Kawah Putih, Pesona Danau Vulkanik di Tanah Sunda

Diposting pada

Bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya tentu tak asing ketika mendengar kata “Kawah Putih”. Kawah putih merupakan salah satu ikon wisata Jawa Barat yang begitu memanjakan mata dan Instagramable tentunya bagi kalangan anak muda yang tertarik ber-selfie ria. Kawah putih sendiri merupakan sebuah kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Nama Kawah putih sendiri merujuk pada warna kawahnya yang notabene berwarna putih.

Awalnya, keberadaan objek wisata tersebut tidak diketahui oleh masyarakat setempat. Keindahannya terungkap setelah seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837 yang pergi ke puncak Gunung Patuha untuk melakukan penelitian. Setelah Belanda mengetahui hal tersebut, mereka mendirikan pabrik kapur bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih.

Kawah Putih Bandung

Kemudian di era selanjutnya, Pemerintah Jepang mengubah namanya menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey setelah wilayah kekuasaan diambil oleh mereka. Semakin lama keberadaannya semakin terkenal hingga akhirnya pada tahun 1987 pemerintah Indonesia mulai mengembangkan kawasan ini menjadi tempat wisata.

Buat anda yang penasaran dan punya rencana untuk liburan ke kawah putih, yuk simak informasinya!

 

1. Lokasi

Kawah Putih beralamat di Jl. Raya Soreang – Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat kurang lebih 25 km dari Kota Bandung. Kawah Putih terletak pada ketinggian 2.400 mdpl sehingga suhu udara di sini terasa dingin, tepatnya suhu di sini berkisar antara 8 – 22 derajat celcius.

 

2. Akses

Menggunakan aplikasi google maps, waze dan sejenisnya tentu lebih mudah untuk menemukan lokasi Kawah Putih.

Namun, penulis akan mencoba sedikit memberi petunjuk untuk menuju lokasi. Jika anda dari Jakarta, anda bisa melalui exit tol Kopo, kemudian melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang. Dari Soreang barulah anda berangkat menuju Ciwidey. Perjalanan dari exit tol Kopo menuju Ciwidey kira-kira membutuhkan waktu 2 jam melewati hutan dan jalan berkelok-kelok.

Bagi anda yang ingin naik transportasi umum juga pastinya tersedia. Anda bisa turun di Terminal Leuwi Panjang, kemudian naik angkot L300 jurusan Ciwidey. Setelah sampai di Ciwidey, anda harus melanjutkan dengan angkot kuning jurusan Ciwidey – Situ Patenggang dan turun di pertigaan gerbang depan Kawah Putih.

 

3. Status Kawasan

Kawah Putih merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani. Dalam hal ini, Perum Perhutani memanfaatkan keindahan yang dimiliki Kawah Putih sebagai daya tarik wisata di areal kelolanya. Bersama penduduk sekitar kawah, Perum Perhutani mengembangkan Kawah Putih sebagai objek ekowisata.

 

4. Fasilitas

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kawah Putih tapi masih bingung fasilitas apa saja yang tersedia, berikut kami paparkan beberapa fasilitas yang tersedia di sana.

4.1 Mushalla

Muslim/ muslimah di mana pun berada tentunya ingin menghadap sang pencipta untuk melaksanakan kewajibannya, tak terkecuali ketika berwisata ke Kawah Putih. Terdapat mushalla yang airnya sejuk, tentunya menambah kesegaran setelah berjalan-jalan di sekitar kawah.

4.2 Ontang Anting

Ontang anting merupakan moda tranportasi yang digunakan untuk mencapai kawah putih dari gerbang depan sampai kawah yang jaraknya kurang lebih 5 km. Moda transportasi ini berbentuk seperti angkot dengan kapasitas penumpang kurang lebih 12 orang.

4.3 Toilet

Kebiasaan ketika berada di daerah pegunungan tentunya mencari toilet. Anda tidak perlu khawatir, di sekitar kawah terdapat toilet umum yang dapat anda gunakan.

Kawah Putih, Pesona Danau Vulkanik di Tanah Sunda
Rating: 4.8 from 6 vote[s]

Gambar Gravatar
Saya seorang mahasiswa departemen silvikultur IPB angkatan 52 yang tertarik dengan isu-isu lingkungan dan kehutanan.