Bukit Kapur Sekapuk, Bukit ala Yunani di Gresik Jawa Timur

Diposting pada

Gresik adalah salah satu kota industri di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan semennya.

Selain semen, ternyata Gresik juga punya tempat wisata yang tidak kalah keren dengan kota lainnya lho.

Seperti yang akan dibahas kali ini yaitu Bukit Kapur Sekapuk yang katanya sih mirip dengan tempat-tempat yang ada di Yunani.

Bukit Kapur Sekapuk ini sebenarnya bukanlah tempat wisata karena lokasinya yang berada di tempat penambangan batu kapur.

Dinamakan Bukit Kapur Sekapuk karena bukit kapur ini berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Pemandangan di Bukit Kapur Sekapuk (instagram.com)
Pemandangan di Bukit Kapur Sekapuk (instagram.com)

Keindahan Bukit Kapur Sekapuk

Pada awalnya bukit kapur ini tidaklah berbeda dengan bukit-bukit kapur lainnya.

Advertisement nature photography

Namun setelah digali sejak 1950, tempat ini menjadi bukit yang memiliki kontur tanah berlapis dengan pemandangan yang sangat indah.

Bekas penambangan yang membentuk tebing dan lorong-lorong kapur membuat tempat ini tampak keren dan unik.

Hal ini tentunya membuat banyak orang berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk berfoto ria memenuhi feed instagramnya.

Lokasi atau spot foto favorit yang wajib diabadikan ketika berkunjung ke Bukit Kapur Sekapuk ini adalah lubang berbentuk kotak yang menembus gunung atau tempat para penambang membuat bata kapur dan pilar-pilar kapur yang menjulang tinggi.

Bekas galian yang ada di tengah berupa cekungan itu biasanya akan terisi dengan air ketika musim hujan. Air yang menggenang ini akan berwarna hijau mirip Danau Kaolin yang ada di Belitung.

Tak sedikit pengunjung yang menceburkan diri dari atas bukit ke cekungan berisi air itu untuk menambah pengalaman seru ketika berkunjung ke Bukit Kapur Sekapuk ini.

Tips Berkunjung

Bukit Kapur Sekapuk (instagram.com)
Bukit Kapur Sekapuk (instagram.com)

Ada beberapa tips untuk Anda yang ingin berkunjung ke Bukit Kapur Sekapuk, antara lain:

  1. Jika berkunjung ke Bukit Kapur Sekapuk, sebaiknya datanglah pada siang hari karena truk para penambang belum beroperasi.
  2. Hati-hati ya karena kondisi jalannya sedikit bergelombang.
  3. Gunakan sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari.
  4. Mohon diingat ya, Bukit Kapur Sekapuk ini bukan tempat wisata namun tempat penambangan jadi harus lebih berhati-hati lagi.
  5. Mintalah izin kepada pengelola supaya lebih aman.

Itulah sedikit informasi mengenai Bukit Kapur Sekapuk yang ada di Gresik. Tidak perlu jauh-jauh main ke Yunani deh kalau cuma untuk membuat feed instagram yang keren, lebih baik ke Bukit Kapur Sekapuk aja yang pastinya jauh lebih murah.

 

Editor:

Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.