Danau Matano Sulawesi Selatan, Danau Terdalam di Asia Tenggara

Diposting pada

Kapan sih tidak bangga dengan Indonesia? Di sini semuanya ada mulai dari pantai tercantik sampai danau terdalam seperti rasa yang dipendam dalam lubuk hati yang paling dalam. Astaga!!

Danau Matano (instagram.com)
Danau Matano (instagram.com)

Danau terdalam di Asia Tenggara ini berada di Indonesia namanya Danau Matano. Kedalamannya mencapai 590 meter lho. Tidak hanya menjadi yang terdalam di Asia Tenggara dan Indonesia namun danau ini termasuk yang paling dalam sedunia dengan urutan ke-8. Harus bangga nih!

Lokasi Danau Matano ada di Kawasan Pegunungan Verbek, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Pemandangan Danau Matano sangatlah indah. Wisata alam ini mempunyai air yang berwarna biru seperti lautan. Di sini juga ada ribuan mata air yang muncul karena gerakan tektonik dalam lapisan batuannya. Panorama alam di sekitar juga sangatlah segar. Dijamin betah deh!

Di Danau Matano Anda tidak hanya bisa bermain air, namun Anda juga bisa berkunjung ke gua yang ada di pinggir danau. Tiga dari enam gua yang ada di sana berada tepat di bibir danau bahkan bisa tembus langsung ke danau lho. Di dalam gua terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti parang, tombak, dan peralatan rumah lainnya yang terbuat dari kuningan.

Ada juga nih gua yang letaknya tidak jauh dari pemukiman warga. Gua tersebut dihuni oleh banyak kelelawar. Di sana juga terdapat banyak tengkorak dan tulang belulang sehingga dinamai Gua Tengkorak.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa ke sejumlah pulau yang ada di tengah danau menggunakan perahu motor Matano Yacht Club. Hanya butuh waktu sekitar 40 menit saja untuk mencapai pulau tersebut.

Danau Matano dihuni oleh banyak spesies fauna endemik seperti kepiting, udang, ikan, dan siput. Namun tak hanya itu, di danau ini ada ikan yang termasuk dalam jajaran spesies langka di dunia yaitu Ikan Buttini. Warnanya yang kecoklatan dan bentuknya mirip dengan binatang purba membuat ikan ini disebut sebagai ikan purba.

Liburan di Danau Matano (instagram.com)
Liburan di Danau Matano (instagram.com)

Danau Matano dikelola oleh Pemerintah Daerah sehingga fasilitas yang tersedia lumayan lengkap seperti adanya perahu kano, rafting, shelter, dan lain sebagainya. Ada juga banana boat yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Anda akan dikenakan tiket seharga Rp 10.000 untuk masuk ke area danau. Biaya ini belum termasuk wahana yang ada seperti tiket perahu menuju pulau di tengah danau.

Danau Matano buka 24 jam jadi Anda bisa bebas kapan saja main ke sana.

Jika Anda dari Makassar silahkan ke Terminal Bus Makassar untuk menuju ke Danau Matano. Di sana lumayan banyak perusahaan otobus yang melayani trayek Makassar-Sorowako. Sesampainya di Sorowako langsung saja menuju Matano dengan ojek menuju Dermaga Pantai Ide.

Buat Anda yang bingung liburan mau kemana langsung cus ke sini aja kuy!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati