Curug Cimahi atau yang sering dikenal dengan nama Curug Pelangi terletak di Jalan Kolonel Masturi, kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Destinasi wisata alam ini sangat mudah untuk dijangkau dan tentunya memiliki panorama yang menyejukan dan sangat cocok untuk melepas penat anda.

Curug merupakan kata dari Bahasa Sunda yang bermakna air terjun. Destinasi wisata alam ini dulunya bernama Curug Cimahi, namun untuk mempopulerkan tempat wisata ini pihak Perhutani menyulap Curug Cimahi menjadi Curug Pelangi. Tentunya hal ini berhasil menggaet para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Curug Pelangi.

Suasana Alam di Sekitar Curug Pelangi

Perubahan nama menjadi Curug Pelangi bukan tanpa sebab, air terjun yang dulunya biasa saja sebelum dikelola dengan baik sekarang memiliki berbagai warna menyerupai pelangi yang berasal dari sorotan lampu-lampu yang disediakan dengan apik.

Untuk melihat Curug Pelangi sedang memendarkan cahaya, anda harus datang mulai dari pukul 5 sore karena pada saat inilah cahaya lampu mulai memperlihatkan keindahannya. Apabila anda siang-siang datang ke sini, sangat disayangkan karena tidak dapat melihat kemilau cahayanya.

Ketinggian Curug Pelangi ini adalah sekitar 87 meter, lokasinya pun masih sangat asri karena dikelilingi oleh pepohonan dan bebatuan yang menjadikan lokasi ini sangat eksotis.

Air di curug ini berasal dari Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang yang juga merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat menjanjikan di Bandung.

Keanekaragaman hayati di lokasi ini pun masih cukup terjaga, terbukti dengan banyaknya spesies monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang seringkali terlihat mondar-mandir di sekitar curug ini. Namun tentunya anda tidak perlu khawatir karena monyet-monyet ini tidak akan menyerang para pengunjung.

Untuk mencapai bagian dasar dari air terjun cantik ini kita harus menuruni bukit terlebih dulu. Jumlah anak tangga yang harus anda turuni sebanyak 587 anak tangga, tapi tenang aja lelah anda nantinya akan terbayar setelah menikmati air terjun Curug Pelangi ini.

 

Tips Berkunjung

Jangan pernah berliburan tanpa membawa kamera yah, begitu pula dengan berlibur ke Curug Cimahi alias Curug Pelangi. Kamera yang digunakan dapat berjenis DSLR, Mirrorless, atau kamera hape sekali pun sudah sangat cukup.

Di lokasi ini pun terdapat balkon yang dapat anda gunakan untuk memotret keindahan air terjun penuh warna ini. Balkon ini pun dapat anda gunakan untuk bersantai, berfoto ria, meminum kopi, dan makanan atau minuman lainnya.

Anda juga hangan terlalu khawatir karena fasilitas umum di sini cukup lengkap. Di sini telah tersedia area parkir yang luas, toilet umum, tempat beribadah, dan kantin.

 

Akses Menuju ke Curug Pelangi

Apabila anda dari Jakarta atau daerah Jabodetabek, pastikan anda keluar dari pintu tol Pasteur. Selanjutnya jangan melalui fly over, tetapi ambil lajur sebelah kiri kemudian menuju arah Jalan Sukajadi, lurus terus menuju arah lembang, belok kiri di Jalan Sersan Bajuri, kemudian lurus ke arah Cimahi melewati Universitas Advent Indonesia, dan pada akhirnya anda akan sampai di lokasi ini.

Jalan menuju ke destinasi wisata alam ini sangat mudah dan jalannya tidak banyak yang berlubang sehingga pastinya akan sangat nyaman ketika kita berkendara.

Agar tidak membingungkan berikut adalah peta lokasi dari Curug Pelangi ini.

Sesampainya di lokasi, nanti jangan lupa untuk membayar tiket masuk dulu ya. Harga tiket masuk apabila belum berubah harganya adalah 12 ribu rupiah pada weekdays dan hanya 15 ribu rupiah pada saat weekend.

 

Baca juga:  Pulau Derawan, Pesona Elok Kalimantan Timur

Foto-Foto Keindahan Curug Pelangi

Berikut adalah berbagai foto-foto yang menampilkan keelokan dari Curug Cimahi alias Curug Curug Pelangi.

Balkon di Air Terjun Pelangi

Balkon ini adalah tempat yang sangat cocok untuk memandang Curug Pelangi dari kejauhan.

 

Air Terjun Cimahi yang Indah

Selain bisa dinikmati dari atas, kita juga dapat lebih dekat dengan Curug Cimahi ini.

 

Tangga Menuju Dasar Curug Pelangi

Inilah suasana ketika anda menuruni ratusan anak tangga untuk mencapai dasar dari Curug Pelangi.

 

Suasana Curug Pelangi pada Malam Hari

Air terjun ini akan sangat terlihat indah pada malam hari.

 

Keindahan Alam Curug Cimahi

Inilah suasana di bagian bawah dari air terjun Cimahi.

 

Bersantai Bersama Orang Tercinta di Curug Pelangi

Terakhir jangan lupa ajak orang-orang terkasih untuk menikmati keindahan wisata alam ini yah.

 

Agar destinasi wisata alam ini terus terjaga, jangan sampai kita membuang sampah sembarangan yang akhirnya akan mengotori dan merusak keindahan alam Curug Pelangi ini. Yuk jaga alam kita bersama-sama.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel destinasi wisata alam yang lainnya yah.

 

Referensi:

Dokumentasi Dapyuk (dot) com

Curug Cimahi, Air Terjun yang Disulap Menjadi Curug Pelangi!
Rating: 4.7 from 11 votes