Bukit Jamur Bungah, Seperti Berkunjung ke Rumah Smurf

Diposting pada

Anda penggemar Smurf? Atau jangan-jangan masih belum tahu Smurf itu apa? Smurf adalah makhluk bertubuh mini, berwarna biru, dan tinggalnya di sebuah rumah yang berbentuk jamur.

Nah, di Gresik ada sebuah tempat wisata mirip seperti rumah Smurf yaitu Bukit Jamur Bungah yang berada di Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur.

Bukit Jamur Bungah (instagram.com)
Bukit Jamur Bungah (instagram.com)

1. Keindahan Bukit Jamur Bungah

Di Bukit Jamur Bungah terdapat banyak bukit-bukit yang bentuknya seperti jamur dan dikelilingi bukit-bukit kapur sisa penggalian tambang batu kapur.

Lokasi yang dianggap unik ini banyak dikunjungi oleh pengunjung yang penasaran oleh keunikannya.

Tak hanya penasaran, dengan berkunjung ke tempat wisata ini Anda juga bisa memenuhi feed instagram dengan foto yang keren lho. Jika di foto dari kejauhan jamur-jamur raksasa dari batu ini membuat Anda terlihat sangatlah kecil.

Sudah mirip Smurf dan rumah jamurnya ya?

Advertisement nature photography

Kenapa bukit-bukit tersebut bisa berbentuk seperti jamur? Jawabannya adalah karena adanya fenomena alam yaitu batu yang terkikis oleh angin (erosi), sehingga bukit tersebut berbentuk seperti jamur.

2. Waktu Buka Bukit Jamur Bungah

Bukit Jamur Bungah ini merupakan lokasi bekas pertambangan. Namun sampai saat ini masih saja ada beberapa penambang yang masih bekerja di sini.

Maka dari itu Bukit Jamur hanya buka pada hari minggu saja agar para pengunjung yang ingin berfoto ria tidak mengganggu para penambang yang sedang mencari nafkah.

Begitu pula sebaliknya, para pengunjung juga tidak akan merasa terganggu dengan keberadaan para penambang yang sedang bekerja.

3. Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Bungah

Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata Bukit Jamur Bungah. Namun bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda cukup membayar uang parkir.

Biaya parkir sebesar Rp 3000 saja untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

4. Tips Berkunjung ke Bukit Jamur Bungah

Berlibur ke Bukit Jamur Bungah (instagram.com)
Berlibur ke Bukit Jamur Bungah (instagram.com)

Ada beberapa tips dan saran untuk Anda agar lebih nyaman dan aman ketika berkunjung ke Bukit Jamur Bungah, antara lain:

  1. Jangan datang pada siang hari ya, karena cuacanya akan sangat panas.
  2. Jangan lupa bawa payung, topi, kaca mata hitam, dan jangan sampai lupa pakai tabir surya atau sunblock juga untuk melindungi dari panasnya sinar matahari dan perlengkapan untuk berpose.
  3. Tidak tersedianya warung makanan membuat Anda wajib membawa bekal dan air minum sendiri dari rumah.
  4. Jangan buang sampah sembarangan, agar tempatnya nyaman dan tidak mengganggu keindahan tempat wisata ini.
  5. Jaga kesehatan agar semakin lancar agenda liburannya.

Bagaimana? Sudahkah ada rencana untuk berfoto ria di Bukit Jamur Bungah? Ayo nunggu apalagi, biayanya murah, tempat wisatanya juga anti mainstream nih.

 

Editor:

Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.