Situ Biru Cilembang, Danau Cermin Milik Sumedang

Diposting pada

Apabila kita mendengar kata Sumedang pasti yang telah terpikir di benak Anda adalah makanan khasnya yaitu tahu sumedang atau mungkin budaya khasnya, sisingaan. Memang salah satu kabupaten yang tak memiliki pantai di Jawa Barat ini memiliki banyak sekali ciri khasnya, seperti tahu sumedang, kampus-kampus ternama (ITB, Unpad, Ikopin, dan STPDN), budaya sisingaan, bahkan banyak juga loh ternyata wisata alam yang bisa Anda eksplor di kabupaten penghasil tahu terenak ini.

Wisata alam yang akan kita bahas kali ini adalah spot wisata yang masih sangat alami di kabupaten Sumedang dan masih jarang orang mengetahuinya. Nama tempat ini adalah Situ Biru Cilembang. Situ Biru ini merupakan danau cantik yang airnya berwarna biru bening dan akan berkilau apabila disorot cahaya matahari.

Gadis Cantik di Tengah Danau Situ Biru Cilembang
Gadis Cantik di Tengah Danau Situ Biru Cilembang

Lokasi Situ Biru berada di dusun Curug, desa Hariang, kecamatan Buahdua, kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Akhir-akhir ini spot wisata air ini sangat viral di sosial media dan lokasi ini seringkali disebut juga sebagai Situ Biru Cilembang, Situ Biru Hariang, Danau Biru Hariang Cilembang, atau Labuan Cermin Cilembang Sumedang. Dinamakan Labuan Cermin Cilembang Sumedang karena tempat wisata ini mirip dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur. Nah dengan adanya spot wisata alam ini, jadi kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Kalimantan.

Danau Labuan Cermin Sumedang
Danau Labuan Cermin Sumedang

 

Karena airnya yang sangat jernih, bahkan Anda sampai dapat bercermin di air ini. Danau ini sendiri letaknya agak tersembunyi karena letaknya yang berada di tengah-tengah sawah dan dikelilingi oleh berbagai pepohonan yang rimbun.

Udara di sini juga sangat asri, menenangkan, dan menyegarkan. Sangat cocok untuk melepas penat dari keseharian bekerja di kota besar yang menjemukan.

Kedalaman Situ Lembang mencapai tiga meter dan airnya berasal dari mata air di sekitar danau.

Danau Berwarna Biru Bening
Danau Berwarna Biru Bening

Hanya saja cukup disayangkan karena ketika kita berkunjung ke sana, kita tidak dapat merasakan segarnya air di danau yang sangat bening ini karena air yang berada di Situ Biru Cilembang digunakan untuk keperluan air bersih masyarakat di sekitar sana. Jadi apabila kita berkunjung ke sana, kita hanya dapat mencuci muka, berfoto ria, dan menghabiskan waktu di pinggir danau.

Sebagai pantangan, katanya kita tidak boleh berkunjung ke sana pada hari Selasa dan Jumat. Konon katanya pada hari itu air danau akan berubah warna.

Berfoto di Situ Biru Cilembang
Berfoto di Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang sebenarnya sudah ada dari dulu, hanya saja pada bulan Januari 2016 lokasi ini diresmikan sebagai tempat wisata alam dan dibuka untuk umum. Pada awalnya danau ini hanya dipakai untuk memancing atau tempat bermain warga sekitar saja, tetapi semenjak sosial media booming tempat ini juga menjadi sangat hits.

Liburan ke danau ini dijamin murah meriah, hanya dengan membawa uang kurang dari sepuluh ribu per orang Anda dapat memasuki kawasan wisata nyegerin ini. Jadi jangan ragu untuk mengajak orang-orang terdekat Anda pergi bersama ke Danau Situ Biru Cilembang.

Akses untuk menuju spot wisata ini juga sangat mudah. Anda dapat mengambil arah Bandung – Cibiru – Cinunuk – Jatinangor – Sumedang Kota – Perempatan Cimalaka – Pertigaan Legok – kecamatan Buahdua – desa Hariang. Lebih jelas dan detailnya bisa dilihat di map berikut yah.

Situ Biru Cilembang, Danau Cermin Milik Sumedang
Rating: 4.7 from 12 vote[s]