Kawah Putih, Pesona Danau Vulkanik di Tanah Sunda

Bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya tentu tak asing ketika mendengar kata “Kawah Putih”. Kawah putih merupakan salah satu ikon wisata Jawa Barat yang begitu memanjakan mata dan Instagramable tentunya bagi kalangan anak muda yang tertarik ber-selfie ria. Kawah putih sendiri merupakan sebuah kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Nama Kawah putih sendiri merujuk pada warna kawahnya yang notabene berwarna putih.

Awalnya, keberadaan objek wisata tersebut tidak diketahui oleh masyarakat setempat. Keindahannya terungkap setelah seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837 yang pergi ke puncak Gunung Patuha untuk melakukan penelitian. Setelah Belanda mengetahui hal tersebut, mereka mendirikan pabrik kapur bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih.

Kawah Putih Bandung

Kemudian di era selanjutnya, Pemerintah Jepang mengubah namanya menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey setelah wilayah kekuasaan diambil oleh mereka. Semakin lama keberadaannya semakin terkenal hingga akhirnya pada tahun 1987 pemerintah Indonesia mulai mengembangkan kawasan ini menjadi tempat wisata.

Buat anda yang penasaran dan punya rencana untuk liburan ke kawah putih, yuk simak informasinya!

 

1. Lokasi

Kawah Putih beralamat di Jl. Raya Soreang – Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat kurang lebih 25 km dari Kota Bandung. Kawah Putih terletak pada ketinggian 2.400 mdpl sehingga suhu udara di sini terasa dingin, tepatnya suhu di sini berkisar antara 8 – 22 derajat celcius.

 

2. Akses

Menggunakan aplikasi google maps, waze dan sejenisnya tentu lebih mudah untuk menemukan lokasi Kawah Putih.

Namun, penulis akan mencoba sedikit memberi petunjuk untuk menuju lokasi. Jika anda dari Jakarta, anda bisa melalui exit tol Kopo, kemudian melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang. Dari Soreang barulah anda berangkat menuju Ciwidey. Perjalanan dari exit tol Kopo menuju Ciwidey kira-kira membutuhkan waktu 2 jam melewati hutan dan jalan berkelok-kelok.

Bagi anda yang ingin naik transportasi umum juga pastinya tersedia. Anda bisa turun di Terminal Leuwi Panjang, kemudian naik angkot L300 jurusan Ciwidey. Setelah sampai di Ciwidey, anda harus melanjutkan dengan angkot kuning jurusan Ciwidey – Situ Patenggang dan turun di pertigaan gerbang depan Kawah Putih.

 

3. Status Kawasan

Kawah Putih merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani. Dalam hal ini, Perum Perhutani memanfaatkan keindahan yang dimiliki Kawah Putih sebagai daya tarik wisata di areal kelolanya. Bersama penduduk sekitar kawah, Perum Perhutani mengembangkan Kawah Putih sebagai objek ekowisata.

 

4. Fasilitas

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kawah Putih tapi masih bingung fasilitas apa saja yang tersedia, berikut kami paparkan beberapa fasilitas yang tersedia di sana.

4.1 Mushalla

Muslim/ muslimah di mana pun berada tentunya ingin menghadap sang pencipta untuk melaksanakan kewajibannya, tak terkecuali ketika berwisata ke Kawah Putih. Terdapat mushalla yang airnya sejuk, tentunya menambah kesegaran setelah berjalan-jalan di sekitar kawah.

4.2 Ontang Anting

Ontang anting merupakan moda tranportasi yang digunakan untuk mencapai kawah putih dari gerbang depan sampai kawah yang jaraknya kurang lebih 5 km. Moda transportasi ini berbentuk seperti angkot dengan kapasitas penumpang kurang lebih 12 orang.

4.3 Toilet

Kebiasaan ketika berada di daerah pegunungan tentunya mencari toilet. Anda tidak perlu khawatir, di sekitar kawah terdapat toilet umum yang dapat anda gunakan.

4.4 Warung Makanan

Anda yang lapar setelah hunting foto tentunya ingin mencari makanan untuk mengembalikan energi sebelum kembali ber-selfie ria kan? Di sekitar kawah terdapat warung-warung makanan yang bisa anda jadikan penunda lapar kok, tetapi sampahnya jangan dibuang sembarangan ya!

 

5. Destinasi Wisata di Kawah Putih

Lansekap Kawah Putih Bandung

Mereka yang datang ke Kawah Putih biasanya karena tiga alasan di bawah ini yaitu:

5.1 Danau Eksotis

Suasana di Kawah Putih

Danau di Kawah Putih memiliki air yang dapat berubah warna. Hal ini terjadi karena konsentrasi belerang yang ada di dalamnya. Anda yang ingin mempercantik tampilan instagrammu tentunya akan sangat tertarik dengan hal ini.

5.2 Dermaga Ponton

Dermaga Ponton merupakan sebuah jembatan apung yang digunakan untuk mencapai tengah kawah. Dermaga ponton (jembatan ponton) merupakan pengembangan yang terbaru di Kawah Putih. Fasilitas ini dibuka sejak tahun 2017 untuk meningkatkan daya tarik pengunjung terhadap Kawah Putih. Ketinggian jembatan berubah sesuai dengan tingginya muka air. Biasanya, mereka yang berkunjung ke Kawah Putih tidak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto di sini.

5.3 Hutan Cantigi

Suasana Senja di Kawah Putih

Selain memiliki danau yang indah, Kawah Putih juga memilki hutan cantigi sebagai tumbuhan yang dominan tumbuh di sekitar Kawah Putih. Hal ini disebabkan keadaan tanah yang bercampur belerang menyebabkan tidak semua tumbuhan mampu tumbuh dan bertahan di kawasan ini. Bagi anda yang ingin menambah ilmu pengetahuan, hutan cantigi tentunya menjadi objek yang menarik untuk dikaji. Atau sekedar ingin menjadikannya sebagai background untuk melengkapi foto indahmu juga menarik.

 

6. Hotel dan Penginapan

Penginapan dan Hotel

Karena letaknya di pegunungan, bukan berarti anda akan kesulitan menemukan tempat menginap di Kawah Putih. Berikut adalah beberapa informasi penginapan untuk anda.

No.NamaBiaya/malam (IDR)
1Pondok Gembyang195.000
2Villa Kampung Karuhan Sutan Raja268.000
3Argapuri Resort Ciwidey290.000
4Kampung Pa’go Resort Ciwidey328.000
5Sukarasa Endah Cottage Ciwidey391.000
6Albis Hotel Ciwidey396.000
7d’Riam Riverside Resort Ciwidey901.000

 

7. Wisata Kuliner

7.1 Pinisi Resto dan Galmping Lakeside

Galmping Lakeside

Buat anda yang ingin menikmati hidangan serta memanjakan mata dengan pemandangan alam yang indah, Pinisi Resto tempatnya. Terletak di tengah perbukitan hijau tepat di sebelah danau, panorama alamnya begitu menenangkan dan damai.

7.2 Woza Cafe

Terletak di dalam area Dream Riverside Resort, cafe ini terbuka untuk umum. Woza Cafe mengusung interior ala Africa, ditambah ornamen patung dan lukisan berbentuk animal print di tengah suasana perbukitan yang indah sangat tepat bagi anda yang suka susana modern di tengah alam bebas.

7.3 Saung Gawir

Anda yang ingin mencicipi makanan khas sunda di sekitar Kawah Putih, silakan mampir ke Saung Gawir. Selain makanan, di sini juga terdapat Camping Ground dan kebun stroberi.

 

8. Objek Wisata di Sekitar Kawah Putih

Di sekitar Kawah Putih terdapat destinasi wisata lain yang sayang untuk anda lewatkan. Berikut beberapa di antaranya.

8.1 Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang dikelilingi oleh kebun teh. Di sana terdapat sebuah batu yang disebut batu cinta. Konon katanya jika anda menuliskan nama seseorang maka dia akan menjadi pendamping anda. Untuk sampai ke batu cinta anda bisa menggunakan perahu yang tersedia.

8.2 Pemandian Air Panas Ciwalini

Buat anda yang kedinginan dan ingin berendam di air panas, pemandian air panas Ciwalini merupakan pilihan tepat. Kolam pemandian yang dikelilingi kebun teh ini tak hanya memanjakan tubuh, tetapi juga memanjakan mata dengan hijau dan segarnya dedaunan teh.

8.3 Perkebunan Stroberi

Tempat lain yang tak kalah menarik tentunya perkebunan stroberi di Desa Alam Endah, Ciwidey. Anda bisa menikmati sejuknya alam Ciwidey sambil berkeliling di perkebunan stroberi. Anda juga bisa belajar tentang cara menanam stroberi dan mencicipinya dengan memetik sendiri loh.

8.4 Perkebunan Teh Malabar

Buat anda yang ingin menambah koleksi foto instagram yang wah, sebaiknya anda mencoba perkebunan teh malabar. Selain menyajikan pemandangan hamparan teh yang luas, di sini juga terdapat banyak bangunan kuno, salah satunya guest house yang di zaman penjajahan difungsikan sebagai perumahan administratur perkebunan.

 

9. Tips Berkunjung

Tips-tips yang dapat kami berikan untuk anda yang akan berwisata ke Kawah Putih adalah:

9.1 Jangan Datang Sendiri

Berkunjung ke tempat wisata seperti Kawah Putih sangat disayangkan jika hanya dinikmati seorang diri. Berbagi kebahagiaan bersama orang terkasih tentunya lebih berkesan dan menyenangkan.

9.2 Berkunjung di Musim Kemarau

Jika musim hujan, cuaca di Kawah Putih sangat dingin. Hujan yang turun terus menerus tentunya menjadi kurang menarik untuk menikmati indahnya kawah.

9.3 Siapkan Kamera dan Dandanan Terbaik

Mengabadikan momen kebahagiaan bersama orang-orang terkasih tentunya sangat berharga dan sayang untuk dilewatkan. Tampil sesempurna mungkin di tempat yang sempurna pastinya menjadi keinginan semua orang maka persiapkan kamera dan tampilan terbaikmu ya sahabat.

9.4 Budget yang Lumayan

Biasanya, wisatawan jika bepergian ke mana pun pasti membawa budget yang lumayan. Walaupun berkunjung ke Kawah Putih sebenarnya tidak memakan biaya yang terlalu besar, namun mengingat banyaknya tempat lain yang bisa dikunjungi di sekitar Kawah Putih, alangkah baiknya jika budget yang lumayan dipersiapkan sebelum berangkat, apalagi bagi anda yang sudah berencana menginap dan berbelanja oleh-oleh dari Kawah Putih.

9.5 Jaket Hangat

Letaknya yang berada di pegunungan membuat udara di sana sangat dingin, bahkan dapat mencapai 8 derajat celcius. Untuk mengindari kehilangan temperatur tubuh maka mempersiapkan jaket hangat sudah seharusnya dilakukan, apalagi untuk anda yang alergi terhadap suhu dingin.

9.6 Pakaian Ganti

Bisa saja ketika sedang asik berwisata turun hujan di lokasi wisata sehingga menyebabkan pakaian basah. Untuk menghindari masuk angin dan menjaga kesehatan tubuh, pakaian ganti harus dipersiapkan sebelum keberangkatan. Berdasarkan pengalaman penulis, ketika hujan sahabat bahkan membutuhkan payung ketika berwisata. Selain itu, setelah lelah berwisata di Kawah Putih dan melanjutkan ke pemandian air panas, tentunya kita menginginkan menggunakan pakaian yang lebih bersih.

9.7 Masker

Memakai masker sangat dianjurkan ketika mengunjungi kawah karena aroma belerang yang menyengat bisa mengganggu kesehatan anda apabila terlalu lama dihirup.

Bagi anda yang tidak membawa masker tak perlu khawatir karena di sana banyak yang menjual masker dengan harga terjangkau. Selain itu terdapat juga himbauan berada di kawah tidak lebih dari 15 menit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingankan.

9.8 Sedia Payung Sebelum Hujan

Kalimat ini sepertinya tepat digunakan jika berkunjung ke Kawah Putih karena curah hujannya yang tinggi sebaiknya berjaga-jaga jika tak ingin basah kuyup ya sahabat.

Bagaimana sahabat, tertarik mengunjungi Kawah Putih? Tak perlu pikir panjang lagi rasanya, ajak keluarga, sahabat dan sanak saudara untuk mengunjungi Kawah Putih. Dijamin tidak akan mengecewakan sahabat semua. Pokoknya recommended deh.

Kemudian bagi anda yang tertarik dengan wisata seperti Kawah Putih, anda juga dapat mengunjungi Kawah Ijen di Jawa Timur yang memiliki api biru alami yang sangat langka di dunia ini.

Jangan lupa untuk selalu menjaga alam Indonesia ya sahabat, alam ini terlalu indah untuk dinikmati oleh kita saja.

Alam ini bukan milik kita, kita hanya meminjamnya untuk dikembalikan lagi kepada anak cucu kita di masa yang akan datang.

Jadilah seorang wisatawan yang cerdas dan peduli terhadap alam Indonesia, Salam lestari!

Referensi:

Bobo Cantik. 2016. 6 Tempat Makan Enak Dengan Pemandangan Cantik Di Ciwidey Bandung [Internet]. http://www.bobocantik.com/2016/05/5-tempat-makan-enak-dengan-pemandangan-cantik-di-ciwidey-bandung.

Detiktravel. 2017. Makin Instagramable, Ini Wajah Baru Kawah Putih Bandung [Internet]. https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3643745/makin-instagramable-ini-wajah-baru-kawah-putih-bandung.

Puspitasari SN. 2017. Tips Menghindari Praktik Pungli di Kawah Putih Ciwidey [Internet]. http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2017/08/29/tips-menghindari-praktik-pungli-di-kawah-putih-ciwidey-408276.

Native Indonesia. 2014. Wisata Kawah Putih Bandung. https://www.nativeindonesia.com/wisata-kawah-putih-bandung.

Kawah Putih, Pesona Danau Vulkanik di Tanah Sunda
Rating: 4.8 from 6 votes

Tinggalkan komentar