Sylva Mulawarman sebagai Pelaksana, Sylva Indonesia Selenggarakan PMKI 2019

Diposting pada

Kamis, 25-29 April 2019, Sylva Indonesia menggelar Pelatihan Mahasiswa Kehutanan Indonesia (PMKI). Sylva Indonesia (SI) sendiri merupakan organisasi profesi, ikatan mahasiswa kehutanan satu-satunya di seluruh Indonesia yang sudah berusia enam dasawarsa dengan anggota yang berasal dari 46 perguruan tinggi.

LEM Sylva Mulawarman sebagai unit pelaksana tugas kegiatan Sylva Indonesia mengakomodir lebih dari 300 peserta mahasiswa dalam pelatihan ini. Selain peserta delegasi dari 40 perguruan tinggi, Sylva Mulawarman juga turut mengundang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta 4 Direktur Jenderal  KLHK, 31 UPT KLHK Kalimantan, 13 UPT KLHK Kaltim, Guru besar Fakultas Kehutanan Unmul dan IPB, Badan Restorasi Gambut (BRG), Dewan Kehutanan nasional (DKN), Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Reforma Agraria dan Perhutanan sosial (RAPS), WWF, dan Walhi.

Delegasi PMKI 2019 di Unmul
Delegasi PMKI 2019 di Unmul

Peran hutan Indonesia cukup beragam mulai dari berperan dalam mengonservasi hutan, mitigasi perubahan iklim, kesejahteraan masyarakat, masalah pengelolaan daerah aliran sungai, deforestasi dan degradasi hutan, kebakaran hutan, hingga konflik tenurial masyarakat sekitar hutan menjadi dasar dibutuhkannya sumber daya manusia yang kompeten. Berdasarkan hal tersebut Sylva Indonesia mengadakan PMKI 2019 dengan tema “Generasi Muda Kehutanan untuk Peradaban”.

Pelatihan Mahasiswa Kehutanan Indonesia betujuan menghasilkan hal-hal berikut ini:

  1. Menjadikan Sylva Indonesia sebagai “Youth Center of Excellent” pengembangan sumber daya mahasiswa kehutanan Indonesia.
  2. Meningkatkan sumber daya mahasiswa kehutanan Indonesia ke arah riset akademis, dalam bidang pergerakan mahasiswa kehutanan dan bidang saintis ilmu kehutanan pengelolaan hutan yang lestari, adil dan demokratif.
  3. Mahasiswa kehutanan sebagai kader Sylva Indonesia yang professional, bertanggung jawab, berjiwa rimbawan dan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar yang mampu mengimplementasikan diri dan turut berkontribusi dalam dinamika kehutanan.

Dalam kegiatan ini disusun menjadi 8 pokok agenda besar yaitu:

  1. Grand opening
  2. Simposium kehutanan
  3. Pelatihan nasional
  4. Training of trainer
  5. Pelatihan saintis ilmu kehutanan
  6. Live in sylva
  7. Glow in sylva
  8. Fieldtrip Sylva

Hari Pertama

Grand Opening dan Simposium Kehutanan

Simposium PMKI 2019
Simposium PMKI 2019

Grand opening PMKI 2019 diawali dengan pembacaan doa dari LDM Al-fath oleh M Dicky Rahman dan kemudian  dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai pihak berikut:

  1. Ketua panitia dan ketua LEM Sylva Mulawarman oleh Muhammad Rifki Azizi
  2. Dekan Fahutan Unmul oleh Rudianto Amirta, SHut, MP
  3. Rektor Universitas Mulawarman oleh Prof Dr H Masjaya, M.Si
  4. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPD2SDM)  Ir Helmi Basalamah, M.M

Dalam pembukaan acara ini, Kepala BP2SDM memaparkan tentang peran Sylva Indonesia dalam membentuk sumber daya manusia sebagai mitra dari KLHK dalam pengelolaan hutan lestari. Dalam sesi ini disertai dengan pemukulan gong sebagai simbolis pembukaan acara oleh kepala BP2SDM.

Pemukulan Gong Simbolis
Pemukulan Gong Simbolis

Selanjutnya, pada siang hari tanggal 25 April 2019 diadakan Simposium Kehutanan 2019. Dalam sesi kedua ini dilaksanakan talk show bertema “Membangun kolektivitas untuk hutan lestari dan masyarakat sejahtera” dengan narasumber dari berbagai lembaga seperti pemerintah, akademisi, badan independen sektor kehutanan, NGO, dan praktisi kehutanan. Adapun narasumber simposium kehutanan 2019 yaitu sebagai berikut:

  1. Ir Wiratno MSc (Dirjen KSDAE KLHK)
  2. Prof Dr Ir Sigit Hardwinarto, Agr (Dirjen PKTL KLHK)
  3. Prof Dr Ir Hariadi Kartodiharjo, MSc
  4. Prof Dr Ir H Mustofa Agung Sardjono
  5. Ir Didi Wurjanto (BRG)
  6. Muayat Ali Mushi (RAPS)

Simposium kehutanan 2019 ini dibuka oleh Fitriyani Sinaga selaku moderator dan dilanjutkan oleh pemaparan dari Ir Wiratno MSc yang menyampaikan pesan terkait program magang nasional Sylva Indonesia dan peran Sylva Indonesia untuk kehutanan. Kemudian dilanjutkan oleh Prof Dr Ir Sigit Hardwinarto tentang luasan kawasan potensi kawasan hutan di Indonesia. Terakhir oleh Prof Dr Ir Hariadi Kartodiharjo, MSc tentang pengantar implementasi teori kritis untuk pembangunan kehutanan.

Sylva Mulawarman sebagai Pelaksana, Sylva Indonesia Selenggarakan PMKI 2019
Rating: 4.6 from 21 vote[s]

Gambar Gravatar
Mahasiswa Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman