Telaga Warna Dieng, Danau Kelimutunya Wonosobo

Diposting pada

Telaga Warna Dieng merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati pemandangan bukit-bukit yang indah dan candi-candi Hindu.

Selain itu, Anda juga bisa mengagumi keindahan lima telaga sekaligus yaitu Telaga Merdada, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Menjir, dan Telaga Warna.

Telaga Warna Dieng memiliki keistimewaannya tersendiri yaitu air danau dapat berubah-ubah warnanya lho. Wah, seperti di Danau Kelimutu yang ada di NTT, ya?

Indahnya Telaga Warna Dieng yang Tiada Tara (instagram.com)
Indahnya Telaga Warna Dieng yang Tiada Tara (instagram.com)

Harga tiket menuju Telaga Warna Dieng digabung dengan Telaga Warna Pengilon. Di hari biasa atau Senin sampai Jumat Anda cukup membayar Rp 12.500, sedangkan di hari libur atau weekend Anda harus membayar Rp 15.000. Harga ini adalah harga tiket masuk untuk wisatawan lokal.

Wisatawan asing akan dikenakan biaya yang berbeda yaitu sebesar Rp 100.000 di hari biasa dan Rp 150.000 untuk hari libur atau weekend.

Di Telaga Warna ini sudah tersedia beberapa fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung, antara lain tempat parkir yang luas, mushola, kamar mandi umum, dan beberapa warung makan.

Anda bisa berkunjung ke Telaga Warna Dieng ini mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Telaga Warna Dieng, antara lain:

1. Trekking

Berjalan menyusuri jalan setapak menuju puncak Bukit Sidengkeng adalah pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan Telaga Warna Dieng ini. Di puncak bukit tersedia sebuah gardu pandang lho.

Di sini Anda bisa berfoto ria dengan latar pemandangan Telaga Warna Dieng dan Telaga Pengilon sekaligus.

2. Menikmati Warna-Warni Taman Bunga

Ketika berjalan kaki menuju puncak Bukit Sidengkeng, Anda juga bisa menikmati keindahan taman bunga yang berada di depan gerbang Bukit Sidengkeng.

Taman bunga yang sangat cantik ini bernama Wana Wisata Petak Sembilan Bukit Sidengkeng.

3. Berkencan dengan Landscape Telaga

Lansekap Telaga Warna Dieng (instagram.com)
Lansekap Telaga Warna Dieng (instagram.com)

Pemandangan landscape pagi hari di Telaga Warna Dieng adalah sarapan yang paling sempurna. Keindahannya dijamin mampu menghipnotis Anda dan membuat pikiran Anda sangat rileks lho.

4. Berburu Foto

Telaga Warna Dieng (instagram.com)
Telaga Warna Dieng (instagram.com)

Berburu foto di Telaga Warna Dieng ini merupakan hal yang wajib dilakukan karena pemandangannya yang super keren. Namun kegiatan berfoto ini akan lebih baik dilakukan ketika cuacanya cerah.

Jika cuacanya mendung hasil foto akan kurang maksimal karena kurangnya pencahayaan.

5. Batu Pandang Dieng

Sangat disayangkan jika Anda berkunjung ke Telaga Warna Dieng tanpa mampir ke Batu Pandang. Tempat ini merupakan lokasi favorit para pengunjung karena di sini Anda bisa melihat pemandangan Telaga Warna Dieng dari atas bukit batu lho. Lokasi bukit batu ini terletak di sebelah Dieng Plateau Theatre.

 

Itulah sedikit informasi mengenai Telaga Warna Dieng. Jadi kapan nih mau main ke Telaga Warna Dieng?

 

Editor:

Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.