Pertanian merupakan sektor terpenting dalam pemenuhan kebutuhan pakan, terutama di Indonesia, namun kurangnya lahan pertanian adalah salah satu permasalah dalam sektor pertanian. Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan sebuah ide yang solutif untuk menjawab masalah tersebut, yaitu dengan adanya AGROVILL.

AGROVILL merupakan program sosial mahasiswa IPB yang berbasis pertanian dan kehutanan yang bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kurangnya lahan untuk bercocok tanam, memberikan pemahaman tentang agroforestry kepada masyarakat, memberikan pelatihan bagaimana cara bercocok tanam untuk tanaman pertanian dan kehutanan di lahan yang sempit, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.

Foto bersama Tim Agrovill dengan Warga Desa Sukamakmur

Foto bersama Tim Agrovill dengan Warga Desa Sukamakmur

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang pengabdian kepada masyarakat yang beranggotakan mahasiswa Silvikultur, Fakultas Kehutanan yaitu Muhamad Yusuf, Rina Agustin Murdianti, Karima Fauziah, Syifa Paxia R, dan Liviana Makrufah, di bawah bimbingan Bapak Lufthi Rusniarsyah, SP, MSi.

AGROVILL atau Agroforestry Village, ditujukan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu di RT 04 RW 03, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Bogor. Program ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang bercocok  tanam dengan sistem agroforestri yang sesuai dengan kondisi lahan yang ada, memberikan ruang utuk kegiatan pertanian tanpa membuka wilayah hutan, berkontribusi untuk menjaga lingkungan, serta pemahaman tentang manajemen pengelolaan dan pemasaran hasil pertanian.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mendukung tercapainya tujuan dari program ini adalah dengan melakukan pelatihan bagaimana cara menanam dan merawat tanaman pertanian serta tanaman kehutanan dengan baik. Membuat agroforest center, dimana agroforest center ini merupakan lahan percontohan untuk sistem agroforestri, serta memberikan pengetahuan tentang bagaimana manajemen pengelolaan serta pemasaran hasil pertanian yang sesuai untuk saat ini.

Simulasi Penanaman di Salah Satu Pekarangan Rumah Warga

Simulasi Penanaman di Salah Satu Pekarangan Rumah Warga

Kegiatan Agrovill ini diharapkan dapat menjadikan Desa Sukamakmur sebagai desa percontohan agroforestri yang dapat menjadi pelopor penggunaan sistem pertanian berbasis lingkungan untuk meningkatkan aspek ekonomi, ekologi, dan sosial.  Selain itu dapat memberikan solusi yang konkrit terhadap permasalahan lahan saat ini.

Terciptanya pola agroforestri yang efisien untuk wilayah pedesaan, meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan, serta terbangunya pemahaman masyarakat dan petani tentang manajemen pengolahan serta pemasaran produk hasil pertanian.

Foto bersama Tim Agrovill dan Warga Desa Sukamakmur setelah Kegiatan Kompetisi Pengolahan Produk Hasil Pertanian

Foto bersama Tim Agrovill dan Warga Desa Sukamakmur setelah Kegiatan Kompetisi Pengolahan Produk Hasil Pertanian

 

Informasi Agrovill lebih lanjut dapat diakses melalui:
Whatsapp: 085692327138
Line: @szk2223v
Instagram: @Agrovil_ipb
Twitter: @agrovilIpb
Facebook: agrovil2018

Agrovill, Membawa Masyarakat Lebih Dekat dengan Agroforestri
Rating: 4.4 from 5 votes