen hutan cukup banyak tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari universitas terbaik bangsa sampai universitas terujung di Indoneisa, Papua memiliki jurusan ini.

Berikut adalah daftar universitas yang memiliki jurusan manajemen hutan yang dilengkapi dengan hasil akreditasi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

No.Nama UniversitasNilai Akreditasi
1Institut Pertanian Bogor (IPB)A
2Universitas Gadjah Mada (UGM)A
3Universitas Lambung Mangkurat (ULM)B
4Universitas Negeri Papua (Unipa)C
5Universitas Palangkaraya (Unpar)C
6Universitas Pattimura (Unpatti)C
7Universitas Al Amin Muhammadiyah SorongC
8Universitas Lancang KuningB
9Universitas Muhammadiyah PaluC
10Universitas Nuku, Maluku UtaraC
11Universitas Simalungun, PematangsiantarC

 

3. Jurusan Manajemen Hutan Terbaik di Indonesia

Manajemen Hutan IPB

Jurusan manajemen hutan terbaik di Indonesia adalah jurusan manajemen hutan, Institut Pertanian Bogor, berdasarkan kriteria tenaga pendidik, lulusan, mobilisasi ke luar negeri, dan penelitian ilmiah.

Jurusan manajemen hutan IPB memiliki tenaga pendidik yang luar biasa, jumlah dosen berstatus profesor di jurusan ini saja paling banyak di antara jurusan yang sama di universitas yang lain. Selain itu, banyak tenaga pendidik di jurusan ini yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi terbaik di Jerman, Jepang, Amerika Serikat, dan Perancis.

Berdasarkan lulusannya, lulusan manajemen hutan IPB dan UGM bersaing di berbagai sektor kehutanan, seperti sektor kementerian, lembaga swadaya masyarakat, perusahaan kehutanan, dan lain-lain.

Mobilisasi dan penelitian ilmiah di Manajemen Hutan, Institut Pertanian Bogor pun cukup baik. Banyak mahasiswa dan tenaga pendidik yang mengikuti konferensi internasional di luar negeri untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan kehutanan di Indonesia.

Manajemen Hutan, IPB pun membuka program untuk pasca sarjana, yaitu program pasca-sarjana Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH) yang telah banyak mencetak dosen-dosen dan staff ahli kehutanan di Indonesia.

4. Laboratorium di Jurusan Manajemen Hutan

Kegiatan Manajemen Hutan

Terdapat beberapa bagian laboratorium di jurusan manajemen hutan. Pembagian laboratorium ini biasanya dibagi menjadi empat bagian, yaitu Perencanaan Hutan, Pemanfaatan Hasil Hutan, Pengelolaan DAS dan Hidrologi Kehutanan, serta Sosial dan Ekonomi Kehutanan.