Kebun Raya Bogor

Diposting pada

Kebun Raya Bogor (KRB) memiliki daya tarik tersendiri baik dari aspek keindahan, misteri yang melekat padanya, juga sejarahnya yang sangat bernilai. Jika anda berkunjung ke kota Bogor, rasanya belum lengkap ketika anda belum berkunjung ke sini.

Berdasarkan sejarahnya Kebun Raya Bogor (KRB) adalah hutan buatan yang kemudian diubah menjadi taman untuk tempat rekreasi pada zaman Gubernur Jenderal Thomas Stamford pada awal tahun 1880.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya, Kebun Raya sendiri merupakan kawasan tumbuhan ex situ yang memiliki tumbuhan dan ditata berdasarkan taksonomi, bioregion, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersebut untuk tujuan kegiatan konservasi, penelitian, wisata, dan jasa lingkungan. Salah satu kebun raya yang ada di Indonesia yaitu Kebun Raya Bogor (KRB).

Kebun Raya BogorĀ  (KRB) sebagai kebun raya tertua di Indonesia berperan sebagai Pusat Konservasi Tumbuhan yang memiliki koleksi dengan jumlah spesimen yang sangat lengkap. Sebagian besar spesimen tumbuhan di sini mewakili ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah.

Jalan di Kebun Raya Bogor (KRB)

 

Lokasi dan Akses menuju Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (KRB) ini terletak di provinsi Jawa Barat, terletak di 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah kota Bogor dengan ketinggian 260 mdpl. Lebih tepatnya berada di jalan Ir. H. Juanda No. 13. Dahulu luas dari KRB ini sekitar 21,56 km2, namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km2 (Rahman dan Rahman 2017).

Akses menuju ke KRB ini terbilang cukup mudah. Jika anda merupakan wisatawan dari luar kota Bogor anda dapat menggunakan transportasi kereta menuju Stasiun Bogor, selanjutnya anda dapat memilih untuk berjalan kaki ataupun menggunakan angkot.

Jika berjalan kaki, anda hanya perlu berjalan sekitar satu kilometer menuju gerbang terdekat. Namun, jika anda memilih menggunakan angkot dari stasiun bogor, naiklah angkot 03 strip biru atau 02 strip orange. Kedua angkot ini akan memutari kawasan Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor (KRB). Anda bisa turun dan masuk di gerbang tiga atau empat. Gerbang tiga berada di seberang Lippo Plaza Pajajaran, sedangkan gerbang 4 berada di depan kampus IPB Baranangsiang. Tarif angkot ke sana relatif murah, cukup Rp.4000,-/orang saja.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi roda empat, anda bisa keluar dari Tol Jagorawi dan ambil arah kanan menuju KRB. Jalan di sekitar KRB dan Istana Bogor telah menggunakan sistem satu arah, anda harus membelokkan kendaraan ke kiri menuju Jalan Otto Iskandar Dinata. Setelah melewati jembatan, pintu utama KRB berada di sebelah kanan jalan. Pintu dua dan tiga lebih pas untuk anda yang membawa kendaraan karena dekat dengan lokasi parkir.

 

Fasilitas

Istana Negara Bogor yang Terdapat di Kompleks Kebun Raya Bogor

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di sini. Selain itu banyak juga tempat dan taman-taman yang tentunya memiliki keunikan tersendiri.

No.FasilitasTempat yang MenarikKoleksi Tanaman
1Gerbang utamaMomumen Lady RafflesMedicibal Plant Collection
2Pusat InformasiJ.J. Smith MemorialKoompassia excelsa
3Museum ZoologiScissor PondAraceae Plant Colection
4KonservasiTeisjmann ParkAmorphophallus titanium
5Guest HouseDutch CemeteryRattan
6Treub LabolatoryBogor PalacePandanus Collection
7Garden ShopCanary Avenue ICactus Collection (Mexical Garden)
8NurseryCanary Avenue IIPalm Collection
9Gerbang IIHanging BridgeWater Palm Collection
10Main OfficeSurya Lebayung BridgeOrchidarium
11MesjidAstrid AvenueClimbing Plant Collection
12Herbarium & Seeds MuseumOrchid HouseFerm Collection
13Gedung IIISudjana Kassan ParkWild Corner
14CafeOutbound AreaCinnamomum Collection
15Orchid NurseryVictoria Amazonica
16Tissue Culture LabolatoryWood Plant Collection
17Gate IV
18Reintroduction & Rare Plants Nursery

 

Destinasi Wisata

Jalan di Kebun Raya Bogor (KRB)

Kebun Raya Bogor
Rating: 4 from 6 vote[s]