Rasakan Sensasi Berpetualang di Hutan Jumanji, Jembatan Akar Sumatera Barat

Diposting pada

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kota Padang memang dikenal karena berbagai makanan khasnya yang sangat sedap. Namun, tak hanya makanannya saja yang sedap, tempat wisata di kota ini juga sedap dipandang lho.

Kira-kira di Padang tempat wisatanya seperti apa ya? Apa taman yang penuh dengan rendang? Hehe ya tidak dong, di sini ada tempat wisata unik bernama Jembatan Akar yang terletak di atas aliran Sungai Batang Bayang Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Jembatan Akar di Pesisir Selatan Sumatera Barat (instagram.com)
Jembatan Akar di Pesisir Selatan Sumatera Barat (instagram.com)

Wisata alam yang satu ini lokasinya sekitar 88 km dari Kota Padang. Biaya masuk untuk menikmati tempat wisata unik ini cukup murah. Anda hanya perlu membayar Rp 5000 saja. Murah tapi tidak murahan ya.

Jembatan Akar terbentuk dari akar Pohon Beringin dan Pohon Kubang yang umurnya sudah ratusan tahun. Banyak orang yang tertarik dan berkunjung ke tempat wisata unik ini, jadi pengelola wisata memasang tali penyangga yang terbuat dari baja untuk keselamatan para pengunjung.

Jembatan Akar terletak di Sungai Batang Bayang. Sungai inilah yang memisahkan dua kampung sehingga dibangunkan sebuah jembatan dari akar untuk menyatukannya.

Konon katanya jembatan ini dibangun oleh seorang ulama dengan cara menanam pohon di sisi sungai. Proses terbentuknya jembatan ini pastinya membutuhkan waktu sangat lama mengingat waktu pertumbuhan akar yang tidak sebentar.

Jika dulu digunakan untuk menyatukan dua kampung yang terpisah karena sungai, maka sekarang Jembatan Akar ini digunakan untuk tempat wisata.

Jika berada di atas jembatan, Anda akan melihat ikan-ikan yang ada di dalam sungai. Namun, Anda dilarang menangkap ikan di sini karena ikan-ikannya akan dipanen pada saat tertentu.

Berfose di Jembatan Akar (instagram.com)
Berfose di Jembatan Akar (instagram.com)

Anda bisa saja menikmati kesegaran air Sungai Batang Bayang ini. Katanya jika anak muda yang berenang di sungai ini akan segera dipertemukan dengan jodohnya. Wah yang sudah terlalu lama sendiri pasti sudah siap-siap nih untuk meluncur ke sungai ini ya.

Di Sungai Batang Bayang ini banyak terdapat batu besar yang ada di tengah sungai. Keberadaan bebatuan ini tentunya menambah estetika tempat wisata yang satu ini.

Ketika menyebrangi Jembatan Akar, Anda akan merasakan suasana seperti di Hutan Jumanji atau di dalam negeri dongeng. Pohon-pohon besar di kedua sisi sungai tentunya akan membuat suasana Hutan Jumanji semakin terasa.

Sungguh menarik, bukan? Kapan nih mau main ke Jembatan Akar? Yuk, ajak semua teman dan keluarga berlibur di tempat wisata unik yang satu ini!

 

Editor:

Mega Dinda Larasati

Gambar Gravatar
Julia Anjarwati lahir di Malang 18 tahun silam. Seorang remaja yang gemar mendengarkan musik indie dan pecinta keindahan atau estetika. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di salah satu SMAN Malang.