Kebun Raya Bogor (KRB) memiliki daya tarik tersendiri baik dari aspek keindahan, misteri yang melekat padanya, juga sejarahnya yang sangat bernilai. Jika anda berkunjung ke kota Bogor, rasanya belum lengkap ketika anda belum berkunjung ke sini.

Berdasarkan sejarahnya Kebun Raya Bogor (KRB) adalah hutan buatan yang kemudian diubah menjadi taman untuk tempat rekreasi pada zaman Gubernur Jenderal Thomas Stamford pada awal tahun 1880.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya, Kebun Raya sendiri merupakan kawasan tumbuhan ex situ yang memiliki tumbuhan dan ditata berdasarkan taksonomi, bioregion, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersebut untuk tujuan kegiatan konservasi, penelitian, wisata, dan jasa lingkungan. Salah satu kebun raya yang ada di Indonesia yaitu Kebun Raya Bogor (KRB).

Kebun Raya Bogor  (KRB) sebagai kebun raya tertua di Indonesia berperan sebagai Pusat Konservasi Tumbuhan yang memiliki koleksi dengan jumlah spesimen yang sangat lengkap. Sebagian besar spesimen tumbuhan di sini mewakili ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah.

Jalan di Kebun Raya Bogor (KRB)

 

Lokasi dan Akses menuju Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (KRB) ini terletak di provinsi Jawa Barat, terletak di 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah kota Bogor dengan ketinggian 260 mdpl. Lebih tepatnya berada di jalan Ir. H. Juanda No. 13. Dahulu luas dari KRB ini sekitar 21,56 km2, namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km2 (Rahman dan Rahman 2017).

Akses menuju ke KRB ini terbilang cukup mudah. Jika anda merupakan wisatawan dari luar kota Bogor anda dapat menggunakan transportasi kereta menuju Stasiun Bogor, selanjutnya anda dapat memilih untuk berjalan kaki ataupun menggunakan angkot.

Jika berjalan kaki, anda hanya perlu berjalan sekitar satu kilometer menuju gerbang terdekat. Namun, jika anda memilih menggunakan angkot dari stasiun bogor, naiklah angkot 03 strip biru atau 02 strip orange. Kedua angkot ini akan memutari kawasan Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor (KRB). Anda bisa turun dan masuk di gerbang tiga atau empat. Gerbang tiga berada di seberang Lippo Plaza Pajajaran, sedangkan gerbang 4 berada di depan kampus IPB Baranangsiang. Tarif angkot ke sana relatif murah, cukup Rp.4000,-/orang saja.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi roda empat, anda bisa keluar dari Tol Jagorawi dan ambil arah kanan menuju KRB. Jalan di sekitar KRB dan Istana Bogor telah menggunakan sistem satu arah, anda harus membelokkan kendaraan ke kiri menuju Jalan Otto Iskandar Dinata. Setelah melewati jembatan, pintu utama KRB berada di sebelah kanan jalan. Pintu dua dan tiga lebih pas untuk anda yang membawa kendaraan karena dekat dengan lokasi parkir.

 

Fasilitas

Istana Negara Bogor yang Terdapat di Kompleks Kebun Raya Bogor

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di sini. Selain itu banyak juga tempat dan taman-taman yang tentunya memiliki keunikan tersendiri.

No. Fasilitas Tempat yang Menarik Koleksi Tanaman
1 Gerbang utama Momumen Lady Raffles Medicibal Plant Collection
2 Pusat Informasi J.J. Smith Memorial Koompassia excelsa
3 Museum Zoologi Scissor Pond Araceae Plant Colection
4 Konservasi Teisjmann Park Amorphophallus titanium
5 Guest House Dutch Cemetery Rattan
6 Treub Labolatory Bogor Palace Pandanus Collection
7 Garden Shop Canary Avenue I Cactus Collection (Mexical Garden)
8 Nursery Canary Avenue II Palm Collection
9 Gerbang II Hanging Bridge Water Palm Collection
10 Main Office Surya Lebayung Bridge Orchidarium
11 Mesjid Astrid Avenue Climbing Plant Collection
12 Herbarium & Seeds Museum Orchid House Ferm Collection
13 Gedung III Sudjana Kassan Park Wild Corner
14 Cafe Outbound Area Cinnamomum Collection
15 Orchid Nursery Victoria Amazonica
16 Tissue Culture Labolatory Wood Plant Collection
17 Gate IV
18 Reintroduction & Rare Plants Nursery

 

Destinasi Wisata

Jalan di Kebun Raya Bogor (KRB)

Kebun Raya Bogor menawarkan banyak destinasi wisata yang dapat anda kunjungi. Penasaran apa saja destinasinya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Patung Tangan Tuhan dan Patung Little Mermaid

Patung tangan Tuhan dan Patung Little Mermaid merupakan dua di antara patung yang ada di Kebun Raya Bogor. Patung tangan tuhan adalah kenang-kenangan dari Pemerintah Swedia pada tahun 1963 pada saat momen Papua bergabung dengan Indonesia, sedangkan Patung Putri Duyung terinspirasi dari cerita Hans Christian Andersen tentang Little Mermaid. Selain itu, ada 360 patung dan prasasti yang ada di kebun raya ini.

2. Danau Gunting

Bersepeda di Sekitar Danau Gunting Kebun Raya Bogor

Nama dari danau ini terinspirasi dari bentuknya yang seperti gunting jika dilihat dari udara. Tempat ini sangat nyaman dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai atau sekedar piknik kecil-kecilan. Anda dapat membawa alas sendiri untuk duduk bersama keluarga atau sekedar menghabiskan waktu untuk membaca buku.

3. Makam Istri Prabu Siliwangi

Makam Ratu Galuh atau Istri Prabu Siliwangi dapat ditemukan pula di sini. Makam ini dipercaya telah ada dari sekitar 600 tahun lalu. Tahun 1946 makam ini ditemukan oleh H. Rahmat. Di makam ini pula pada pusaranya terdapat replika mahkota emas.

4. Taman Meksiko

Taman Meksiko di Kebun Raya Bogor (KRB)

Kenapa dinamakan taman Meksiko? Kemungkinan karena taman ini merepresentasikan keadaan alam yang ada di Meksiko. Di Taman ini banyak ditemui tumbuhan-tumbuhan khas daerah ekosistem kering seperti yang ada di Benua Amerika bagian tengah.

5. Bangunan Bekas Laboratorium

Di sini anda akan menemukan berbagai gelas ukur, erlenmeyer, dan tabung reaksi bekas laboratorium. Bangunan bekas laboratorium yang terdapat di Kebun Raya Bogor (KRB) ini dahulu adalah sebuah laboratorium untuk meneliti koleksi botani yang didirikan tahun 1884. Nama bangunan ini yaitu Treub Labolatory sesuai dengan nama pendirinya, seorang botani berkebangsaan Belanda bernama Merchiour Treub.

Baca juga:  Kepulauan Mentawai Wisata Surga Bahari Indonesia

6. Rafflesia Patma dan Amorphophallus titanum (Bunga Bangkai)

Rafflesia Patma dan Amorphophallus titanum tidak seperti bunga pada umumnya. Bunga ini tumbuh di tempat-tempat tertentu dan pada waktu yang tidak bisa diperkirakan. Ukuran spesies bunga ini beratus kali lipat lebih besar daripada ukuran bunga pada umumnya. Disaat-saat tertentu, anda dapat melihat keduanya mekar dengan sempurna.

7. Monumen Lady Raffles

Jalan di Kebun Raya Bogor (KRB)

Monumen Lady Raffles ini berupa gazebo dengan delapan tiang sebagai pilarnya, namun jika kita berjalan lebih dekat menuju gazebo ini, kita akan menemukan sebuah prasasti yang bertuliskan.

“Oh thou whom neer my constant heart

One moment hath forgot

Tha fate severe hath bid us part

Yet Still – forget me not”

Monumen ini memiliki kesan yang sangat romantis tentang Sir Stamford Raffless dan istrinya Olivia Mariamne Devenish (lady Raffles). Lady Raffles kemudian meninggal dunia karena terserang penyakit malaria sehingga monumen ini dibuat untuk mengenang beliau.

Kebun Raya Bogor (KRB) juga merupakan tempat penemuan hormon tumbuhan yang cukup penting untuk dunia pertanian. Ilmuan bernama Hans Fitting dan Boysen Jensen menemukan hormon pertumbuhan pada tanaman, yaitu auksin. Penemuan tersebut mendorong perkembangan pertanian di seluruh dunia. Selain itu, di sini juga merupakan tempat spesies Rafflesia yang berhasil dikembangbiakkan. Peneliti Sofi Mursidawati bersama timnya adalah orang yang pertama kali berhasil membiakkan bunga fenomenal ini.

 

Koleksi Tumbuh-Tumbuhan di Kebun Raya Bogor

Jika anda berkunjung ke Kebun Raya Bogor (KRB), anda akan menemukan berbagai macam tumbuhan. Mulai dari tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat, tanaman berbuah, anggrek, tanaman merambat, dan sebagainya.

Bagi para pecinta anggrek, Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan tempat yang tepat untuk anda karena di sini jumlah koleksi anggreknya mencapai 421 jenis yang terdiri dari 92 marga yang ada di Indonesia. Per-Januari 2016 tercatat koleksi tumbuhan di Kebun Raya Bogor terdapat 218 Family, 1227 Genus, 3310 Species dan 13061 Spesimen.

 

Hotel dan Penginapan

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bogor yang ingin merasakan Kota Bogor dan tentunya Kebun Raya Bogor (KRB), anda bisa memesan hotel dan penginapan yang relatif murah di sini.

Kebun Raya Bogor sendiri menawarkan guest house yang relatif terjangkau dengan harga mulai dari Rp500.000-Rp2.500.000,- (detailnya dapat dilihat pada bagian fasilitas). Selain itu, anda juga dapat memesan hotel dan penginapan yang relatif terjangkau di sekitar Kebun Raya Bogor ini mulai dengan harga Rp200.000/malam.

Selain itu, ada beberapa tempat wisata yang tidak kalah keren di sekitar Kebun Raya Bogor, di antaranya :

  1. Museum Kepresidenan (Jalan Ir. H. Juanda No. 3, Bogor)
  2. Bogor Trade Mall (Jalan Ir. H. Juanda No.68, Bogor)
  3. Museum Zoologi (Jalan Ir. H. Juanda No.9, Bogor)
  4. Istana Bogor (Jalan Ir. H. Juanda No.1, Bogor)
  5. Wisata Kuliner Suryakencana (0.7 km dari Kebun Raya Bogor)
  6. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Jalan Ir. H. Juanda No.22-24, Bogor)
  7. Botani Square (Jl. Pajajaran, Bogor)
  8. Kerajinan Tradisional Gong (Jalan Pancasan RT 2/ RW 3 Kampung Pancasan, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Bogor)
  9. Taman Nasional Gunung Halimun Salak (1.2 km dari Kebun Raya Bogor)
  10. Bogor Tours (1.1 km dari Kebun Raya Bogor)

 

Tips berkunjung

Tips Berkunjung

Untuk perjalanan yang lancar dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang perlu anda ikuti:

  1. Berangkat dari Pagi. Kebun Raya Bogor merupakan kebun yang relatif luas sehingga jika anda ingin meng-explore semua destinasi di sana, anda sebaiknya berangkat pagi.
  2. Sediakan payung dan jas hujan karena Bogor memang kota hujan yang pastinya sering sekali turun hujan.
  3. Hindari memakai sepatu hak tinggi karena akan membuat kaki merasa cepat lelah.
  4. Jika tidak mau capek, gunakan mobil wisata atau golf yang disediakan dengan biaya khusus.

Selamat berkunjung dan menikmati waktu spesial anda di Kebun Raya Bogor ya, Readers! Jangan lupa untuk selalu menjaga alam yang sudah dititipkan kepada kita yah.

Referensi:

Fahmi.2013. Menampilkan Peta Google Maps. Diakses http://a2fahmi.com/?p=25027 Tanggal 9 Juni 2018

Rahman, Gelora Gustafa dan Yanuar Rahman. 2017. Perancangan Buku Panduan Wisata Kebun Raya Bogor. E-Proceeding of Art and Desain : Vpl.4, No.3 Desember.

Anonim. 2018. Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lipi. http://krbogor.lipi.go.id/id/Koleksi-Anggrek-Kebun-Raya-Bogor.html Tanggal 9 Juni 2018

Anonim. 2018. Sejukkan Mata, Hati, & Pikiran di Kebun Raya Bogor. https://www.pikniek.com/indonesia/bogor/kebun-raya-bogor/ Tanggal 9 Juni 2018.

Adiakurmia, Muhammad Irzal. 2017. Panduan Transportasi sampai Parkir di Kebun Raya Bogor. https://travel.kompas.com/read/2017/05/18/200900527/panduan.transportasi.sampai.parkir.di.kebun.raya.bogor Tanggal 9 Juni 2018.

Utomo, Yunanto Wiji. 2017. 7 Hal yang membuat Kebun Raya Bogor Istimewa. https://sains.kompas.com/read/2017/05/18/203459723/7.hal.yang.membuat.kebun.raya.bogor.istimewa Tanggal 9 Juni 2018.

Anonim. 2018. Objek Wisata Dekat Kebun Raya Bogor. https://www.tripadvisor.co.id/AttractionsNear-g297706-d1541645-Bogor_Botanical_Gardens-Bogor_West_Java_Java.html Tanggal 9 Juni 2018.

Anonim. 2018. Rute, Fasilitas, dan Tiket Masuk Kebun Raya Bogor.  http://pangeranovi.blogspot.com/2015/09/rute-fasilitas-dan-tiket-masuk-kebun.html Tanggal 9 Juni 2018.

Kebun Raya Bogor
Rating: 4 from 6 votes