Aksi 9R dalam Pengelolaan Sampah demi Lingkungan yang Lebih Baik

Diposting pada
  • Memberi edukasi kepada masyarakat awam tentang bahayanya sampah dan cara untuk mengelola sampah.
  • Mengajarkan kepada anak sedari dini untuk belajar menghargai lingkungan untuk generasi anak cucu kita.
  • Kampanye aksi lingkungan seperti yang sering dilakukan orang-orang di Jepang

 

9. Refuse (Menolak)

Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi sampah yang menumpuk di lingkungan.

Contoh:

  • Menggunakan keranjang atau troli saat berbelanja di supermarket (bukan plastik).
  • Membawa tempat makan dan minum untuk membeli makanan dan minuman.
  • Membawa ecobag saat membeli sesuatu
  • Memberi sanksi bagi orang yang membuang sampah sembarangan.

 

Menurut data World Health Organization (WHO), pengangkutan dan pembuangan sampah berpotensi menimbulkan pemborosan sumber daya karena alokasi biaya yang mencapai 70% Р80% dari total biaya pengelolaan sampah. Oleh karena itu pengelolaan sampah sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi masyarakat.

Mengapa kita harus mengelola sampah sampai melalui aksi 9R? Karena kita senantiasa harus menjaga lingkungan maupun bumi agar tetap sehat dalam arti lingkungan dan bumi hijau. Tak hanya itu saja, kita mengelola sampah dengan baik juga menyelamatkan generasi anak cucu kita dari kerusakan lingkungan. Ingat! Anak cucu kita juga membutuhkan lingkungan hijau dan sehat sebagai tempat tinggal yang nyaman agar mereka dapat bertahan hidup.

Jika kita sudah menjaga lingkungan dengan baik dari pencemaran lingkungan, artinya kita mampu membangun generasi terbaik selanjutnya yang sama-sama peduli lingkungan. Kalau kita ingin lingkungan sehat dan hijau, siapa lagi kalau bukan kita yang harus memulainya. Menjaga lingkungan dengan memulai dari diri sendiri adalah kewajiban bagi semua orang.

Persoalan pengelolaan sampah memang menjadi salah satu urgenitas dalam keberlangsungan hidup khususnya manusia. Karena jika kita mengelola sampah dengan baik maka lingkungan akan bermanfaat bagi semua makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Tak hanya itu, persoalan sampah bukan hanya sekedar membuang sampah saja, namun bagaimana cara kita mampu mengelola sampah baik dan benar untuk lingkungan, bumi, dan makhluk hidup tersendiri.

Ayo berani melakukan aksi 9R demi lingkungan hidup yang lebih baik! Salam Lestari.

 

Referensi:

Dokumentasi penulis

 

Editor: Mega Dinda Larasati